Asyik, Bermain Diatas Air

Asyik Bermain di Air (Tenggulang Baru)

Kala musim hujan, ditambah air sungai pasang karena pengaruh pasang air laut, anak-anak biasa bercengkerama di atas air empang (blumbang) yang dibuat, hampir setiap penduduk di wilayah ini memilikinya.

bermain-air
Asyik bermain di atas air dengan peralatan rakitan

Disamping empang yang dibuat, lokasi ini juga terkena dampak pasang surut. “Sebenarnya jarak antara laut dengan lokasi adalah sekitar 120 km, tetapi karena sungainya (sungai Lilin, bukan sungai Musi) begitu luas akibatnya air pasang dan air surut dari laut memengaruhi ketinggian sungai, sebab air sungai kembali atau berbalik arah dari laut ke arah darat apabila air laut pasang dan masuklah ke parit-parit warga bahkan ada yang masuk ke sekitar rumah”, kata seorang warga yang enggan disebut namanya. “Oleh karena itu airnya juga bukan air tawar tapi air asin atau lebih tepatnya air payau (setengah tawar setengah asin)”, lanjutnya.

Inilah desa Tenggulang Baru SP5, dimana kami berkumpul sementara sebelum melanjutkan acara di Sekayu, yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Ada dua keluarga yang langsung transit di Tenggulang Baru, yakni keluargaku dan keluarga saudara Larto (Sri).

Rakit yang digunakan untuk bermain adalah rakit yang biasa digunakan oleh penduduk setempat untuk memanen kelapa sawit untuk medan yang berair dan susah untuk dilalui dengan berjalan kaki. Meskipun peralatan sederhana, namun untuk menahan beban di atasnya sudah diperhitungkan, diperkirakan mampu mengangkut seberat 100 kg, bahkan lebih. Oleh karena itu, anak-anak tidak khawatir akan tenggelam.

Inilah kisah lain perjalanan kami bersama keluarga selama mengadakan acara reuni keluarga besar mbah Kismo – Pariyem, saat berada di Tenggulang Baru tempat ibu saya bertempat tinggal.

Salam.
Kissparry

 

2 thoughts on “Asyik, Bermain Diatas Air


  1. Kami sekeluarga sangat terkesan dgn Tenggulang, walau desanya yg amat jauh dt kota namun masyarakatnya nampaknya sangat menikmati hidup & kehidupannya….namun sayang semua foto2 kenangan yg di Tenggulang kehapus dgn tanpa kami sadari…..tapi Tenggulang tetep ngangeni.


    1. Kebetulan juga waktu itu kamera saya tidak ada memorynya karena tertinggal, beberapa yang di HP akan kami unggah di Galeri…, ini Om Naryo yg bisa kasih gambar-gambar

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca