Gagasan mutiara Nusantara PATRI transmigrasi

Redefinisi Transmigrasi, DPP PATRI Menawarkan

Mengacu kepada pidato Bung Karno tahun 1964, transmigrasi adalah Gerakan Nasional Perekat Bangsa, dan bahwa PATRI akan menjadi ormas unggulan masa depan.

Dalam rangka menyambut Musyawarah Nasional (MUNAS) Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI) IV tahun 2019, Hasprabu Sekjen DPP PATRI menawarkan definisi transmigrasi baru.

Hal itu disampaikan kepada wartawan, press release, setelah menjadi pembahas pada acara diskusi Selosonan PWT (Persatuan Wredatama Transmigrasi) di Jakarta (05/02/19).

Diskusi yang diadakan di kantor para purnakarya pejabat Transmigrasi tersebut mengambil tema: Format Transmigrasi Masa Depan.

“Ya, menurut saya, mengacu kepada pidato Bung Karno tahun 1964, transmigrasi adalah Gerakan Nasional Perekat Bangsa”, ujarnya.

Lebih lanjut, menurut anak transmigran dari Lampung tersebut, Transmigrasi masa depan harus difokuskan membangunan di kawasan strategis, meliputi daratan dan kemaritiman, untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa dan kedaulatan negara.

Karena itu, lanjutnya: komponen dalam Transmigrasi meliputi beberapa aspek.


Baca Juga :

Kimtran Raimuna Kab.Muna Sulawesi Tenggara (Dok Kemendesa.go.id) – Insert Foto

Pertama, Transmigrasi sebagai gerakan nasional, yaitu dengan mentransfer keahlian, tenaga kerja, modal, teknologi, dan lainnya.

Kedua, komponen perekat bangsa, dimana transmigrasi harus melibatkan seluruh penduduk terlatih dari lintas agama, suku, dan budaya di Indonesia.

Ketiga, transmigrasi harus mengakselerasi pembangunan di kawasan strategis, daerah perbatasan, pulau terpencil, tanah terlantar, daerah tertinggal, dan desa yang kekurangan penduduk

Keempat, lokus transmigrasi tetap menguatkan pembangunan di daratan dan kemaritiman. Seperti zona ekonomi eksklusif, kawasan pantai, dan pulau terdepan.

Kelima, transmigrasi diutamakan untuk mewujudkan kesejahteraan warga negara. Meliputi bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

Keenam, transmigrasi adalah komponen penduduk terlatih, bersama TNI-POLRI turut menjaga kedaulatan negara. Diantaranya dengan memberikan penguatan aspek ideologi, politik, kamtibmas, wawasan kebangsaan, dan bela negara.

Ditanya tentang potensi PATRI, Hasprabu optimis, bahwa PATRI akan menjadi ormas unggulan masa depan.

“Ya, saya optimistis, karena paling tidak PATRI punya 10 keunggulan”, imbuhnya.

Diantaranya: PATRI Mempunyai ikatan rasa senasib yang semakin kuat, Mempunyai basis massa yang jelas, SDM anak Transmigran lebih terlatih fisik dan mental, Mempunyai potensi suara politik (tambang suara, red) yang besar, Punya kapasitas sebagai agen pembangunan daerah, Sumber kader calon pemimpin berwawasan kebangsaan,

Lebih lanjut, Anak Transmigran potensial sebagai agen perekat bangsa, Anggotanya berasal dari lintas agama, suku, dan budaya, serta para anggotanya terdiri dari lintas profesi, dan organisasi PATRI punya jejaring seluruh provinsi tujuan Transmigrasi.

Jakarta, 06.03.2019
Kontributor: Pramono (Hasprabu)

Diunggah : Lik Kasjo
Editor : Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.