Ketep Pass dan Taman Kyai Langgeng Magelang, Rekreasi dan Keakraban Warga Genuksari Atas 2018

Dengan memilih tempat yang tidak terlalu jauh dari Kota Semarang, keluarga besar warga Genuksari Atas RT.04 RW.IX Tegalsari, Candisari, mengadakan kegiatan wisata dengan tajuk Rekreasi dan Keakraban 2018, Minggu, 25 November 2018, Ketep Pass dan Taman Wisata Edukasi Kyai Langgeng yang kesemuanya di Magelang.

Peserta berkumpul dan berangkat di depan hotel Wimarion, sekitar pukul 06.00 dengan dua bus pariwisata rombongan berangkat dari Semarang menuju Magelang, dengan tujuan pertama ke Ketep Pass dan dilanjutkan ke Taman Wisata Kyai Langgeng.

Kissparry Weanind mengikuti kegiatan ini dan berada di bus 2 bersama dengan Ketua RT.04 RW.IX Tegalsari, Suryanto Atmodjo.

Sudah lama program rekreasi dan keakraban tersebut dicanangkan, bahkan menabung saja melalui jimpitan selama lebih kurang dua tahun, kata Ketua RT.04 RW.IX Tegalsari dalam sambutannya. Dan hari ini Minggu 25/11 tercapai apa yang menjadi keinginan bersama untuk refreshing, dan kita tbisa seperti RT lainnya yakni bersama mengadakan rekreasi, meskipun harus menabung melalui jimpitan selama dua tahun, tegasnya.

Bila rekreasi sendiri-sendiri mungkin sudah biasa, ada kegiatan kantor misalnya, dan sekarang ini rekreasi sebagai warga kampung dalam suasana keakraban, oleh sebab itu sekarang kita lepas sejenak aktifitas rutin kita, bila di kampung ya kerja bakti dan kegiatan lain, dengan refreshing sejenak, lanjutnya.

a_KetuaRT_KetepPass_IMG_20181125_061020
Pengantar Ketua RT.04 RW.IX Tegalsari, Suryanto Atmodjo, pada pelaksanaan kegiatan Rekreasi dan Keakraban menuju Ketep Pass dan Taman Kyai Langgeng di Magelang

Ketua Panitia Rekreasi dan Keakraban 2018, Sholeh Ari Wibowo, memaparkan bahwa saat ini tidak semuanya warga mengikuti kegiatan ini, dengan keadaan dan alasan masing-masing, dan bila ikut semua maka setidaknya ada tiga bus yang akan berangkat bahkan bisa 4 bus. Namun tidak mengapa, kegiatan tetap berlangsung, karena sudah menjadi program RT kami, lanjutnya.

Rute yang dilalui rombongan wisata yaitu Hotel Wimarion atau RS Elisabeth, tol dengan pintu masuk di Jatingaleh ke arah Bawen/Solo dan keluar tol pintu Bawen, ke arah Jogja melalui jalan lingkar Ambarawa.

Sekitar pukul 07.30 rombongan tiba di Rumah Makan Ijo untuk memberi kesempatan peserta yang belum sempat sarapan di rumah. Selesai sarapan peserta melanjutkan perjalanan ke Ketep Pass di Desa Ketep Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang, dan sekitar 09.45 peserta sudah sampai di Ketep Pass.

a_KetepPass_keakraban_IMG_20181125_095129
Rekreasi dan Keakraban Keluarga Besar Warga Genuksari Atas RT04 RW.IX Tegalsari Semarang di Ketep Pass (25/11/2018)

Selama perjalanan para peserta bisa berkaraoke dengan fasilitas yang tersedia dalam bus pariwisata. Memang ada perbedaan ketika Kissparry Wea berwisata ke manca negara, Malaysia, Singapura, karena selama perjalanan tidak ada hiburan karaoke tetapi tour leader bercerita sepanjang perjalanan.

Ketep Pass Sawangan Magelang

Ketep Pass merupakan obyek wisata andalan Kabupaten Magelang, selain Borobudur dan obyek yang lain. Ketep Pass berada di Desa Ketep Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang yang berada pada ketinggian 1200 MDPL, menawarkan pemandangan alam di lerang gunung yang betah berlama-lama.

Namun biasanya selama kegiatan wisata ada beberapa destinasi yang bakal dikunjungi, sehingga ada pembatasan waktu kunjungan, kali ini panitia penyelenggara menyediakan waktu 2 jam dan 30 menit atau 2,5 jam.

Dari sejumlah peserta ada yang belum pernah mengunjungi Ketep Pass, tetapi ada yang sudah pernah, dan bahkan berkali-kali, malah ada salah satu peserta yang bilang sudah ratusan kali (waktu dulu) karena peserta tersebut memang berasal dari desa sekitar Ketep atau Kecamatan Sawangan, sehingga bisa dikatakan diberi kebebasan atau leluasa keluar masuk obyek wisata.

Waktu dulu pintu masuk dan tiket berada di area dalam atau gedung sehingga peserta bisa dengan leluasa atau masuk tetapi belum membeli tiket masuk, tetapi saat ini loket masuk ada pintu masuk parkir. Meskipun juga penjagaan sepertinya tidak terlalu ketat, pengunjung yang memegang tiket bebas keluar masuk.

Sebelum peserta menyebar di lokasi yang luasnya sekitar ini, peserta rekreasi dan keakraban berfoto bersama untuk kenang-kenangan.

a_Ketep_Pass_2_IMG_20181125_095207
Foto bersama di Ketep Pass 2018

Setelah foto-foto peserta mulai menyebar, ada yang melalui jalur dalam dan ada yang melalui pintu utama atau Gedung Ketep Vulcano Centre.

a_Ketep_Vulcano_Center_IMG_20181125_095858b
Gedung Ketep Vulcano Centre, Ketep Pass Sawangan Magelang

Didalam gedung Ketep Vulcano Centre terdapat dokumentasi atau foto-foto keadaan gunung Merapi sewaktu meletus dari tahun 1930an hingga meletus tahun 2010 yang merenggut banyak korban jiwa.

Sebagian peserta melihat film dokumenter dan sebagian lain menikmati pemandangan disekitar Ketep Pass, dan ada juga yang hanya di beberapa area saja.

Sekitar hampir dua jam di Ketep Pass, dikarenakan turun hujan sehingga diputuskan untuk segera turun dari Ketep menuju Taman Wisata Kyai Langgeng. Sebelum memasuki obyek wisata Taman Kyai Langgeng, peserta diantar ke pusat oleh-oleh untuk belanja oleh-oleh.

Taman Wisata Edukasi Kyai Langgeng

Setelah perjalanan lebih dari 1,5 jam, dikarenakan mampir ke pusat oleh-oleh dan sebagian besar peserta malaksanakan shalat Dhuhur di lokasi pusat oleh-oleh, rombongan sampai di Taman Wisata Kyai Langgeng yang berada di Kota Magelang.

Bila Ketep Pass berada di Kabupaten Magelang maka Taman Kyai Langgeng berada di Kota Magelang.

 

– masih dilengkapi —

Kissparry Wea
Editor Kissparry

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.