15 Manfaat Jambu Biji yang Menakjubkan

Manfaat kesehatan jambu biji termasuk pengobatan diare, disentri, konstipasi, batuk, dingin, perawatan kulit, tekanan darah tinggi, penurunan berat badan dan kudis.

5f236471-jambu-biji-turunkan-kolesterol
Jambu biji

Banyak dari Anda mungkin telah mencicipi makanan lezat ini, atau setidaknya melihat atau mendengarnya. Jambu biji sangat umum di negara-negara Asia, namun semakin banyak tersedia di dunia barat, terutama karena lebih banyak manfaat kesehatannya terungkap. Ini adalah buah musiman berbentuk bulat atau berbentuk pir, dan warnanya hijau muda, kuning, atau merah marun di bagian luar saat sudah matang. Jambu biji juga memiliki daging putih atau merah marun dan banyak bibit keras yang terbungkus bubur manis yang lembut. Ini dimakan mentah (matang atau setengah matang) atau dalam bentuk selai dan jeli.

Buah yang populer ini merupakan nutrisi pembangkit tenaga. Jika pepatah tradisional mengatakan bahwa “Sebuah apel sehari menjauhkan dokter dari jauh” di Eropa dan Amerika, ungkapan tersebut mungkin diubah menjadi “Sedikit jambu di musim ini membuat dokter tersebut pergi sepanjang tahun” di anak benua India dan tempat di mana Jambu biji biasanya tumbuh. Nama ilmiahnya adalah Psidium Guajava.

021677100_1447671777-8_Jambubiji_adrianopetrich_com
Jambu Biji

Apa yang membuat jambu biji istimewa adalah bahwa melindungi buah tidak memerlukan penggunaan pestisida kimia yang berlebihan seperti pada buah anggur, apel, dan buah-buahan “eksotis” lainnya. Ini adalah salah satu buah yang paling tidak diolah secara kimia dengan disemprot bahan kimia.

Manfaat Kesehatan Jambu Biji

Beberapa manfaat kesehatan mengejutkan dan cemerlang tercantum di bawah ini.

Menurunkan berat badan: Jambu biji sangat membantu bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan tanpa mengorbankan asupan protein, vitamin dan seratnya. Jambu biji sangat tinggi secara kasar dan kaya akan vitamin, protein dan mineral, namun tidak mengandung kolesterol dan sejumlah rendah karbohidrat yang dapat dicerna. Ini adalah makanan/minuman yang sangat mengisi dan memuaskan nafsu makan dengan sangat mudah.

Jambu biji, terutama jambu mentah, juga memiliki gula jauh lebih sedikit dibandingkan apel, jeruk, anggur, dan buah lainnya. Menambahkan jambu biji medium untuk makan siang Anda dan Anda tidak akan merasa lapar lagi sampai malam hari. Ironisnya, ini juga bisa membantu penambahan berat badan pada orang kurus dan kurus. Hal ini mungkin disebabkan oleh kekayaan nutrisi, yang menjaga metabolisme mengatur dan membantu mempromosikan penyerapan nutrisi yang tepat.

Diabetes: Dalam kaitannya dengan tekanan darah yang disebutkan di atas, asupan jambu biji juga dapat membantu pasien diabetes tersebut. Tingkat tinggi serat makanan dalam jambu biji membantu mengatur penyerapan gula oleh tubuh, yang menurunkan kemungkinan lonjakan utama dan penurunan insulin dan glukosa dalam tubuh. Studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi jambu biji dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe-2.

Penglihatan: Jambu adalah sumber vitamin A yang sangat bagus, yang dikenal sebagai pendorong untuk kesehatan penglihatan. Ini bisa membantu memperlambat munculnya katarak, degenerasi makula, dan kesehatan mata secara umum. Ini tidak hanya bisa mencegah penurunan penglihatan, tapi bahkan peningkatan penglihatan begitu mulai terdegradasi.

Pencegahan Kanker: Salah satu manfaat jamu yang paling terkenal dan penting untuk menambahkan jambu ke makanan Anda adalah kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan dan metastasis sel kanker. Ada banyak penelitian yang dilakukan beberapa tahun terakhir mengenai efek jambu biji terutama pada kanker prostat, kanker payudara, dan kanker mulut.

Minyak daun jambu biji sangat berhasil sebagai zat anti-proliferatif, dan sebenarnya terbukti lebih efektif daripada beberapa obat modern terkemuka dalam mengurangi pertumbuhan kanker. Jambu juga kaya akan lycopene, antioksidan kuat yang terbukti sangat berhasil dalam mengurangi risiko kanker prostat. Antioksidan yang sama juga terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, walaupun percobaan manusia lebih lanjut perlu dilakukan.

Antioksidan: Kandungan vitamin C alami yang tinggi secara alami dalam jambu biji, yang empat kali lebih tinggi dari tingkat yang ditemukan pada jeruk (pembangkit tenaga vitamin C tradisional), memberikan sistem kekebalan tubuh dorongan yang sangat besar dalam antioksidan. Antioksidan adalah jalur utama pertahanan melawan proliferasi radikal bebas di dalam tubuh, yang merupakan salah satu penyebab utama kondisi serius seperti kanker dan penyakit jantung. Oleh karena itu, menambahkan jambu ke makanan Anda memiliki banyak cara untuk membantu Anda tetap sehat.

Sumber Utama Vitamin C: Jambu biji dapat mengalahkan banyak buah lainnya, termasuk jeruk dan buah jeruk lainnya, dalam hal konsentrasi vitamin C. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kudis, dan asupan vitamin C yang tepat adalah satu-satunya obat yang diketahui untuk penyakit berbahaya itu. Faktanya, jambu mengandung 5X lebih banyak vitamin C daripada jeruk, yang sering digembar-gemborkan sebagai sumber terbaik mutlak vitamin yang menguntungkan itu.

Diare & Disentri: Jambu biji sangat kaya akan astringents (senyawa yang membuat gusi Anda terasa lebih kencang dan segar). Setelah Anda mengunyah daun jambu biji, makan jambu mentah, atau gunakan pasta gigi berbasis jambu biji), mulut Anda terasa lebih sehat, dan kualitas zat juga menambah zat pada perut yang kendur dan mengurangi gejala diare. Zat ini bersifat basa dan memiliki sifat desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan disentri dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan mengeluarkan lendir ekstra dari usus. Selanjutnya, nutrisi lain dalam jambu biji seperti vitamin C, karotenoid dan potasium, menguatkan dan memberi nada pada sistem pencernaan sambil secara bersamaan membasminya. Jambu biji juga bermanfaat dalam mengobati gastroenteritis karena alasan yang sama di atas.

Kesehatan Tiroid: Mereka adalah sumber tembaga yang baik, yang merupakan bagian penting dalam mengatur metabolisme tiroid dengan membantu mengendalikan produksi hormon dan penyerapan. Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar terpenting dalam tubuh untuk mengatur hormon dan fungsi sistem organ, sehingga jambu biji dapat membantu menyeimbangkan kesehatan Anda dengan berbagai cara.

Sembelit: Jambu biji merupakan salah satu sumber terkaya serat makanan dalam hal buah. Benihnya, jika dicerna utuh atau dikunyah, berfungsi sebagai obat pencahar yang sangat baik. Dua sifat jambu biji ini membantu pembentukan gerakan usus sehat, dan membantu tubuh menahan air dan membersihkan usus dan sistem ekskretoris Anda secara menyeluruh. Dikatakan bahwa sembelit saja bisa menyebabkan 72 jenis penyakit berbeda, jadi sembarang sembelit akan bermanfaat. Kesehatan total Anda tidak dapat disangkal dipengaruhi oleh pencernaan yang tepat, dan yang lebih penting lagi, ekskresi yang tepat. Seringnya konsumsi jambu biji bisa memastikan keduanya.

Kesehatan Otak: Manfaat lain dari manfaat jambu biji yang luar biasa adalah adanya vitamin B3 dan vitamin B6. B3 (juga dikenal sebagai niacin) dapat meningkatkan aliran darah dan merangsang fungsi kognitif. B6 adalah nutrisi yang hebat untuk fungsi otak dan saraf. Karena itu, mengonsumsi jambu biji bisa membantu Anda meningkatkan fungsi otak dan mempertajam fokus Anda.

Batuk & dingin: Jus jambu mentah dan tidak matang atau ramuan daunnya sangat membantu dalam meredakan batuk dan pilek dengan mengurangi lendir, mendisinfeksi saluran pernapasan, tenggorokan dan paru-paru, dan menghambat aktivitas mikroba dengan sifat zatnya. Jambu biji memiliki satu dari jumlah vitamin C dan zat besi tertinggi di antara buah-buahan, dan keduanya terbukti menjadi pencegahan terhadap pilek dan infeksi virus. Di beberapa daerah di India, jambu biji panggang matang digunakan sebagai obat untuk mengatasi kasus batuk, dingin, dan kongesti yang ekstrem. Jambu matang harus dihindari oleh orang-orang yang menderita batuk dan pilek, karena bisa memperburuk masalah, dan orang juga harus menghindari minum air putih segera setelah makan jambu karena bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

Perawatan kulit: Jambu biji dapat memperbaiki tekstur kulit Anda dan membantu Anda untuk menghindari masalah kulit lebih banyak daripada krim kecantikan tingkat tinggi atau gel toner kulit. Hal ini terutama disebabkan oleh berlimpahnya astringen pada buah (lebih banyak zat hadir dalam jambu muda) dan di dedaunya. Kulit Anda bisa mendapatkan keuntungan dari memakan buah (ini membantu mengencangkan otot Anda terpisah dari kulit Anda) atau dengan membilas kulit Anda dengan ramuan buah dan daunnya yang belum menghasilkan. Ini akan memancarkan dan mengencangkan area kulit yang dilonggarkan tempat Anda menerapkannya. Jambu biji sangat kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan potassium yang merupakan antioksidan dan detoksifikasi yang baik, yang menjaga kulit Anda tetap bersinar dan terbebas dari tanda-tanda penuaan dini, keriput dan gangguan kulit lainnya.

Tekanan darah tinggi: Jambu biji membantu mengurangi kolesterol dalam darah dan mencegahnya menebal, sehingga menjaga fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. Studi telah menunjukkan bahwa makanan yang kekurangan serat (seperti tepung halus) menambah tekanan darah, karena konversi cepat ke gula. Jambu biji, yang sangat kaya akan serat dan hipoglikemik di alam, membantu mengurangi tekanan darah.

Mengurangi Stres Oksidatif: Jus jambu kaya akan vitamin C dan sejumlah fitonutrien penting lainnya yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan memperlambat stres oksidatif dalam tubuh. Jus guava adalah minuman yang sangat populer di daerah tropis dan subtropis yang dibuat dari Buah jambu biji Selanjutnya, jus jambu biji dapat membantu mengatur fluktuasi gula darah, sehingga menurunkan risiko terkena diabetes.

Perawatan Gigi: Selain buah jambu biji memiliki banyak manfaat. Jus daun jambu biji telah dikenal untuk menyembuhkan sakit gigi, gusi bengkak & ulkus lisan, dan jus mempercepat proses penyembuhan luka saat dioleskan secara eksternal. Akhirnya, ini mengurangi frekuensi kejang, epilepsi, dan infeksi bakteri.

Seperti banyak makanan dan suplemen alternatif lainnya, ada sedikit risiko untuk memakannya dalam bentuk alami, namun Anda harus melakukan due diligence saat meminumnya dalam bentuk medis. Hati-hati saat menambahkan jambu obat baru ke dalam makanan Anda, dan lebih baik tetap makan jambu dengan bentuk alami sebagai buah mentah.

Bagaimana cara makan jambu biji?

Ada banyak cara untuk makan jambu biji, mulai dari jus buah dan meminumnya sebagai minuman, mengirisnya dan meletakkannya di atas es krim, atau memasukkannya ke dalam sayuran atau smoothie buah berikutnya. Begitu Anda membagi dua jambu biji, ambil bagian tengah berserabut dan benih sebelum menyajikan daging buah tropis yang matang dan lembut ini. Citarasanya cukup unik, sehingga bisa menjadi tambahan yang bagus untuk berbagai masakan.

Apa itu jambu biji?

Jambu biji adalah buah tropis yang paling sering ditemukan di daerah tropis dan subtropis, dan jarang tumbuh di daerah beriklim sedang. Dengan nama ilmiah Psidium guajava, buah ini adalah salah satu dari banyak spesies serupa dalam genus yang sama, namun “jambu apel” adalah bentuk umum yang ditemukan di sebagian besar pasar di seluruh dunia. Ukurannya kira-kira seukuran apel, atau sedikit lebih kecil, dan beberapa variasi lebih mirip dengan ukuran dan bentuk plum.

Bisakah kamu makan biji jambu biji?

Ya, Anda bisa makan biji jambu tanpa efek negatif. Padahal, orang sengaja mengonsumsi bibit karena mereka membantu masalah gastrointestinal, seperti sembelit, karena ada banyak serat makanan dalam bibit ini. Mereka dapat membantu mengangkut bangku Anda dan akan melewati sistem Anda tanpa masalah.

Apa jambu biji itu bagus?

Jambu biji membantu melindungi sistem kekebalan tubuh, mengatur tekanan darah dan menurunkan risiko diabetes. Ini lebih membantu memperkuat sistem pencernaan. Karena konsentrasi mineral dan vitamin yang unik dan tinggi, jambu biji juga dapat membantu meningkatkan energi, mengendurkan saraf dan mengurangi jumlah hormon stres dalam tubuh.

Bagaimana cara menanam jambu biji?

Jika Anda tinggal di daerah tropis atau subtropis, menumbuhkan pohon jambu Anda sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit. Jambu pohon merespon dengan sangat baik untuk mulsa, jadi bersihkan 2-3 inci ruang di tanah tempat Anda bisa menanam pohon. Lalu, airkan pohon seminggu sekali dan pupuk pohon sebulan sekali. Menambahkan lebih banyak mulsa dibutuhkan, tapi pohonnya harus tumbuh agak cepat. Menipiskan cabang berlebih juga bisa mendorong pertumbuhan lebih banyak.

Berapa banyak kalori yang ada dalam jambu biji?

Salah satu hal terbaik tentang jambu biji adalah rendahnya tingkat kalori – hanya 38 kalori pada buah rata-rata Anda. Mengingat jumlah mineral, vitamin dan fitonutrien yang mengesankan yang ditemukan dalam jambu biji, jumlah kalori rendah inilah yang disukai banyak orang tentang buah ini. Ini bisa memberi energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk melewati hari, tanpa bertambahnya jumlah kalori.

Apa yang harus dilakukan dengan jambu biji?

Jambu biji harus dibelah dua dan kemudian pusat berserat dan bijinya bisa dilepas. Benih bisa disimpan dan kemudian digunakan untuk pembersih perut. Buahnya kemudian bisa digunakan sebagai topping atau dimakan mentah, dibuat menjadi permen atau jeli, atau dicampur dengan smoothie buah / sayuran. Sebagai alternatif, jambu biji bisa dijus, membuat minuman yang lezat dan sehat.

Dari mana jambu biji berasal?

Jambu biji berasal dari pohon jambu biji, sejenis spesies asli Amerika Tengah dan Meksiko. Pohon buah ini benar-benar datang dalam berbagai spesies, tapi semuanya terbaik di daerah tropis atau subtropis. Karena jambu biji telah ditemukan tidak hanya lezat, tapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, buah ini telah diekspor ke seluruh dunia, namun budidaya dan konsumsi jambu biji masih berpusat di daerah tropis, seperti Indonesia.

Dimana membeli daun jambu biji?

Jika Anda tinggal di daerah tropis atau subtropis, mereka tersedia di sebagian besar pasar dan toko makanan kesehatan. Namun, di daerah beriklim sedang atau daerah tanpa pohon jambu biji, Anda dapat membelinya secara massal dari toko apotek, bahkan di atas etsy dan onli lainnya.

Dimana membeli daun jambu biji?

Jika Anda tinggal di daerah tropis atau subtropis, mereka tersedia di sebagian besar pasar dan toko makanan kesehatan. Namun, di daerah beriklim sedang atau daerah tanpa pohon jambu biji, Anda dapat membelinya secara massal dari toko apotek, dan bahkan di distributor online dan lainnya. Daun jambu biji juga dijual dalam format daun teh, dan bisa dibeli di kebanyakan tempat yang menjual teh, herbal dan suplemen kesehatan.

Sumber: organicfacts.net
Ilustrasi: Google

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s