Daun Nangka Kuning, Obat Tradisional Penyakit Kuning / Lever / Hepatitis

Daun Nangka Kuning,
Alam menyediakan obat yang terkadang kita tidak menyadari bahkan tidak mengetahuinya. Salah satunya Tanaman yang dikenal dengan nama “Nangka Kuning”.

Pohon nangka kuning (seperti daun sirih)
Pohon nangka kuning (seperti daun sirih)

Tumbuhan ini tidak seperti namanya, kita pasti langsung kita membayangkan atau beranggapan ini adalah tanaman/pohon “NANGKA” (bahasa jawa), yang mana batangnya besar dan buahnya berwarna kuning lezat.

Penyebaran tumbuhan nangka kuning ini berada di kepulauan sumatera, di markas Kissparry Sekayu (Palembang) memiliki tanaman ini.

Berbeda dengan kenyataanya, bahwa tanaman “Nangka Kuning” merupakan jenis tumbuhan seperti semak yang merambat, seperti tumbuhan merambat pada umumnya, namun dinamakan nangka kuning.

Cara Penggunaan

  1. Ambil daun Nangka Kuning 9 helai (untuk hari Pertama), 7 helai (untuk hari ke 2), 5 helai (untuk hari ke 3) dan 1 helai untuk hari ke 4), saran sebaiknya menggunakan jumlah kebalikannya (1-3-5-7-9)
  2. Rebus daun Nangka Kuning dengan 1 gelas air, hingga menjadi 1/2 atau langsung di remas2 tanpa di rebus dan tambah dengan air dan di saring dengan 1/2 gelas.
  3. Tambahkan sedikit garam untuk memberi rasa/ tanpa ditambah garam.

Reaksi Setelah Minum

Ketika minum ramuan daun nangka kuning, ada yang tidak memiliki efek yang berarti, namun ada pula yang akan terjadi efek merasa mual dan bahkan muntah-muntah setelah 10 menit.

Apabila mual dan muntah itu yang terjadi dari akibat reaksi ini, Anda jangan menjadikan panik, biasanya tidak akan berlangsung lama, dan untuk itu disarankan jangan makan sebelum meminum obat tradisional ini, agar makanan yang kita makan terbuang bersama muntah.

Dosis dan Cara Minum

Penggunaan obat tradisional ini termasuk unik, apabila ada reaksi muntah…. lanjutkan meminumnya hingga tidak ada reaksi muntah…… dan lakukan hingga sembuh.

Akhirnya insya Allah penyakit kuning akan sembuh…. dengan teratur minum obat tradisional daun nangka kuning.

Selamat mencoba, apabila Anda tidak berhasil dan penyakit tidak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasi ke dokter setempat untuk penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

by Sunaryo (Lik Kasjo)
editor Kissparry

28 thoughts on “Daun Nangka Kuning, Obat Tradisional Penyakit Kuning / Lever / Hepatitis


  1. hasil medica cek sy, sudah kena gejala diatas normal, sy sering capek dan malas. sy di beri tau teman kalo mereka pernah kena dan cukup parah, sempat di rawat, lalu di beri daun nangka kuning tidak lama bisa sembuh sehingga dokter merasa heran. cuma tanamannya susah di dapat karena ada di pulau Sumatera. sy beli bibitnya dan meminunnya hari pertama hanya mual, hari kedua muntah parah, hari ketiga muntah juga tapi sebentar hari berikutnya nggak minum karena terasa saat muntah. reaksinya cepat sekali.


    1. Memang tanaman nangka kuning banyak didapat di pulau sumatera. Dulu saya menanam, karena dalam polibag terkadang kurang perawatan dan sering ditinggal bebergian lama2 mati. Sekarang sedang menunggu disemaikan kawan.


    1. Mbak Sari, saat ini saya sedang disemaikan kawan di daerah plakat tinggi Sekayu Musi Banyuasin. Jika sudah ada nanti jika saya pulang palembang saya bawakan bibitnya. Saya juga Palembang di daerah Talang Jambe.


      1. Lik Kasjo ini punya 3 markas (rumah) – Sekayu (kerja disini, Kissparry Sekayu) – Talang Jambe (kalau keluar kota nggak perlu nyari hotel, Kissparry Palembang) – Tenggulang Baru (markas Kissparry Center)


        1. Saya cek terlebih dahulu mbak Tina, masih ada daun tidak. Jika masih dan kebetulan ke Palembang saya bawakan.


  2. Jika ada pembaca yang membutuhkan daun nangka kuning ini kami dapat membantu dan kami usahakan mengirim dengan jumlah daun 9 helai + 7 helai + 5 helai + 3 helai secara bertahap. Ongkir ditanggung pembaca.


    1. Berapa helai saat anda meminum, memang efek minum mual akan lebih baik jika anda sugesti hingga muntah. Sedangkan pusing bisa sebagai detok lain. dan sebaiknya anda ulang minum dengan dosis helai bertambah. Usahakan bilangan ganjil tingkat selanjutnya. Jika pusing berlebihan segera cek ke dokter/laboratorium


    1. Secara clinis, saya tidak memahami, namun ada beberapa orang menyampaikan daun nangka kuning dapat membantu penyembuhan MAAG, Diabet, dll. Sebaiknya jika diaplikasikan terhadap penderita diabet, jangan sekaligus banyak, diawali dengan 1 lembar dahulu. Menurut saya karena sifatnya herbal, mudah2 an tidak ada efek samping, lain selain reaksi mual dan muntah setelah minum.


  3. Terapi herb ini bisa dibarengkan dengan obat2 keseharian, tetapi sebaiknya dimulai dari dosis rendah.

    Contoh:
    Saya pernah darah tinggi beberapa tahun dan sekarang bisa dikatakan normal karena sudah lepas obat tensi, oleh dokter pemberian obat tensi dihentikan, tetapi kontrol dokter tetap atau rutin sebulan sekali.

    Disini ada artikelnya silakan klik disini Konsumsi buah Pepaya


    1. Ditanam pada media yang berhumus, dan mendapat sinar matahari yang cukup, untuk rambatan menggunakan kayu yang kuat/dapat menggunakan pohon sebagai inang.

      Diberi pupuk setiap 6 bulan sekali (pupuk dicairkan/ditimbun) dengan jarak minimal 15 cm dari batang), agar terhindar dari jamur semprotkan fungisida di tanah sekitar pohon, secara berkala. Usahakan jika ada yang minta dipetikkan.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca