Cara Menghindari (Mencegah) Gagal Ginjal, dan Bila Sudah Terjadi Gagal Ginjal Kronik (GGK)

Apa ada cara untuk menghindari agar tidak terjadi gagal ginjal, itulah yang akan KissParry bagikan sebagai bentuk kepedulian kami mengenai masalah ginjal.

Materi di dapat dari kajian hasil konsultasi dari berbagai sumber, sekaligus berasal dari pengalaman dan pengetahuan tentang gagal ginjal, sehingga tips ini semoga dapat membantu menjauhkan diri dari gagal ginjal, semoga.

Ilustrasi obat herbal penyakit ginjal kronik (belum gagal ginjal)

Beberapa materi tentang ginjal, Kissparry link-kan dengan materi yang sudah ada di blog ini agar memperpendek dari tulisan ini dan menambah wawasan atau pengetahuan lebih yang terkait materi ini.

Kami juga tidak bicara garis hidup, takdir, dan nasib, bukankah sudah ada Firman Allah, bahwa “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka”, atau kalau dijabarkan Tuhan tidak akan mengubah nasib seseorang manakala orang tersebut tidak mau mengubahnya sendiri.

Kissparry berani menyarankan kepada Anda untuk membaca secara berulang kali, namun demikian untuk point yang saya anggap penting sudah diberi tanda, ini perbaikan yang ke 27 kalinya, jadi materi ini terus diperbaiki.

Tulisan ini merupakan intisari dari berbagai sumber, juga merupakan hasil konsultasi dokter ahli, spesialis, yang kemudian kami analisa berdasarkan pengetahuan dan pengalaman. Ingin menanggapi atau mengkoreksi juga menambah informasi, silakan di komentar, untuk itu terima kasih.

Organ Ginjal pada Manusia

Ginjal merupakan organ yang penting dalam proses pembuangan (penyaringan) racun yang ada di dalam tubuh makhluk hidup yang bernyawa, sehingga fungsi dari ginjal sangat vital dan penting, terlebih pada manusia.

Jumlah organ ginjal manusia pada umumnya dua buah, di kanan dan di kiri dari tengah tubuh manusia.


Baca juga : Uraian tentang ginjal.


Organ ginjal termasuk organ yang sangat kuat luar biasa, seakan terjadi gagal ginjal itu secara tiba-tiba padahal tidak demikian, terjadi secara lambat laun. Oleh sebab itu Kissparry WN bakal sedikit berbagi informasi mengenai organ tubuh yang satu ini.

ginjal-5a125-ilustrasi
Ilustrasi Ginjal (pic. Kompasiana)

Fungsi ginjal sangat luar biasa, coba bayangkan kalau kotoran/racun di dalam tubuh tidak disaring dan dibuang melalui air seni.

Oleh sebab itu jangan buang air seni sembarangan atau “JANGAN KENCING SEMBARANGAN”.

Dikatakan racun, karena memang zat-zat yang disaring di ginjal sudah tidak terpakai atau sisa-sisa dari hasil metabolisma tubuh. Sehingga kalau tidak dikeluarkan akan meracuni tubuh. Apabila yang dikatakan racun itu menyebar ke organ seluruh tubuh, maka tubuh pun jadi sakit.

Pencegahan Agar Jauh dari Gagal Ginjal

Untuk menjaga agar ginjal tetap sehat apa yang harus diperhatikan dan diperlukan, ini terkait dengan pencegahannya.

Agar terlepas atau jauh dari Gagal Ginjal maka perlu melakukan langkah-langkah sederhana yang sulit apabila kita kurang memahaminya betapa pentingnya organ ginjal bagi tubuh, dikatakan penting karena kita sekarang membicarakan organ ginjal.

Sebenarnya organ-organ yang lain didalam tubuh juga sama pentingnya, karena mereka memiliki peran masing-masing.

Minum Air Putih Secukupnya (Sesuai Anjuran)

Usahakan setiap hari baru atau setiap pagi tergantung Anda hari barunya apa, atau begini saja setiap bangun tidur, usahakan meminum air putih (kalau tidak setuju dengan istilah air putih ya air bersih bening atau air mineral), berapa banyak? 2 gelas lebih baik (lihat penjelasan selanjutnya juga).

Minum air putih dilanjutkan setiap habis sarapan atau makan, entah makan siang atau makan malam Anda.

Kalau menurut anjuran ahli kesehatan, meminum air putih dalam sehari sampai dengan 2 liter atau setara dengan 8 gelas sedang, namun demikian ada beberapa catatan khusus untuk yang sudah usia lanjut (lansia) bahkan tidak boleh memasukkan cairan lebih dari satu setengah liter sehari.

Lha terus anjuran ahli kesehatan yang minimal sehari dua liter bagaimana, ini terutama untuk kaum muda usia. Orang yang sangat produktif. Yang penting dalam sehari jangan lupakan air putih terutama sehabis makan Anda.

Wah, bagaimana, padahal sehabis makan biasanya minum teh manis panas, es teh manis, jus buah, air jeruk panas, es jeruk, dan aneka minuman lainnya.

Inilah yang menjadi tempat untuk mengambil perhatian dari kebiasaan yang harus diperhatikan, sebaiknya Anda mulai pikirkan sejak sekarang kebiasaan itu, juga bagi penulis khususnya.

minum air putih ft majelis sirah copy
Minum air putih (ft majelis sirah)

Dalam jus buah manis ada airnya juga, boleh, dalam air jeruk panas manis ada airnya juga, boleh, dalam air teh panas manis juga ada airnya, boleh, tetapi air putih itu akan lebih baik.

Jika sedang makan di restoran atau rumah makan jadi gengsi dong kalau minum cuma air putih. Setidaknya saat Anda makan di rumah sendiri…. lha kalau setiap hari ke warung? Oleh sebab itu sebaiknya Anda perhatikan.

Asupan air yang kurang masuk ke ginjal, mengakibatkan ginjal lama kelamaan secara alamiah akan menyesuaikan dirinya, dalam kondisi tertentu akan mengalami gangguan.

Hindari sering-sering minum dengan minuman berpemanis buatan, karena dapat merusak fungsi ginjal, dan akhirnya gagal ginjal. Minuman dalam kaleng rata-rata (mungkin) demikian, maaf.

Termasuk ketika bepergian, misal dengan alasan perlu asupan vitamin yang cukup, tetap usahakan dihindari, jangan terpancing iklan. Minum air putih lebih baik, siapkan saja air mineral.


Baca Juga : Lanjut usia (Lansia) tidak boleh terlalu banyak minum


Menjaga Pola Makan

Apa itu cukup dengan minum air putih dalam keseharian, ini adalah sebagian dari upaya untuk ginjal tetap sehat, dan usaha yang lainnya yaitu tentang menjaga pola makan yang sehat dan bukan asal sembarangan di makan.

Terutama bagi Anda yang sudah dinyatakan oleh dokter mengidap penyakit tertentu, yang menjadi pemicu gagal ginjal.

img_660_442_4-makanan-_1465199411fast
Makanan minuman sehat

Bukan hanya pola makan, tetapi asupan makanan juga harus dijaga. Apakah ada kaitannya antara pola makan dan asupan makanan dengan ginjal kita. Inilah yang perlu kita mengerti, bahwa hal ini sangat erat berkaitan.

Bukankah hasil dari asupan makanan itu masuk diserap melalui peredaran darah kemudian hasil sekresi tubuh itu akan melalui ginjal untuk di saring, kemudian yang kotor menurut sensor tubuh akan dibuang dengan buang air kecil (kencing).

Memakan makanan yang tidak biasanya dapat memengaruhi dari kerja ginjal. Maksudnya makanan yang tidak biasanya itu seperti apa?

Contohnya seperti ini, ketika kita menginap di hotel Bintang 5, disana disajikan aneka makanan orang luar negeri, dan setelah makan ala kebiasaan kemudian mencoba makanan ini itu hingga kekenyangan, maka hal seperti ini harus dihindari.

Usahakan makan dan minum sesuai sunah atau anjuran, bahwa lambung itu sebaiknya terisi terbagi dalam tiga bagian, sepertiga makanan, sepertiga air, dan sepertiganya lagi udara.

Ingat juga bahwa makanan yang kita makan sebagian besar juga telah mengandung air.

Misalkan nasi, cara mengolah nasi biasanya dengan menanaknya bersama air, karena tanpa air tentu beras itu tidak bisa lembek sehingga bisa dimakan, yang jelas saat menanak beras kurang air saja atau kurang masak bisa ‘ngletis‘.

Menjaga pola makan di sini juga diperhatikan terkait dengan asupan garam yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan sehari-hari.

Penumpukan atau kelebihan garam (intake natrium) mudah terjadi pada orang-orang yang kelebihan berat badan.

Oleh sebab itu bagi Anda yang memiliki kelebihan berat badan mulai memikirkan cara mengatasi obesitas atau menurunkan kelebihan berat badan.

Bagaimana dengan makanan kaleng, jangan biasakan mengkonsumsinya, kecuali dalam kondisi khusus.


Lanjut Usia (Lansia) Jangan Banyak Minum Air

membaca halaman selanjutnya (Pages 2)

Pages: 1 2 3 4

4 replies

    • Terima kasih pak Haji, yang terpenting untuk diperhatikan sebagai orang awam (bukan tenaga medis) adalah berusaha agar kerja ginjal tidak terlalu berat dengan cara menstabilkan tensi (tekanan darah) atau gula darah, atau yang lainnya sesuai nasehat dari pakarnya.

      Suka

  1. Untuk lebih nyaman dalam membaca – artikel ini panjang banget – jadi sudah kita bagi kedalam 4 halaman – semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.