Mengenal Alat-alat Ruang Kamar Rawat Inap Rumah Sakit dan Kegunaannya

Ruang kamar rumah sakit zaman sekarang sudah semakin moderen, seiring dengan kemajuan teknologi, lalu didalam ruang kamar inap tentu dengan alat yang canggih, disamping itu ada alat-alat yang harus ada secara standar.

Alat pada suatu ruangan di rumah sakit bisa saja berbeda antar kelas ruang, karena ada pembagian kelas kamar ruang rumah sakit atau fasilitasnya sudah diperbaharui atau belum.

Bisa jadi sebenarnya pihak rumah sakit ingin memberikan pelayanan yang sama terhadap semua pasien, termasuk alat-alatnya, tetapi mungkin pengadaan alat tersebut juga bertahap, sehingga kelas yang lebih tinggi akan mendapatkan fasilitas yang lebih tinggi pula adalah hal yang biasa dan harus dimaklumi.

Kelas Ruang Kamar Rumah Sakit

Urutan kelas ruang kamar rumah sakit umum di Indonesia berbeda rumah sakit satu dengan lainnya, namun setidaknya yaitu meliputi

  • Kamar VVIP (Utama, A, B)
  • Kamar VIP (A, B)
  • Kamar Kelas Utama
  • Kamar Kelas I (A, B, C)
  • Kamar Kelas II (A, B, C)
  • Kamar Kelas III (A, B)
  • Kamar Kelas Sosial/IV
  • Kamar Isolasi
  • Kamar HND
  • Kamar ICU/PICU/NICU

Biasanya pasien yang akan rawat inap disodorkan ruangan yang dipilih dan ketersediaan ruang yang ada. Besaran tarif ruangan sesuai dengan kelasnya.

Beberapa rumah sakit besar, disamping kelas-kelas diatas, ada yang memiliki gedung khusus disebutnya paviliun, yang ada hanya mulai kelas VIP (VIP-1, VIP-2) sampai VVIP (1,2, Utama).

Peralatan Ruang Kamar Rumah Sakit

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman ketika di rumah sakit, peralatan di dalam ruang kamar rumah sakit tentu ada standarisasi, atau peralatan standar, meliputi

  • bed, tempat tidur untuk pasien
  • nurse call, panggil perawat
  • panel oksigen (atau tabung oksigen) dan vacum
  • meja makan permanen atau meja makan portabel
  • kursi tunggu
  • almari kecil untuk tempat sarana-prasarana pasien
  • kamar mandi

adapun tambahan fasilitas di dalam kamar rawat inap, yaitu

  • kipas angin
  • pendingin udara (AC)
  • televisi
  • wastafel (cuci tangan) dan kaca pengilon
  • lemari es
  • bed ekstra penunggu
  • sofa
  • telepon

Marilah kita bahas beberapa peralatan terutama cara pengoperasian peralatan yang ada tersebut.


Juga lihat :

Bed, Tempat Tidur Pasien

Tempat tidur pasien bervariasi, biasanya tergantung kelas, namun untuk rumah sakit baru sudah menggunakan peralatan yang lebih modern.

Rumah sakit yang sudah lama pun pasti juga ingin melayani pasien dengan standar yang sama, namun karena pengadaan peralatan itu bertahap mengakibatkan peralatan yang lebih baru dan moderen pasti akan diberikan kepada layanan kelas tertinggi.

Bed ruang rawat inap rumah sakit (moderen) kini, disertai alat remote kontrol.

Dalam sajian ini kami tidak menunjuk merek tertentu, tetapi inilah contoh merek yang ditemui langsung dan gambar orosinil, karena merek peralatan rumah sakit sangat beragam. Pada gambar diatas merupakan bed pasien merek Mak.

Bed ini sudah menggunakan sistem remote untuk menaikkan dan menurunkan sandaran kepala, juga sandaran kaki, disamping itu untuk naik turun ketinggian bed dari lantai.

Remote control bed pasien merek Mak

Remote ini digunakan untuk mengontrol tempat tidur pasien generasi baru, seperti yang disebutkan diatas.

Untuk mengatur tempat tidur tinggal menekan tombol remot kontrol yang tersedia, ada 3 baris baris atas, baris tengah, dan baris bawah.

Tombol baris paling atas untuk  naik-turunkan sandaran kepala, gambar tombol arah atas (sebelah kiri) berarti untuk menaikkan dan tombol arah bawah (sebelah kanan) digunakan untuk menurunkan, sedang baris yang paling bawah atau baris ke-3 adalah tombol untuk naik-turunkan sandaran kaki.

Untuk deretan tengah pada remot kontrol tersebut merupakan tombol untuk mengatur tinggi rendah tempat tidur dari lantai, ingin meninggikan tekan tombol sebelah kiri dan untuk menurunkan tekan tombol sebelah kanan.

Kanan dan kiri atau samping bed bagian atas masih dilengkapi dengan rel penahan (pagar)  pasien agar tidak jatuh (mengurangi resiko jatuh). Untuk membukanya dengan cara menarik ke atas gagang sambil menekan tombol merah hingga berbunyi klik, sebaliknya untuk membukanya tekan tombol merah pada pojok gagang dan turunkan penahan tersebut.

Tempat tidur ini masih dilengkapi dengan roda dan kunci roda, juga penahan bagian kepala dan bagian kaki.

Masih terdapat Bed Pasien model Lama

Beberapa ruangan rumah sakit mungkin masih menggunakan bed pasien model lawas, karena (mungkin) eman-eman kalau belum rusak dibuang percuma, jadi bed lawas yang masih layak akan tetap digunakan.

Model yang seperti ini, cara menggunakan sesuai standar yang ada, masing-masing sudah ada petunjuknya.

Baca Juga : Jam Besuk Rumah Sakit Terdekat

Panel Oksigen

Panel Oksigen merupakan alat tambahan yang biasanya sudah tersedia dan menempel di dinding bagian kepala dari bed, tempat tidur pasien. Apabila tidak tersedia panel tersebut, jika ada pasien membutuhkan tambahan oksigen, biasanya didatangkan khusus memakai tabung oksigen yang mobile.

Panel oksigen dan vakum di salah satu rumah sakit di Semarang

Untuk memakai panel oksigen yang sudah terpasang ataupun yang tabung oksigen diperlukan selang oksigen.
Dari panel oksigen atau tabung oksigen diperlukan botol khusus oksigen yang diisi air atau cairan untuk menentukan kelembaban udara yang dihirup melalui selang tersebut.
Disamping itu botol khusus tersebut juga untuk mengatur keluarnya oksigen.

Penulis pernah menanyakan kepada dokter, kapan pasien perlu dibantu alat pernafasan atau tambahan oksigen, jawabnya yakni bila pasien sesak nafas atau kalau melalui alat ukur, bila kandungan oksigen di dalam darah kurang dari angka 95.

lanjutkan membaca, laman 2, Call Nurse


2 thoughts on “Mengenal Alat-alat Ruang Kamar Rawat Inap Rumah Sakit dan Kegunaannya


  1. ada yang mau nambahkan nggak ya?
    Saya mau nambahkan Televisi tapi unik atau sekarang namanya SmartTV, tapi dia tambah seperti reseuver juga, untuk menyalakan televisi kudu minta bantuan petugas atau cleaning service, ketika saya menginap di RSUP Dr Kariadi Semarang.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca