Apa itu Rihlah sama dengan Gathering

Beberapa hari terakhir ini Kissparry mendengar kata rihlah terkait dengan keanggotaan Kissparry Wea dalam forum Asatidz TPQ Candisari atau Batko TPQ Candisari. Sebenarnya apa sih itu rihlah, baru kali ini coba-coba mencari jawabnya. Karena yang Kissparry tahu rihlah itu semacam studi banding atau technical visit.

Ternyata Rihlah itu malah mendekati Traveling (Islami) atau perjalanan panjang, hanya saja bahasa yang digunakan mengambil dari Bahasa Arab. Namun mari kita coba lihat lagi apa itu rihlah.

aRihlah12 20180708 at 132533
Rihlah dan Halal Bihalal Batko TPQ Candisari Kota Semarang
Ke Jepara Jawa Tengah

“Rihlah” dalam kamus besar bahasa Indonesia diartikan sebagai perlawatan, perjalanan, pelancongan dan atau darmawisata. Bahkan dalam “Rihlah” ada makna pergeseran/perpindahan yang dilakukan alam bentuk perjalanan dari tempat biasa ke tempat/lokasi yang tidak biasa.

Demikian juga, sejatinya Rihlah berasal dari kata bahasa arab yang juga bermakna perjalanan. Namun Perjalanan ini biasanya mengandung arti perjalanan panjang (traveling dalam sebutan kekinian), atau bahkan juga bisa diartikan sedang melakukan petualangan. Dan tentu petualangan biasanya dilakukan bukan ditempat bisanya. Seperti dikutip dari kompasiana.

aRihlah11 2018-07-08 at 13.25.29
Rihlah Halal Bihalal Batko TPQ Candisari

Entah apapun maknanya apa itu rihlah, Batko TPQ Candisari Semarang mengadakan Rihlah ke Pondok Pesantren (Ponpes) Balekambang di Jepara (alamat Balekambang Nalumsari, Gemiring Lor, Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59466 Telepon 0813-2610-0974) dan sorenya Halal Bihalal disertai dengan kegiatan Outbound di Kudus (Bumi Perkemahan Kajar Kudus), begitu rencana rangkaian kegiatannya yang Weanind sendiri tidak mengikutinya.

Ketika ada kegiatan studi banding atau Kunjungan Kerja di instansi kerja, biasanya juga ada kegiatan wisata atau outbound.

Apabila mengambil nama Rihlah Halal Bihalal berarti perjalanan halal bihalal, yang berarti ada tempat pemberhentian untuk acara halal bihalal yang didalamnya ada tausiyah atau ceramah ataupun tidak ada.

Mungkinkah Rihlah samakah dengan Gathering?, boleh jadi sepadan hanya beda pada tinjauan materi sesuai pengambilan istilah yang digunakan. Rihlah kecenderungannya bersifat keagamaan sedang gathering bersifat umum dan bisa agamis.

aKampoeng_DJowo_Sekatul_Gathering_IMG_20180624_093839
Gathering dan Halal bi Halal RS Roemani Muhammadiyah Semarang di Kampoeng Djowo Sekatul Kendal Jateng.
Direktur Umum dan Jajaran Pimpinan RS Roemani dan seluruh peserta

Dalam kegiatan Rihlah maupun Gathering ada temanya. Contoh tema Rihlah & Halal Bihalal Batko TPQ Candisari Semarang 2018 yaitu “Bersama Kita Bumikan Alquran” sedang contoh tema dalam Gathering & Halal Bihalal RS Roemani 2018 ialah “Bersyukur Nikmati Hidup dengan Kondisiku”.

Pada acara gathering juga diadakan acara outbound hanya saja kala itu outbound ringan atau sering disebut dengan Outing, namun begitu akan diselenggarakan outbound juga dipersilahan sebagai acara sisipan.

Dalam acara Rihlah juga bisa diselingi kegiatan outbound juga outing. Jika melihat peserta rihlah maka kemungkinan juga kegiatannya outing atau outbound ringan.

Sekian semoga menambah wawasan dan pengetahuan kita.

Kissparry
Editor Kissparry Wea

Baca Juga : Akrab dan Ceria Gathering dan Halal Bihalal RS Roemani di Kampoeng Djowo Sekatul Kendal

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s