Sungai Terpanjang di Indonesia dan Daerah Alirannya

Kissparry Wea pernah menyeberangi Sungai Kapuas – Pontianak, bermain bersama di Sungai Musi – Sekayu, dan ketika ada beberapa teman mengarungi Sungai Mahakam, akhirnya terinspirasi untuk menulis sungai terpanjang di Indonesia.

Indonesia yang sebagian besar merupakan wilayah lautan, didalamnya juga memiliki sungai yang terpanjang juga terlebar, tetapi apabila dibandingkan dengan daratan lain tentu panjang sungai masih dibawahnya.

Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia

Sebelum melanjutkan kisah ketika di sungai yang panjang itu, berikut ini kami sajikan daftar tabel sungai dengan urutan paling panjang.

No. Nama Sungai/Kali Panjang (km) Hilir (akhir) – Muara Hulu (awal)
1.Sungai Kapuas

1143

Pontianak, Kalimantan Barat, Laut China SelatanKab. Kapuas Hulu Kalbar (2 km lagi Kaltim) dan ujungnya berbatasan dengan Serawak Negara Malaysia
2.Sungai Mahakam980Samarinda, Kalimantan Timur,
Laut Jawa. Selat Makasar
Kab. Mahakam Ulu, Kalimantan Timur.
Ujung paling barat Mahakam Ulu berbatasan dengan negara Malaysia.
3.Sungai Barito909Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Laut Jawa
Muara Joloi I, Seribu Riam Kab. Murung.
Sungai ini dinobatkan sebagai sungai terbesar di Indonesia, rata-rata lebar 650 m – 1000 m
4.Sungai Batang Hari800Kab. Tanjung Jabung Timur
Prov. Jambi, Laut Cina Selatan
Kab. Tebo, Prov. Jambi.
Kab. Solok Selatan
Prov. Sumbar
5.Sungai Musi750Kota Sungsang Kab. Banyuasin, Sumatera Selatan (dulu Musi Banyuasin). Laut China SelatanPendopo, Kab. Empat Lawang, Sumsel.
Pegunungan Kepahiang Provinsi Bengkulu
6.Sungai Mamberamo670
7.Sungai Bengawan Solo600Gresik, Jawa Timur,
Laut Jawa
Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah
8.Anak Sungai Kapuas (Kapuas River)600Sungai Kapuas
9.Sungai Digul546
11.Sungai Batang Kuantan atau Sungai Indragiri500Tembilahan Hilir, Kab Indragiri Hilir, Prov Riau, Laut China SelatanDanau Singkarak, Kab. Solok, Prov. Sumbar
12.Sungai Seruyan350
13.Sungai Brantas320Kali Porong, Selat Madura, Jawa TimurGunung Arjuno, Desa Sumber Brantas Kec Bumiaji Kota Batu Kab Malang
14.Sungai Pesanggrahan177
15.Sungai Krueng Aceh145
16.Sungai Ci Liwung120DKI Jakarta
17.Sungai Angke92DKI Jakarta
18.

Daftar sungai tersebut diatas diuraikan lebih lengkap dibagian bawah. Nomor 11 dan 18 putus, nanti dicari lagi.

Sekilas Kisah dan Cerita

Sungai-sungai itu memiliki panjang aliran hingga ratusan kilo meter bahkan ribuan, sehingga dinobatkan sungai-sungai terpanjang di Indonesia. Oleh karena itulah kemudian Kissparry ingin menengok sungai-sungai terpanjang di Indonesia lainnya bahkan di dunia.

Penyajian tulisan Kissparry sampaikan beserta daerah yang dilalui sungai tersebut, tetapi penelusuran dari muara atau hilir sungai, bukan dari hulu atau sumber awal sungai. Daerah disini setidaknya setingkat kabupaten atau kota.

Ketika kawan-kawan bertiga hendak pergi ke Kabupaten Mahakam Ulu di Kalimantan Timur, ternyata sungai Mahakam dan kapal menjadi sarana transportasi utama andalan masyarakat Mahakam Ulu dan sekitarnya. Persiapan mengarungi sungai Mahakam dari Pelabuhan Sida Kecamatan Tering Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

Suasana_dlm_Kapal_2018-07-14 at 08.22.16
Suasana dalam kapal di Palabuhan Sida Tering Kubar, akan mengarungi Sungai Mahakam ke arah barat menuju Kabupaten Mahakam Ulu Kalimantan Timur (doc. Antok 20180713 Kissparry Semarang)

Samarinda ke Sida Tering dapat dilalui dengan jalan darat menggunakan waktu tempuh sekitar 10 jam perjalanan, tetapi dari Kubar ke Mahakam Ulu (Mahalu) harus melalui sungai Mahakam, jalan itulah saat ini satu-satunya penghubung. Menurut informasi yang Kissparry terima, jalan darat menuju Mahalu sudah dibuka, tetapi belum bisa dilalui kendaraan roda empat dengan nyaman.

Keluarga Kissparry Tenggarong Kaltim (daerah muara Mahakam), mengirimkan gambar saat jembatan Mahakam sudah kokoh kembali. Berfoto di tepi Sungai Mahakam dekat Pulau Kumala yang berada di tengah Sungai Mahakam.

a-jembatan_kapuas_sungai_mahakam_di-Tenggarong_2018-07-29 at 203149
Sungai Mahakam dengan latar belakang Jempatan Mahakam di Tenggarong, dekat kantor Bupati Tenggarong yang ditengah sungai ada Pulau Kumala (Doc. Susanto & Fawaz Tenggarong Kaltim, Kissparry Tenggarong)

Sekarang beralih ke kisah lainnya, tentang sungai Musi di Sumatera Selatan yang daerah alirannya mulai Bengkulu, diantarnya area yang dilalui adalah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang beribukota di Sekayu.

Baca Juga : Sunset di Sungai Musi Sekayu Water Front – Taman Kirab

Taman Kirab dan Sekayu Water Fron adalah salah satu anjungan wisata GRATIS di Sekayu Ibukota Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan yang terletak di tepi Sungai Musi. Sehingga bila Anda di Sekayu jangan lupa sejenak singgah menikmati suasana taman tersebut.

Taman Kirab Sekayu 20180701
Taman Kirab Sekayu (2018-07-01) di Tepi Sungai Musi, Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan (doc. Kissparry Sekayu)

Terlebih di tempat ini kita bisa mendapatkan pemandangan alam yang apik ketika matahari akan terbenam, sungguh berkesan.

Sekayu Water Front

Sekayu Water Front tepi Sungai Musi, sebagian Keluarga Besar Kissparry, saat temu keluarga di Sekayu Musi Banyuasin


Baca Juga : Sekayu Water Front bagaikan Pantai di Daratan


Sungai-sungai yang kami sajikan kali ini akan kami mulai dari muara atau hilir sungai baru kemudian merunut ke atas atau ke hulu, dari hilir sungai ke hulu sungai. Mengapa begitu, karena lebar sungai yang berada di muara akan lebih besar dari pada lebar di hulunya.

Sungai terpanjang di Pulau Sumatera bukan sungai Musi tetapi Sungai Batanghari yang bermuara di Jambi, ternyata sungai ini juga melewati Kabupaten Tebo, dimana Kissparry Tebo Jambi berada.

Batanghari_IMG-20180724-WA0003.jpg
Kissparry Jr Tebo Jambi, di atas jembatan Sungai Batanghari Jambi, Sumatera (Lokasi Kabupaten Batanghari dekat Muara Tembesi) – Kissparry Muara Bungo Jambi

Kissparry benar-benar melacak daerah aliran sungai tersebut dari Google Maps sehingga muara yang lebar dari aliran sungai akan sangat tampak menuju ke daerah hulu sungai. Ini pula yang kami tulis dari muaranya dahulu baru mengarah ke hulu sungai, biar mudahnya saja. Untuk keperluan tertentu Anda tinggal membalik, dari hulu ke hilir (muara).

Bagi Anda yang didekatnya ada aliran sungai yang panjang dan belum terdata di Google, akan lebih baik kalau didatakan namanya.

Mentari di atas sungai Musi
Menikmati pemandangan matahari terbenan ditepian Sungai Musi, Sekayu Water Fron 2016-12-27 (doc. Kissparry) Foto dalam gambar Kissparry Weanind Semarang, Kissparry Jr Alif, Kissparry Jambi Tebo

Dengan beberapa dokumen foto/gambar tersebut diatas merupakan salah satu alasan Kissparry menerbitkan artikel ini, dan semoga bermanfaat, guna mengingatkan kita atas anugerah alam dan keagungan Tuhan Semesta Alam.

Itulah beberapa kisah ketika berada sebagian di sungai terpanjang di Indonesia, yaitu Sungai Mahakam di Kalimantan Timur, Sungai Batanghari di Jambi dan Sungai Musi di Sumatera Selatan. Sedangkan untuk adegan di Sungai Kapuas dan Sungai Bengawan Solo sedang dicari gambarnya.


Baca Juga : Ke Mahakam Ulu Kaltim, Mengarungi Sungai Mahakam selama 6 Jam Lebih


Muara (Hilir) dan Hulu

Muara atau hilir merupakan istilah yang digunakan untuk berakhirnya dari aliran sungai, sedang hulu sungai merupakan berawalnya aliran sungai atau daerah paling atas.

Disebut atas, karena air mengalir dari tempat tinggi (atas) ke tempat rendah (bawah), jika air mengalir dari tempat rendah ke tempat yang tinggi namanya air mancur, bisa jadi air istimewa. Bila air bergoyang-goyang karena terhempas angin atau diatur dengan alat namanya air menari.


Baca Juga : Air Menari (Atraksi) di Jembatan Kali Banjir Kanal Barat Kota Semarang


DAS (Daerah Aliran Sungai)

DAS kependekan dari Daerah Aliran Sungai, adalah air yang mengalir pada suatu kawasan yang dibatasi oleh titik-titik tinggi di mana air tersebut berasal dari air hujan yang jatuh dan terkumpul dalam sistem tersebut. Seperti di kutip dari Wikipedia.

Air pada DAS merupakan aliran air yang mengalami siklus hidrologi secara alamiah. Selama berlangsungnya daur hidrologi, yaitu perjalanan air dari permukaan laut ke atmosfer kemudian ke permukaan tanah dan kembali lagi ke laut yang tidak pernah berhenti tersebut, air tersebut akan tertahan (sementara) di sungai, danau/waduk, dan dalam tanah sehingga akan dimanfaatkan oleh manusia atau makhluk hidup.

Air hujan yang dapat mencapai permukaan tanah, sebagian akan masuk (terserap) ke dalam tanah (infiltrasi), sedangkan air yang tidak terserap ke dalam tanah akan tertampung sementara dalam cekungan-cekungan permukaan tanah (surface detention) untuk kemudian mengalir di atas permukaan tanah ke tempat yang lebih rendah (runoff), untuk selanjutnya masuk ke sungai.

Air infiltrasi akan tertahan di dalam tanah oleh gaya kapiler yang selanjutnya akan membentuk kelembaban tanah.

Apabila tingkat kelembaban air tanah telah cukup jenuh maka air hujan yang baru masuk ke dalam tanah akan bergerak secara lateral (horizontal) untuk selanjutnya pada tempat tertentu akan keluar lagi ke permukaan tanah (subsurface flow) yang kemudian akan mengalir ke sungai.

selanjutnya membaca Sungai Terpanjang, Pages 2


Pages: 1 2 3

1 reply

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.