Wong Jowo (Orang Jawa) di Suriname

Sahabat KissParry, sudah banyak artikel yang memuat tentang Jawa Suriname atau Orang Jawa di Suriname. Tidak salah jika KissParry ikut berbagi artikel ini.

Tidak dipungkiri “wong jowo” suka merantau untuk mendapatkan penghidupan yang baik.

Awal “Wong Jowo di Suriname” bertujuan untuk bekerja di perkebunan-perkebunan dan Pabrik Tebu.

Para TKI asal pulau Jawa gelombang pertama yang ke Suriname itu tolak dari Jakarta tanggal 21 Mei 1890 tiba di perkebunan dan Pabrik Tebu Marienbug, Suriname tanggal 09 Agustus 1890.

Mereka datang pertama kalinya dengan Kapal SS Koningin Emma. Sedangkan Kapal terakhir yang tiba di Suriname pada tanggal 13 Desember 1939.

Jumlah total TKI yang tiba (hidup) di Suriname sebanyak 32.956 orang, diangkut dengan 77 kapal laut secara bertahap.

Hasil sensus penduduk di Suriname tahun 2004 jumlah TKI itu sebanyak 71.879 orang (dari total penduduk Suriname sebanyak 492.829 orang.)

Sebagian besar orang Jawa (Indonesia) di Suriname sudah  berkebangsaan Suriname, dan beberapa diantaranya menduduki jabatan penting di pemerintahan.

Dari kiri ke kanan – Hendrik Setrowidjojo, (Menteri Pertanian, Ternak dan Perikanan) Ginmardo Kromosoeto (Menteri Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Fisik dan Pengelolaan Pertanahan), Soewarto Moestadja ( Menteri Dalam Negeri) dan Ismanto Adna (Menteri pemuda dan Olah Raga). Jawa Suriname jadi Menteri kabinet Presiden Desi Bouterse. [Foto-foto/loopsuriname.com/TirtoId]
Itulah sejarah adanya wong Jawa di Suriname.

Negara Suriname juga merupakan salah satu anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI), dimana Indonesia juga ada di dalamnya.

Diolah dari kiriman Sarmoedjie

Ilustrasi gambar dari google, tirtoid.

3 thoughts on “Wong Jowo (Orang Jawa) di Suriname

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca