Arsip

Pesona Gili Trawangan dan Senggigi Beach Lombok, Mataram NTB

Gili Terawangan merupakan bagian dari Kepulauan Gili sedangkan di Pulau Lombok ada Kila Senggigi Beach, maksudnya begitu. Sebelum menyeberang ke Gili Trawangan menginapnya di Kila Senggigi Beach Lombok Hotel & Resort.

Lombok pulau impian banyak orang ketika selama dua hari dan dua malam bersama teman-teman, akhirnya bisa sampai ke pulau disebelah timur Bali yang telah terkenal lebih lama, merupakan sebuah kenangan yang menurut Kissparry Wea perlu diarsipkan di blog ini, meskipun foto-fotonya belum ketemu seluruhnya. Saya sampaikan sebagai kenangan karena perjalanan ini dilakukan pada medio 13 Februari 2013, enam tahun yang telah silam.

Kila Senggigi Beach Hotel

Kila Senggigi Beach Lombok hotel & resort ini berada di luar Kota Mataram, tepatnya di Jalan Pantai Senggigi, Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat 83355. Sekitar 12 km arah utara dari Kota Mataram.

Sewaktu menginap dulu seingat saya namanya Aerowisata Hotel & Resort Senggigi lantas berubah namanya sejak kapan kurang tahu, karena saat saya mencari Aerowisata Hotel Senggigi tidak menemukan malah tulisannya sudah tutup permanen.

Salah satu sudut dari Kila Senggigi Beach Lombok (13-02-2013) – Foto bersama Tour Guide lokal

Perjalanan wisata itu menggunakan jasa tour dan travel, sehingga tempat menginap saja tadinya susah mengingat, dimana saat itu hotel tempat menginap, karena mencari Aerowisata di Google Maps tidak menemukan. Setelah hampir setengah hari mencari dengan cara mengingat lokasi akhirnya kutemukan tempat dan nama tempat itu. Semoga saja benar, karakteristik hotelnya sama dengan Kila Seginggi Beach Lombok.

Aerowisata, benar banget, akhirnya web-nya ketemu, aerowisatahotels.com, di pilihan destinasi ada Kila Seginggi Beach Lombok.

Bila melihat peta di Google Maps untuk menuju ke Senggigi dari Bandara Lombok Praya sekitar 48 km. Bandar Udara Internasional Lombok berada di Kabupaten Lombok Tengah sedang Seginggi di Kabupaten Lombok Barat, dengan melewati Kota Mataram. Kata pemandu wisata kami dulu ingat saya katanya berjarak 45 km dengan waktu tempuh sekitar 90 menit.

Saat di Mataram Lombok, saya beserta rombongan (teman-teman) menginap di salah satu hotel di tepi pantai Seginggi (Aerowisata Hotel & Resort), dan waktu itu rombongan tiba di Mataram malam hari, penerbangan dari Surabaya. Biasanya kalau tiba dilokasi baru saat malam hari kadang arah saja keliru atau boleh dikatakan bingung.

Sebelum menuju ke hotel untuk beristirahat, terlebih dahulu makan malam di sebuah rumah makan dengan menu spesial khas Lombok, kata pemandu kami, yaitu ayam Taliwang spesial, disebuah Resto dengan pencahayaan sedikit redup. Selesai makan baru melanjutkan perjalanan ke hotel untuk istirahat.

Kila Seginggi Beach hotel bintang 4 ini berada di tepi pantai Seginggi, berbentuk villa dan hanya di batasi pagar  hotel, tamu bisa langsung menikmati indahnya tepi pantai Seginggi, Mataram Lombok.

Kila Senggigi Beach Lombok, ada dua teman yang tampak, dilantai bawah (mas Har) dan dilantai atas (mBa Prini)

Hari kedua saat perjalanan menuju ke Bali, berhenti disebuah bukit kecil ada jembatan, kata pemandu kami ini spot foto yang menarik, untuk foto-foto bersama dengan latar belakang gunung dan laut. Tempat ini, karena sering disinggahi para pelancong (wisatawan) maka penjual souvenir pada siaga di tempat ini.

Tepi Pantai Senggigi Lombok

Foto yang lainnya silakan di klik galeri berikut untuk memperbesar dan bisa di gulir kanan kiri

Gili Trawangan

Kata pemandu wisata kami, pulau kecil yang ada di sekitar Lombok namanya Gili, atau tepatnya sebutan Gili diberikan kepada Pulau di Lombok, dengan penjelasan itu berarti banyak gili disekitar pulau Lombok.

Untuk menuju ke gili diperlukan sarana transportasi laut, berupa kapal motor atau speadboat, guna menyeberangi lautan tentunya. Tidak disediakan kapal penyeberangan besar disini, misal untuk mengangkut motor dan lainnya, sebab transportasi motor ataupun mobil tidak boleh digunakan di gili.

Persiapan untuk menyeberang ke Gili Trawangan di Lombok

Gili Trawangan mungkin salah satu Gili yang paling terkenal diantara gili yang lainnya. Trawangan adalah pulau yang berada di barat laut Lombok dan berukuran paling besar diantara 2 gili lainnya yang berjajar di kawasan itu dan ketinggian di atas permukaan laut. Gili Trawangan memiliki panjang 3 km dan lebar 2 km, seperti dikutip dari detik2.com.

Pulau kecil berpenduduk 800 jiwa ini tidak memiliki transportasi bermotor karena memang aturan dari penduduk lokal. Anda bisa mengitari pulau kecil ini dengan sepeda atau cidomo, kendaraan khas Lombok berupa kereta kuda seperti dokar. Untuk bisa mencapai Gili Trawangan para pengunjung harus menggunakan kapal bermotor atau speedboat.

Berlabuh di Gili Trawangan dengan selamat

Kami hanya menaiki perahu kecil dengan pendorong mesin, karena kalau dengan dayung sampan tentu sampai di tempat tujuan wisata akan menjadi lebih lama lagi.

Sampai di Gili Trawangan Kepulauan Gili

Wisata diseputar Gili Trawangan antara lain keliling pulau dengan sepeda atau cidomo, diving (menyelam), snorkeling, ke tengah laut dengan kapal khusus menikmati pemandangan terumbu karang dan ikan-ikan yang lucu.

Paket yang dibeli dalam perjalanan ini hanya sampai menyeberang ke Gili Trawangan, sehingga untuk mencoba wahana yang ada harus mengeluarkan biaya sendiri-sendiri.

Kapal khusus dengan lantai kaca tembus pandang menuju ke tengah laut untuk menikmati pemandangan alam, saya sedang mengambil video.

Selepas ke tengah laut melihat-lihat biota laut dan terumbu karang dengan kapal khusus yang dibawahnya kaca tembus pandang, kemudian keliling gili dengan dokar. Diantara teman kami ada yang snorkeling.

Snorkeling di Gili Trawangan

Snorkeling adalah kegiatan berenang atau menyelam di air dangkal dengan mengenakan peralatan berupa masker selam yang disebut snorkel (peralatan selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah).

Gili Trawangan Sea Turtle Snorkeling (Istimewa) – sampel karena foto-foto masih dicari

Ada Berapa Gili di Lombok

Setidaknya ada sekitar 10 gili yang terdapat disekitar Lombok yang terkenal, dan mungkin masih terdapat gili yang lain. Paling dekat dengan Gili Trawangan yaitu Gili Air dan Gili Meno, sedangkan gili yang lain menyebar.

Saat di Gili Trawangan secara kebetulan ada arak-arakan budaya masyarakat setempat. Saat itu dijelaskan oleh pemandu kami, apa maksud dan tujuan arak-arakan itu, tapi…… sudah lupa.

Kuliner di Lombok

Selama dua hari dan dua malam di Lombok, sudah barang tentu mencicipi kuliner khas lombok yang diarahkan oleh pemandu lokal. Selain pemandu dari tour & travel yang mengantar kami, juga ada pemandu lokal.

Bebek Betutu

Betutu memang nama khas yang disematkan bebek atau ayam didaerah sini, kekhasannya apa sih, ya…. rasanya….

Aneka Sea Food

Sea Food merupakan makanan khas Gili Trawangan yang memang dikelilingi lautan, meskipun mungkin bahannya didatangkan dari tempat lain, karena tempat sekitar Gili Trawangan kebanyakan ikan hias.

Makan siang di Gili Trawangan dengan menu khas laut (Sea Food)

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang merupakan ayam khas Lombok, dimasak dengan aneka sambal dan lalapan, membikin makan jadi semakin lahap.

Ayam Taliwang Lombok mak nyuss… (foto: Sindo)

Mutiara dari Lombok

Saat di Lombok, oleh pemandu diajak ke pusat mutiara dan budidaya mutiara. Selain pemandangan laut yang terkenal di Lombok lewat gili-gilinya, ditempat ini juga terkenal dengan budidaya mutiara, yang terkenal dengan mutiara dari Lombok.

Banyak sekali toko-toko mutiara disini, tinggal pilih saja, yang asli super sampai dengan yang biasa, bahkan ada pula yang mutiara tiruan. Kita akan dijelaskan tentang ciri-ciri mutiara dari Lombok ketika berkunjung ke pusat kerajinan mutiara.

Saya hanya beli tasbih dari mutiara kelas entah berapa, karena semakin cantik mutiara maka harganya semakin mahal pula. Oleh sebab itu harus mengenali betul mutiara kelas super, kelas biasa, atau pun tidak berkelas.

Tasbih mutiara dari Lombok murah berkisar Rp 300K (dok. mutiaralombok)

Tasbih mutiara ini dianggap murah karena Rp 300K setidaknya dapat 100 biji mutiara, padahal ada 1 mutiara yang harganya diatas Rp 500K. Dan bagi Anda yang telah berkunjung ke Lombok terlewatkan membeli mutiara khas Lombok, silakan berbelanja online, sudah banyak yang menyediakan.

Sekian dulu, kenangan dari Lombok, Kissparry akan menayangkan kenangan yang lainnya, seperti di Bunaken, Tugu Khatulistiwa, dan lainnya.

Semoga menambah pengetahuan tentang Indonesia.

Kissparry Wea
Editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.