Hindari Makanan Pencetus Penyakit Batu Ginjal

Memilih makanan yang sehat bernutrisi sangatlah penting untuk kesehatan organ tubuh, salah satunya : organ ginjal. Apalagi bagi Anda yang sudah terkena penyakit ginjal, harus ekstra hati-hati dalam mengkonsumsi makanan harian Anda.

Ginjal termasuk organ yang sangat penting bagi tubuh karena memiliki tugas yang sangat banyak, salah satunya menyaring darah. Jika ginjal mengalami masalah, maka secara otomatis tubuh akan mengalami gangguan kesehatan.

Salah satu gangguan ginjal yang patut diwaspadai adalah penyakit batu ginjal. Penyakit batu ginjal membuat seseorang mengalami gejala yang menyakitkan, yakni : sakit atau perih saat buang air kencing.

Hal itu karena adanya tumpukan atau endapan kotoran dalam ginjal yang berasal dari sisa-sisa zat limbah dalam darah.

Mungkin tak banyak yang tahu jika makanan merupakan salah satu pemicu penyakit batu ginjal. Oleh karena itu, selain menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat, kita juga wajib menghindari makanan yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Agar Anda terhindar dari penyakit batu ginjal, sebaiknya hindari beberapa makanan pemicu batu ginjal berikut ini :

Kurangi makanan kaya oksalat

Oksalat termasuk zat yang dapat memicu terbentuknya batu ginjal. Oksalat biasa terdapat dalam beberapa sayuran hijau gelap, dan beberapa jenis lainnya, misalnya :

  • bayam yang dimasak,
  • kacang,
  • cokelat,
  • teh,
  • merica.

Daging

Daging juga termasuk makanan yang harus dibatasi, karena sebabkan batu ginjal. Kandungan protein dalam daging dapat membuat ginjal bekerja ekstra keras, karena limbah protein sulit dibuang tubuh.

Selain itu, dalam daging juga mengandung asam urat yang memicu terbentuknya batu ginjal.

Susu dan produk olahannya

Susu sangat kaya kalsium yang dapat meningkatkan ekskresi pada urin sehingga sulit dikeluarkan limbahnya urine. Apa itu?

  • mentega
  • keju
  • es krim
  • yogurt
  • dodol susu

Boleh makan dan minum tetapi tidak boleh berlebihan.

Kafein

Minuman berkafein juga termasuk salah satu pemicu batu ginjal, karena dalam kafein terdapat kadar kalsium tinggi sehingga hanya memperberat ginjal jika dikonsumsi berlebihan.

  • biji kopi
  • daun teh
  • biji kola

Sarden

Sarden juga termasuk makanan yang harus dibatasi jika tidak ingin terkena penyakit batu ginjal. Hal ini karena kandungan zat purin yang tinggi dalam daging, sehingga dapat memperberat kinerja ginjal.

Makanan berpemanis buatan

Makanan mengandung pemanis buatan juga bisa menjadi faktor terbentuknya batu ginjal apabila dikonsumsi secara berlebihan. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan jika makanan berpemanis non kalori dapat merusak fungsi ginjal.

Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi tidak hanya sebabkan menumpuknya batu ginjal, tapi juga meningkatkan risiko kerusakan organ ginjal. Minuman bersoda bisa ditemukan pada minuman soda, minuman berenergi dan jus kemasan.

Contohnya banyak dan tidak perlu kami sebutkan disini.

Setelah memahami beberapa makanan pemicu penyakit batu ginjal diatas, pastinya kita lebih berhati-hati lagi. Jangan sampai hanya karena enak, lantas kita merelakan kesehatan kita terganggu.

Semoga bermanfaat!

Sumber: log.viva.co.id

Iklan

2 tanggapan untuk “Hindari Makanan Pencetus Penyakit Batu Ginjal”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s