Gathering

Taman Rekreasi Selecta, Kebun Bunga dan Aneka Wahana, Dulu dan Kini

Kissparry Weanind sudah mengunjungi Selecta di Batu Malang ini berkali-kali, dan selalu ada perubahan, karena tidak setiap ke Batu mampir di Selecta yang saat ini wahananya semakin lengkap.

Bahkan sekarang sudah lengkap banget, dengan wahana yang menarik, tanaman bunga juga bervariasi, dapat dimanfaatkan untuk rekreasi bersama keluarga ataupun Anda dengan teman sejawat, untuk reuni misalnya.

Ditambah lagi, apabila Anda berada diatas, dapat menikmati hamparan sawah menghijau diluar taman Selecta, disisi kiri dari Selecta dan ternyata tebingnya agak curam.

Menuju ke Taman Rekreasi Selecta

Menuju Taman Selecta di Batu Malang ini cukup mudah, dan sebagai gambaran lokasi Selecta jaraknya sekitar 4 km dari pusat Kota Batu atau sekitar 25 km dari Kota Malang, waktu tempuh tergantung keramaian jalan namun estimasi waktu tercepat yaitu 60 menit dan bisa kurang.

Alamat:
Kota Wisata Batu, Jl. Raya Selecta No. 1, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336

Taman Selecta Batu Malang, Kissparry Weanind menarik gajah berhenti, Wahana Dinosaurus

Selecta sudah diluar dari wilayah administratif Kabupaten Malang juga bukan wilayah Kota Malang, Kota Batu sudah menjadi wilayah administratif sendiri menjadi kota otonom sejak 2001, tetapi masyarakat sering menyebutnya Kota Batu Kab. Malang.

Kota Batu berada di jalur lalulintas yang strategis dilalui arus kendaraan Malang – Kediri juga Malang – Jombang, sehingga bagi Anda yang akan ke Kota Batu sedangkan berasal dari wilayah barat (Solo, Semarang) dapat melalui jalur darat ini, tanpa harus berputar.

Adanya jalan tol (bebas hambatan) yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa yang dikenal dengan Tol Trans Jawa, silakan menggunakan jalan tol berbayar tersebut (Tol Soker). Penanda ganti jalur adalah Sungai Brantas salah satu sungai terpanjang di Pulau Jawa setelah Bengawan Solo.

Baca juga : Sungai Terpanjang di Indonesia dan Wilayah yang Dilaluinya

Kebun Bunga Selecta (Dahulu)

Kawasan seluas sekitar 28 Hektar ini baru sekitar sepertiga yang digunakan untuk wahana rekreasi dan outbound, atau baru sekitar 10 Hektar, selain untuk Hotel, maka kawasan Selecta masih dapat terus dikembangkan.

Saat saya berkunjung di tempat rekreasi ini, dahulu entah tahun berapa lupa-lupa ingat, sekitar tahun 1985, Selecta baru berupa kebun bunga atau taman bunga. Meskipun demikian, tempat ini tetap menjadi salah satu tujuan wisata saat di Malang, beberapa tahun kemudian ke Selecta lagi, dan seterusnya.

Taman Bunga Selecta dibangun pertama kali pada tahun 1920 hingga 1928, sekitar 8 tahun, namun dalam tahap pembangunan sudah tentu kebun bunga ini sudah dimanfaatkan terutama untuk peristirahatan di kala itu, dibangun oleh warga berkebangsaan Belanda, tahun itu Indonesia masih dalam penguasaan Belanda.

Dibangunnya kebun bunga Selecta diperuntukkan bagi warga Belanda yang berkunjung di belahan timur Pulau Jawa. Setelah ditahun 1949-an Selecta terbakar (mungkin karena disengaja dibakar), kemudian Kebun Bunga Selecta dibangun lagi oleh pengusaha setempat, hingga sekarang.

Pada prasasti yang terdapat didalam kawasan Selecta, tertera pembentukan PT Selecta pada 19 Januari 1950 diprakarsai oleh 47 orang, sedang pembangunannya dimulai kapan tidak dicantumkan, setidaknya tahun 1950-an.

Selecta Taman Rekreasi Keluarga, Kota Wisata Batu, Jawa Timur (dok. Kissparry – foto Lisa Safitri)

Seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya pengunjung ke Selecta, dari pihak pengelola terus mengembangkan sehingga Selecta menjadi seperti sekarang ini. Suatu kawasan taman kebun bunga favorit menjadi tujuan wisata.

Menengok dari sejarah Selecta sehingga sedikit banyak kehadirannya ikut mewarnai lahirnya Kota Wisata Batu yang sekarang semakin moncer dengan aneka wahana, seperti BNS, Jatim Park, Museum Angkut, dan lain sebagainya.

Selecta sebagai pionir wisata di Batu pun ikut berbenah karena tidak ingin ketinggalan dengan wahana pendatang baru, kini Kebun Bunga Selecta menjadi Taman Selecta dan terakhir SELECTA Truly Picnic (Selecta Benar-benar Tempat Piknik atau Rekreasi).

Bahkan nama Selecta juga dijadikan nama Jl disekitar tempat ini, yaitu Jl Selecta seperi lokasi ini bertempat di Jl Selecta No. 1 (Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336)

SELECTA, Truly Picnic (Kini)

Selecta sekarang memang sudah berbeda dengan Selecta puluhan tahun lalu, sekarang lebih lengkap tidak hanya sekadar taman bunga atau kebun bunga. Wahana rekreasi semakin lengkap.

Logo Selecta Taman Rekreasi, Hotel & Resort (dok. SelectaWisata)
Selecta Truly Picnic, Selekta Benar-benar tempat Piknik

Sebutan SELECTA Truly Picnic sangat tepat, sebab taman rekreasi ini juga memiliki hotel yang lokasinya berdekatan menjadi satu kawasan yang luasnya sekitar 28 Ha (hektar).

  • Kolam Renang (dewasa dan anak) – free (termasuk harga tiket)
  • Water Park (anak dan dewasa) – free
  • Taman Bunga – free
  • Taman Dinosaurus – free
  • Akuarium Raksasa – free
  • Gua Singa – free
  • Permainan Anak-anak (berbayar Rp 5.000 s/d Rp 20.000)
  • Sepedah Air (berbayar Rp 15.000,- / 15 menit)
  • Perahu Ayun (berbayar Rp 10.000,-/ orang)
  • Arena Berkuda (berbayar Rp 10.000,-/orang)
  • Flying Fox (berbayar Rp 20.000,-/orang)
  • Sky Bike – Sepeda Udara (berbayar Rp 20.000,-), wahana baru
  • Restoran dan Area Kuliner (berbayar, sesuai selera)
  • Arena Outbound dan Gathering, silakan menghubungi pengelola
  • Aula pertemuan, menghubungi pengelola
  • Hotel Selecta – bertarif (Suite & Deluxe Rp 650.000,-, Family Rp 750.000,-, dan Cottage Rp 2.300.000,-), diluar harga promo.

Kontak Pengelola

  • Jl. Raya Selecta No. 1 Kota Wisata Batu Malang Jawa Timur Indonesia
  • Telp : Taman Wisata : 0341 592379,
  • Hotel Reservation : 0341 591025
  • Fax : 0341 592369

Pintu Gerbang

Pintu Masuk seperti gambar di atas ada karangan bunga berbentuk Love. Tiket masuk seharga Rp 35.000,- (Senin – Minggu), termasuk high session, hari libur nasional dan musim liburan, harga dibuat sama.

Ketika Anda didalam kawasan rekreasi Selecta sebaiknya mengetahui peta dari kawasan ini.

Akuarium Raksasa dan Dinosaurus

Begitu Anda masuk terdapat disamping kanan adalah tulisan Selecta dan Akuarium besar, kemudian wahana Dinosaurus yang menggambarkan zaman purba.

Beberapa patung Dino ada disini, juga bebatuan zaman dahulu. Tempat ini tergolong komplek pertama yang jangan dilewatkan.

Akuarium di Taman Rekreasi Selecta

Aneka bunga di Taman Selecta, Batu, Malang (kissparry)
Kolam Renang dan taman bermain anak-anak di Taman Selecta, Batu, Malang (kissparry)
Taman bermain di Selecta, Batu, Malang (kissparry)
Sky Bike di Taman Selecta, Batu Malang (malangpost)
Sky Bike dan Aneka Bunga di Taman Rekreasi Selecta (tempatwisatapilihan)

Uraian di tunggu ya….

by WeanindNews
Editor :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.