Berita Utama

Taman Indonesia Kaya Ikut Mempercantik Kota Semarang

Taman Indonesia Kaya di Kota Semarang merupakan pengembangan dari Taman Menteri Supeno atau Taman KB, taman ini diresmikan oleh Walikota Semarang, Rabu 10 November 2018. Kali ini Kissparry bakal jalan-jalan di taman tersebut.

Apakah keistimewaan Taman Indonesia Kaya di depan SMA Negeri 1 Semarang yang merupakan salah satu sekolah yang masuk dalam bangunan yang dilindungi dan terdaftar tersebut. Ialah salah satu taman terbuka hijau yang menyediakan tempat untuk pertunjukan seni dan budaya.

Taman Indonesia Kaya di Semarang (foto TribunJateng)

Taman itu di danai dan dikembangkan bekerja sama antara Pemkot Semarang dengan Djarum Foundation, namun dana pengembangan seluruhnya digelontor oleh grup Djarum tersebut.

Ruang ganti, ruang rias, dan toilet berkelas juga tersedia untuk kenyamanan para pengguna utamanya seniman dan seniwati yang sedang tampil di taman tersebut, yang dengan konsep taman terbuka masyarakat umum boleh menyaksikan di taman yang berkonsep theatre terbuka.

Apabila tidak ada pertunjukan, pengunjung bisa leluasa bermain di Taman Indonesia Kaya sembari menikmati aneka kuliner yang tersedia di sekitar taman yang sekarang sudah di tata oleh Pemkot.

Lokasi

Untuk sampai ke lokasi Taman Indonesia Kaya Semarang, silakan arahkan perjalanan Anda ke Simpang Lima Semarang, kalau dari Tugu Muda Semarang ke arah timur lebih kurang 1,5 km.

Sesampainya di Simpang Lima silakan mengitari Lapangan Simpang Lima hingga simpang terakhir kearah Jl Pahlawan atau Gubernuran atau arah Siranda, bundaran Pahlawan biasanya di tutup sehingga untuk ke arah kanan silakan memutar di depan kantor Gubernur Jawa Tengah sesampai di bundaran Pahlawan beloklah ke kiri, 100 m sudah sampai di Taman KB dan Taman Indonesia Kaya Semarang.

Pintu Masuk Taman

Masuk ke taman, bisa dari sisi barat, sisi timur, sisi selatan, dan barat daya. Silakan Anda parkir di sebelah barat atau di depan SMAN 1 Semarang, dan apabila penuh di sisi timur juga selatan digunakan juga.

Waktu-waktu tertentu terutama malam hari tempat parkir timur akan lebih penuh daripada sisi barat, karena aneka kuliner di kawasan ini sudah beroperasional.

Pintu masuk Taman Indonesia Kaya Semarang, sisi Barat Daya

Saat ada pertunjukan, pintu sebelah barat yang langsung terhubung dengan panggung utama kemungkinan akan di tutup, sehingga pengunjung melalui pintu barat daya, pintu selatan, atau pintu timur (tergantung pintu mana yang dibuka). Namun saat tidak ada kegiatan di taman ini, semua pintu terbuka dan gratis untuk pengunjung.

Apabila Anda bingung dengan arah barat timur utara selatan, sebagai gambaran patung Keluarga Berencana (ibu menggendong anaknya dan anak satunya digandeng) ini berada disebelah timur dari Taman Indonesia Kaya (Taman Keluarga Berencana).

Spot Foto 

Beberapa tempat foto yang menarik di Taman Indonesia Kaya yaitu panggung utama baik dari sisi timur atau sisi barat, pintu masuk barat daya yang bergambar aneka wisata di Semarang, patung KB sebelah timur, sepasang pemuda pemudi menari di sisi barat sebelum masuk panggung.

Sepasang Penari di Taman Indonesia Kaya Semarang (sisi barat depan SMAN 1 Semarang)

Masih ada lagi, disebelah utara terdapat wayang, dan di sebelah timur ada siluet sepasang penari, dan beberapa sudut taman. Anda bisa berfoto sambil berdiri juga bisa sambil duduk di tempat duduk yang tersedia.

Wayang di Taman Indonesia Kaya Semarang

Kuliner Taman Indonesia Kaya

Sambil menikmati indahnya Taman Indonesia Kaya (terutama di sore dan malam hari), dapat menikmati aneka kuliner disini, mulai dari jagung bakar, bakso, tengkleng, tahu gimbal, dan aneka makanan dan minuman lainya.

Tahu gimbal menjadi ciri khas di kawasan ini, sejak lama, kalau ke Semarang mencari menu tahu gimbal silakan ke Taman KB atau Taman Indonesia Kaya.

Tahu gimbal sajian menu makanan dari tahu putih dipotong-potong kemudian di goreng (mendadak – saat ada pesanan), ditambah dengan gimbal (bakwan goreng), telur dadar, beberapa sayur mayur, ditambahkan bumbu sambal kacang, serta kerupuk. Saat disajikan masih panas atau hangat yang menggugah selera.

WeanindNews
Editor Kissparry

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.