Outbound (Capacity Building) Guru TPQ Se-Kota Semarang Bersama Bagian Kesra Setda Kota Semarang

Seperti dikabarkan sebelumnya, bahwa ratusan guru TPQ mengikuti outbound rangkaian kegiatan Capacity Building di Jepara, kegiatan juga sebagai acara gathering.

Bahasa resmi yang dipakai oleh pemerintah Kota Semarang (Pemkot) dalam hal ini Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kota Semarang, yaitu Pembinaan Tenaga Pendidik Keagamaan Non-Formal (TPQ) Se-Kota Semarang 2019.

Rangkaian Gathering di Jepara kali ini dipusatkan di Gedung Sanggar Pramuka Kabupaten Jepara, yaitu outbound, perkenalan dari jajaran Pemkot Semarang dan Kemenag Kota Semarang sekaligus ceramah motivasi.

Setelah makan siang di restoran setempat dilanjutkan refresing atau wisata di Pantai Bandengan Jepara. Makan malam disajikan menjelang peserta kembali ke Semarang dalam nasi box.

Berangkat dan Kembali, MAJT Gajah Raya

Rombongan terbagi dalam 7 kelompok bus pariwisata yang akan mengangkut ke Jepara. Saya beserta satu Badko TPQ Kecamatan Candisari berada di bus 3.

Peserta Outbound dalam rangka pembinaan untuk ustadz/ustadzah TPQ se-Kota Semarang, siap berangkat ke Jepara, saya Indarsih Weanind beserta teman saya dari TPQ yang sama.

Selama perjalanan, ketika mulai perjalanan ada kegiatan baca Alqur’an bersama-sama, kemudian mendengarkan lagu-lagu islami, hingga sampai di tempat outbound, di Sanggar Pramuka Kabupaten Jepara.

Outbound

Outbound dibagi ke dalam beberapa kelompok, dalam 7 games (permainan). Tujuan outbound yaitu melatih konsentrasi, kerjasama, dan kepedulian.

Games 1 Jalan Gandengan Serempak (Teklek)

Games 2 Voli Air (Eneng-enenangan)

Games 3 Air Emas (bumbung)

Games 4 Bart Tender

Games 5 Segitiga Bermuda (box)

Games 6 Tumpah Air Berantai

Games 7

Makan Siang dan Memotivasi Peserta

Makan siang dilaksanakan di cafe dan dilanjutkan perkenalan, pemberian dan pendalaman materi, atau dalam bahasa pemerintahan pembinaan untuk para tenaga pendidik TPQ se-Kota Semarang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang juga hadir, memberikan motivasi kepada peserta gathering dan outbound kali ini.

Pantai Bandengan

Selepas makan siang, mendengarkan ceramah, kemudian melaksanakan shalat dilanjutkan mengunjungi Pantai Bandengan.

Selesai

Acara selesai, rombongan kembali ke Semarang sekitar pukul 17.30, sampai di Semarang sekitar pukul 21.15.

Indarsih Weanind
Editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca