Berita Utama

SIVIL dan PDDikti, Mana yang Lebih Penting

Akhir-akhir ini marak beredar dua kata ini SIVIL dan FORLAP, hal itu dikarenakan sedang ramainya pembukaan penerimaan pegawai pemerintah Indonesia melalui pola penerimaan pegawai yang dikenal dengan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil).

Menurut Undang-undang baru PNS namanya menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara), sehingga Calon Aparator Sipil Negara disingkat CASN, wah… ini belum populer.

Baiklah, kita kembali ke SIVIL dan FORLAP. Kedua sistim ini produk dari Kemenristekdikti. Kelahiran Forlap dan Sivil lebih dahulu Forlap, tetapi orang lebih banyak mengenal yang Sivil daripada Forlap. Karena ternyata mereka hanya perlu mengecek ijazah terdaftar atau tidak.

Sedangkan yang mengenal Forlap itu sebagian besar mahasiswa Pascasarjana, baik Magister dan terlebih Dokor, oleh sebab itu peminat membuka Forlap lebih sedikit.

SIVIL itu Apa?

SIVIL kependekan dari Sistim Verifikasi Ijazah secara Elektronik, merupakan produk layanan Kemenristekdikti, yang menurut kemunculannya dikatakan untuk menangkal beredarnya ijazah palsu di lingkungan pendidikan tinggi yang memang ada.

SIVIL tidak membuat data sendiri, melainkan mengambil dari data perguruan tinggi yang dilaporkan ke sistim Forlap melalui PDDikti Feeder. Sehingga dapat dikatakan Sivil merupakan turunan dari Forlap.

Dengan alamat web http://ijazah.ristekdikti.go.id namun tetap dikenal dengan sebutan Sivil Dikti.

PDDikti itu Apa?

Forlap kependekan dari Informasi dan Laporan, sedangkan PDDikti kependekan dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, sehingga kalau di gabung menjadi Informasi dan Laporan pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

Semua data pendidikan tinggi terdata di PDDikti meskipun PDDikti dikelola oleh Kemenristekdikti tetapi seluruh perguruan tinggi di Indonesia harus mendatakan data mahasiswanya di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

FORLAP PDDIKTI

Dengan alamat web http://forlap.ristekdikti.go.id sehingga terkenal dengan sebutan Forlap, namun akan menyebut PD-Dikti itu lebih tepat. Atau sebut saja dengan Forlap PD-Dikti.

Lebih Penting Mana?

Keduanya sama-sama penting, tetapi Forlap sebagai induk data atau pangkalan data pendidikan tinggi mestinya menjadi rujukan utama sehingga statusnya lebih tinggi atau lebih penting, sedangkan Sivil sebagai turunannya juga penting dan membantu untuk mengecek data lebih cepat, khususnya nomor ijazah apakah tercatat di Forlap PDDikti atau tidak.

Karena keduanya penting, maka sistem pelaporannya seharusnya full open, tetapi kenyataan dilapangan sistemnya buka tutup, sehingga mengenal sistem periodisasi.

Tidak Semua Angkatan Wajib di Datakan pada PDDikti

Tidak semua lulusan harus masuk pada PDDikti tetapi keharusan itu diberlakukan sesuai keadaan data awalnya.

Angkatan 2003, mahasiswa tahun masuk 2003 atau angkatan 2003 hingga sekarang (2018) dan seterusnya, bagi perguruan tinggi dibawah Kemenristekdikti datanya harus terdaftar di PDDikti, sedang angkatan 2002 dan sebelumnya tidak wajib. Jika ada yang minta didatakan, perguruan tinggi boleh membuat surat keterangan status mahasiswanya.

Untuk perguruan tinggi di bawah Kemenag mulainya berbeda (2009), juga dibawah kementerian lainnya (2012).

Maka perhatikan angkatan anda

Sistim Pelaporan

Sistem pelaporan buka – tutup, dengan sistim ini maka kekeliruan atau kekurangan data mahasiswa untuk memperbaikinya butuh waktu berbulan-bulan. Mudah-mudahan kedepannya sistemnya bisa diperbaiki, hal ini disampaikan beberapa lulusan yang mengeluhkan perbaikan akan selesai dalam minimal 2 bulan.

Atau perguruan tinggi perlu menyampaikan laporan keseluruhan tanpa pilah-pilih, untuk data mahasiswa yang belum terlaporkan harus diperhatikan untuk segera di proses.

Demikian, semoga bermanfaat

Salam

Oleh Kissparry
Editor Eswedewea

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.