Hasil Seleksi Mandiri (SM) UNNES Selasa (24/7) Pukul 21.00 WIB dan Langkah Lanjutannya

Informasi yang berhasil Kissparry himpun dari sekretariat panitia SM-UNNES 2018, bahwa pengumuman hasil seleksi akan diumumkan hari ini (Selasa) 24 Juli 2018 mulai pukul 21.00 WIB, namun demikian kemungkinan maju dan kemungkinan juga mundur dari jadwal tersebut.

Tentunya Anda berharap pengumuman hasil seleksi SM UNNES bisa lebih cepat, dan untuk kepastiannya silakan melihat di laman penerimaan atau laman daftar, punyanya UNNES (penerimaan.unnes.ac.id atau daftar.unnes.ac.id).

Perlu diingat oleh peserta yaitu username dan password untuk login di daftar.unnes.ac.id. Username merupakan ID Anda sedangkan password adalah PIN Anda, dan apabila lupa segera minta informasi ke sekretariat panitia (tetapi untuk besok mulai 3 hari kedepan sekretariat sibuk karena ada verifikasi registrasi/lapor diri dari peserta SBMPTN, sebaiknya lewat email — atau menu lupa password)

Hasil Seleksi dan Peserta dengan Hasil CADANGAN

Hasil seleksi penerimaan SM-UNNES 2018 akan diumumkan hari ini (24/7) pukul 21.00 atau mungkin lebih cepat atau lebih lambat. Di laman daftar.unnes.ac.id disebutkan pengumuman mulai dapat dilihat sejak pukul 19.19 WIB.

Untuk mengetahui hasil seleksi, peserta harus login terlebih dahulu, dengan username dan password yang telah dimiliki, kemudian klik menu Pengumuman.

Hasil seleksi SM-UNNES akan ada calon yang diterima CADANGAN (untuk mengisi kekosongan peserta SBMPTN yang tidak daftar ulang), apabila Anda dinyatakan lulus sebagai CADANGAN, Anda harus melihat kembali besok siang 25 Juli 2018 pukul 14.00 WIB, apakah ANDA LOLOS SELEKSI dari CADANGAN masuk yang dipanggil untuk DITERIMA.

Langkah Selanjutnya bagi yang Lolos Seleksi

Bagi yang dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa baru, Kissparry sampaikan selamat kepada Saudara semua yang telah diterima di perguruan tinggi pilihannya yaitu UNNES. [BACA DI PENERIMAAN UNNES ADA di Pengumuman Registrasi, jangan salah BACA]

Membayar UKT (Uang Kuliah Tunggal) dan UP/SPI

Langkah Anda belum selesai dan masih harus meneruskan beberapa langkah kemudian, bersiaplah membayar biaya-biaya yang sudah tercantum di dalam Pengumuman Hasil Seleksi, ke bank yang di tunjuk yakni Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Negara Indonesia 1946 (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI), pilihlah salah satu bank tersebut.

Saat membayar, kode bayarnya adalah Nomor Peserta SM Anda, bukan PIN lagi ya…., pembayaran dapat dilakukan mulai 25 Juli – 2 Agustus 2018.

Bagi yang dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa baru status CADANGAN, Kissparry juga sampaikan selamat kepada Saudara semua, namun harus melihat kembali pengumuman kepastiannya yang akan ditayangkan 25 Juli 2018 pukul 14.00 WIB (untuk jam bisa maju dan bisa mundur — ikuti saja di laman resmi UNNES).

Bila Anda lolos dari calon cadangan, langkah-langkah lain sama dengan calon mahasiswa non-cadangan, pembayaran mulai 26 Juli – 2 Agustus 2018, jadwal registrasi dan tes kesehatan sama.

Membayar UKT bisa memilih ke-3 bank yang ditunjuk oleh UNNES, saat mbayar jangan tanyakan Nomor Rekening Tujuan transfer UKT karena menggunakan sistim Host-to-Host atau sering ditulis H2H, itu seperti Anda bayar rekening listrik cukup sebutkan Kode Bayar Anda.

Anda pun dapat menggunakan seluruh channel pembayaran yang ada di bank tersebut. Contoh Anda bisa bayar melalui ATM (Automatic Teller Machine – Anjungan Tunai Mandiri). Bagaimana saya tidak punya deposit atau saldo di rekening saya, ya… Anda tidak usah menunggu bank buka, cobalah cari CDM (Cash Deposit Machine – ATM Setor Tunai).

Untuk membayar Uang Pangkal (UP)/Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) hanya bisa dilakukan di bank BTN, dengan virtual account (VA) yang diberikan UNNES kepada seluruh peserta SM yang lolos, dengan kode pembayaran 90160020 + Nomor_Peserta, contoh 9016002051801234599. Arti kode adalah 90160020 kode VA untuk UNNES dan 51801234599 nomor peserta SM.

Mengisi Data Pokok (Setelah Membayar)

Mengisi data pokok atau registrasi online dilakukan setelah peserta yang dinyatakan lolos seleksi melakukan pembayaran sejumlah uang yang telah ditetapkan dalam hasil seleksi, bersifat wajib, mulai tanggal 26 Juli s.d. 2 Agustus 2018 dengan syarat telah melunasi biaya pendidikan (UKT) dan uang pangkal UP/SPI. Selanjutnya mencetak semua formulir registrasi (R1 sd R5, dan R6 bagi yang lolos Bidikmisi).

Anda bisa mencetak formulir setelah mengunggah foto dengan latar belakang warna merah, sesuai contoh.

Laman yang digunakan adalah datapokok.unnes.ac.id

Ingat saat mengisi data pokok Anda, tentang nama lengkap, nama gadis ibu kandung, tempat dan tanggal lahir, dan golongan darah. Data-data itu sesuaikan dengan ijazah atau dokumen sah lainnya.

Untuk golongan darah jangan di karang atau di isi sekenanya, bila belum tahu cek saja golongan darah Anda. Di Klinik UNNES nanti bisa anda dapatkan golongan darah Anda, formulir yang belum benar jangan buru-buru di finalisasi.

Saat menuliskan alamat coba perhatikan dengan seksama, jangan ada alamat tertulis rangkap, apabila diminta menulis nama jalan atau dusun tulislah cukup nama jalan misalnya Jln. Gunungksari Atas No.721 jangan ditambah RT sekian RW sekian karena untuk isian RT dan RW sudah ada tempatnya termasuk nama Kelurahan atau Desa Anda.

Alangkah baiknya formulir Anda dicetak selepas dari tes kesehatan di Puslakes UNNES.

Upload pas foto, sudah ada petunjuk latar warna foto adalah warna merah, dan foto Anda seperti foto bikin paspor, tampak lebih ke wajah dan bukan setengah badan.

Identitas diri yang akan muncul di Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) UNNES adalah Nama lengkap (apabila nama panjang banget akan di pendekkan oleh sistim, nama tetap di tulis lengkap), alamat Anda (ingat alamat jangan dobel-dobel, maksudnya dobel adalah tertulis 2 kali, akibat kurang memerhatikan isian yang diminta) nama jalan dan dukuh tidak tertulis di KTM, dan golongan darah (pastikan golongan darah sudah sesuai).

Nomor Induk Mahasiswa (NIM) juga muncul di KTM Anda, dan untuk yang satu ini secara otomatis akan diberikan oleh sistem saat Anda cetak KTM atau verifikasi registrasi. Foto anda termasuk identitas yang nampak di KTM, kasih foto terbagus tapi bugas foto berseragam SMA dan bukan swafoto.

Datang Verifikasi Registrasi / Lapor Diri

Ini yang penting, Saudara harus datang dikegiatan verifikasi registrasi, dan sebelum itu wajib tes kesehatan di Poliklinik (Klinik) UNNES atau Pusat Layanan Kesehatan (Puslakes), dilayani mulai pukul 08.00 sd 14.00 sesuai pembagian masing-masing fakultas, Selasa 31 Juli (FIP dan FBS), 1 Agustus (FIS, FMIPA, FE) dan 2 Agustus (FT, FIK, FH).

Ada kewajiban untuk memindah FKTP ke Klinik UNNES, baca langkah ini CARA PINDAH FASKES ONLINE UNTUK PESERTA BPJS DENGAN JKN MOBILE

Adapun jadwal verifikasi registrasi/ lapor diri adalah satu hari setelah tes kesehatan yang dilaksanakan di Gedung Prof. Wuryanto (Auditorium) UNNES dengan jadwal sebagai berikut Rabu 1 Agustus (FIP dan FBS), Kamis 2 Agustus (FIS, FMIPA, FE) dan Jumat 3 Agustus (FT, FIK, FH).

Ingat…. GOLONGAN DARAH JANGAN DIREKA-REKA (Anda harus tes Golongan Darah) atau formulir-formulir registrasi Anda sebaiknya dicetak setelah tes kesehatan, karena selama ini banyak yang mengira-kira golongan darahnya, sedang Goldar tertulis di KTM.

Dalam kegiatan verifikasi registrasi/lapor diri calon mahasiswa wajib menyerahkan berkas yang meliputi:

  1. Bukti setor lunas pembayaran biaya pendidikan (UKT), dan UP/SPI;
  2. Formulir Registrasi (R1) yang dicetak melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id;
  3. Salinan Kartu Peserta SM-UNNES 2018;
  4. Fotokopi SKHUN atau fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi oleh kepala sekolah dengan menunjukkan aslinya;
  5. Surat Pernyataan menaati peraturan (R2) di UNNES dan Pakta Integritas Universitas Negeri Semarang (R3) yang dicetak melalui laman http://datapokok.unnes.ac.iddan telah ditandatangani di atas meterai masing-masing Rp 6.000,00;
  6. Tanda Terima KTM (R4) dan Tanda Bukti Registrasi (R5) yang dicetak melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id.
  7. Khusus bagi calon mahasiswa yang lolos seleksi bantuan Bidikmisi wajib melampirkan Surat Pernyataan Peserta Program Bidikmisi (R6) yang dicetak melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id.
  8. Surat keterangan kewarganegaraan dan surat izin dari Dikti bagi Warga Negara Asing (WNA).
  9. Cetaklah formulir tanda terima Jas almamater.

Berkas dimasukkan dalam stopmap warna merah untuk (FIP, FBS), stopmap warna kuning untuk (FIS, FMIPA,FE), dan stopmap hijau untuk (FT, FIK, FH).

Saat Anda melakukan verifikasi registrasi akan mendapatkan KTM sebagai bukti telah resmi menjadi mahasiswa UNNES.

Berkas yang harus dikumpulkan saat verifikasi registrasi sudah ada di pengumuman (atau yang tersebut diatas), dan setidaknya anda menyiapkan stopmap yang warnanya sesuai serta 2 buah meterai, dan untuk bantuan Bidikmisi ada meterai lagi. Coba hitung berapa meterai yang perlu disiapkan.

KESALAHAN ISI YANG SERING DILAKUKAN CALON MAHASISWA SAAT MENGISI FORMULIR REGISTRASI

  1. Golongan darah, bukan salah tetapi karena tidak tahu maka dikira-kira, Anda wajib melakukan tes golongan darah, karena muncul di KTM
  2. Alamat, penulisan alamat tumpuk-tumpuk atau dobel
  3. Riwayat Pendidikan, harus ditulis lengkap mulai dari SD, SMP, SMA (diklik satu satu).

ISIAN YANG HARUS BENAR

  1. Sesuaikan nama lengkap dengan ijazah terakhir, termasuk tanggal lahir dan tempat lahir, perhatian kata Kab. Kota ada atau tidak
  2. Nama gadis ibu kandung
  3. Nomor ID (indentitas) – kependudukan – NIK

Baca Juga : Kapan SM-UNNES 2018
Baca Juga : Pemindahan FKTP KIS-JKN BPJS ke Klinik UNNES

Sumber utama pengumuman Rektor UNNES yang tercantun di laman penerimaan.unnes.ac.id — SM — Pengumuman Registrasi.

Demikian semoga bermanfaat.

Catatan :

  • Informasi di blog ini sifatnya hanya membantu saja, bila ada selisih atau perbedaan maka yang menjadi acuan adalah laman asli atau sumbernya.
  • Terkait penampilan waktu (bukan) hari, Kissparry mengambil waktu yang aman, dan tidak bermaksud menyesatkan atau memalsukan, contoh pengumuman untuk peserta cadangan 25 Juli 2018 tertulis mulai pukul 15.00 WIB sedangkan di laman asli mulai pukul 14.00 WIB atau mungkin akan ada perubahan, silakan ikuti informasinya di laman milik penerimaan UNNES.

 

Oleh Kissparry
Editor Kissparry Wea

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s