Cara Mencari Siaran TV Parabola Reseiver Venus HD Meteor

Beberapa waktu lalu beberapa stasiun TV di Indonesia yang melalui parabola dari pancaran satelit hilang tidak menampilkan gambar, diantaranya Trans TV group, usut punya usut informasi yang didapat satelit gangguan sehingga tidak terpancar.

Untuk menambah alat agar gambar terlihat lagi dapat informasi harus keluar uang sekitar Rp 900.000 dengan tambah alat karena migrasi ke satelit mana gitu, ya sudah seperti beli alat baru, jadi nggak usah saja toh stasiun TV lainnya masih ada.

Ibaratnya puasa tidak menonton siaran TV yang memang ada beberapa acara yang kami suka.

Kemarin (8/1) datang kabar gembira dengan membaca informasi di Trans TV kalau per 7 Januari 2019 siaran TV tersebut bisa disaksikan lagi di jalur lama frekuensi beda.

Sampai di rumah langsung mencoba scanning siaran TV tersebut, langsung menemukannya ada Trans TV, TV 7, ANTV, TVMu, dan stasiun TV lainnya, wah lega rasanya.

Kebetulan di rumah ada 2 reseiver merek berbeda, karena 2 yang lain rusak harus beli baru, ini pun setelah beberapa bulan hanya menyala 1 reseiver atau 1 TV.

Ketika mencoba mencari di Receiver Venus HD, hampir sejam, mencari menu ngak ketemu-ketemu, pada saat beli sudah langsung di carikan kanal-kanalnya sama tokonya sampai di rumah tinggal nyambungkan dengan antena dan televisi langsung menyala (tampak gambarnya – siaran tv).

Akhirnya coba mencari-cari di Google dan alhamdulillah ketemu caranya, dan tips ini akan saya bagikan mungkin memiliki kasus yang sama dengan reseiver Venus HD terbaru.

Baca Juga : Cara Mencari Program Siaran TV Parabola yang Diblokir Diacak, Buka Dengan Biss CW

Remote Kontrol Reseiver Venus HD Meteor

Langkah pertama, mari diperhatikan remote control, seperti gambar dibawah ini.

Remote control reseiver parabola Venus HD Meteor

Perhatikan tombol remote selengkapnya yang kami sertai penjelasan

Remote Receiver Venus HD Meteor bagian atas

Tombol MENU digunakan untuk memunculkan Menu receiver pada layar televisi Anda, tombol EXIT digunakan untuk KELUAR atau Kembali ke Menu sebelumnya.

Tombol panah ke-KANAN, ke-ATAS, ke-KIRI, ke-BAWAH digunakan untuk menggeser kursor yang tampak pada layar televisi guna menentukan pilihan.

Remote reseiver Venus HD Meteor untuk parabola, bagian sisi bawah

Tombol MERAH, tombol HIJAU, tombol KUNING, dan tombol BIRU berfungsi sesuai dengan petunjuk masing-masing yang akan muncul disetiap MENUnya, dijelaskan kemudian.

Langkah Mencari Channel TV atau Mencari Ulang

Tekan tombol MENU

Dengan menekan tombol MENU pada remote, akan tampak di layar televisi gambar seperti dibawah ini kemudian pilihlah gambar Dunia dan Satelit (tampak sebelah kanan gambar televisi) untuk INSTALASI dengan menekan tombol panah ke-KANAN.

Parabola Reseiver Venus HD setting

Setelah menekan tombol ke-kanan maka akan muncul gambar seperti ini

Instalasi receiver Venus HD Meteor, Satelit, Wifi, 3G

Pada menu Instalasi akan muncul menu Satelit, Wifi, 3G, YouTube, dan Facebook, pilih satelit

Mulai Instalasi Satelit

Langkah berikutnya yaitu memilih menu SATELIT dengan menekan tombol OK maka akan didapatkan menu seperti ini.

Menu Satelit yang digunakan pada parabola yang terpasang

Pilihlah sesuai dengan kondisi parabola yang terpasang, pada saat pemasangan atau membeli set parabola pasti sudah diberitahu oleh penjualnya, 2 alat, 3 alat atau 4 alat, menyesuaikan.

Menu, pilih PALAPA D tekan Oke, tekan tombol turun, TELKOM 3S tekan Oke, tekan turun dan seterusnya.

Setelah ini perhatikan simbol dan tombol di menu bawah (menggunakan remote bagian bawah), tombol MERAH Tambah, tombol HIJAU ubah, tombol KUNING Hapus, dan tombol BIRU Scan, dibaris bawahnya tombol FAV Transponder, OK Pilih, tombol Info Select All, dan EXIT untuk Keluar, tombol geser atau naik, kanan, turun, kiri.

Pilihlah dengan menekan tombol BIRU Scan, maka akan menampilkan menu seperti ini.

Pilihlah model pencarian satelit, reseiver Venus HD Meteor

Cari Satelit, pilihlah isian menu seperti berikut ini
Tipe Satelit –> Multi Satelit Pencarian,
Satelit –> 1/4 PALAPA D (otomatis),
Hanya FTA –> Ya

Pindai Saluran –> TV Channel
Jaringan Penelusuran –> Tidak
Scan Mode –> Blind Scan
Cari ———–

tekan tombol Oke pada CARI

Silakan ditunggu hingga pencarian siaran televisi selesai. Semakin banyak pilihan Satelit semakin lama mencarinya, oleh karena itu sesuaikan dengan parabola.

Baca Juga : Cara Mencari Program Siaran TV Parabola yang Diblokir Diacak, Buka Dengan Biss CW

Selesai Instalasi

Instalasi pencarian channel sudah selesai, silakan cek apakah ada perubahan atau penambahan channel pada televisi parabola Anda.

Semoga bermanfaat

Kissparry
Editor EswedeWea

15 thoughts on “Cara Mencari Siaran TV Parabola Reseiver Venus HD Meteor


    1. Saya juga pernah menemukan tampilan seperti itu, dicoba jenis satelit yang digunakan, atau dicek frekuensinya sudah tepat atau belum. Bisa diulang lagi. Semoga berhasil.


    1. Makasih infonya sepertinya sama saya punya baru beli coba trcking sendiri hasilnya tk ada yg dpt chanel dan warna nya gelap tk berwarna


    2. Masih banyak chanel Telkom, seperti Frekuensi 3766 H 21818, kemudian Trans 7 juga pindah frekwensi yaitu 3904 H 3131 dan 3908 H 3131 untuk HD.
      Untuk frekwensi baru caranya dengan didaftarkan atau ditambahkan dulu


  1. Setalah di klik instalasi terus satelit yang keluar bukan mulai instalasi satelit tapi malah kode kode bisa itu kenapa ya


    1. Kalau receiver TV kabel atau tv satelit, silakan ke artikel yang ini contohnya Receiver Nex Parabola, karena masing-masing reseiver ada perlakuan dengan menu yang berbeda, dan intinya sebenarnya tetap sama saja.
      Sedikit saya jelaskan disini – untuk reseiver tv kabel/satelit berbayar caranya yaitu menambahkan dulu frekwensinya kemudian melakukan pencarian siaran.


  2. Saya sudah coba mengikutin tutorial diatas.. tetap saja salurannya tidak dapat ditemukan , kenapa ya min , apa yg harus saya lakukan terima kasih


  3. Terima kasih sudah berbagi. Hari ini saya bisa reset parabola dg membaca tutorial anda. Mudah di aplikasikan

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca