Berita Utama

UTBK 2019 Telah Berlangsung 2 Sesi Selama Satu Hari

Ujian Tulis Berbasis Komputer yang disingkat UTBK sudah berlangsung selama dua sesi dalam sehari hari ini, yaitu Sabtu 13/4 dua sesi dan kan menjadi 4 sesi pada Minggu 14/4.

Saya sendiri isitilah UTBK baru sekali dengar dari seorang teman yang kebetulan bertanya kepada saya melalui ponsel. Setahu saya SBMPTN itu ada ujian tulis dan ujian dengan komputer. Jadi, berarti UTBK itu sebenarnya tahun lalu juga sudah ada di SBMPTN. Tahun lalu itu ada UTBK dan UTBC pada pendaftaran SBMPTN. “Ini saya tanya sama suami”, dan UTBC singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Cetak, dan keduanya merupakan cara ujian seleksi untuk masuk PTN melalui jalur SBMPTN tahun lalu (2018).

Ruang UTBK 2019 di Pusat UTBK 356 Universitas Negeri Semarang

2019 SBMPTN Hanya Tes dengan UTBK

Mulai tahun ini (2019) SBMPTN hanya akan menggunakan satu model tes yaitu melalui UTBK. Saat teman saya telepon kalau anaknya mengikuti tes UTBK di UNNES, sambil saya tanya kepada suami saya, maka saya dapat penjelasan katanya sekarang hanya ada UTBK saja untuk masuk SBMPTN. Caranya tentu dengan mendaftar melalui daring laman UTBK, dan sudah tidak ada lagi tes lainnya, juga tes berbasis cetak.

Tetapi telepon genggam tidak saya berikan kepada suami saya karena dia sedang istirahat, setelah seharian masuk kantor menjadi panitia UTBK di kantornya, teman saya tetap berbincang-bincang dengan saya, sembari kalau ada hal yang ditanyakan saya lempar bertanya, kemudian saya teruskan jawabannya.

Dibuka Dua Gelombang

Pendaftaran UTBK dibuka dua gelombang, yang mana peserta atau siswa yang duduk di kelas XII bisa mendaftar dua kali tes, untuk gelombang I (pertama) dan gelombang II (kedua), yang waktunya relatif berurutan.

Pendaftaran telah berlalu, sehingga tidak perlu saya sebutkan disini, tetapi waktu tesnya ada dua gelombang. Gelombang I dimulai 13 April 2019 dan berakhir 5 Mei 2019, biasanya disediakan waktu hari Sabtu dan Minggu.

Sedangkan tes Gelombang II dimulai 11 Mei 2019 hingga 26 Mei 2019, dengan waktu yang sama di hari Sabtu dan Minggu.

Walaupun tidak semua hari Sabtu dan Minggu digunakan, sebagai contoh 20 April dan 21 April tidak dijadwalkan ada tes UTBK.

Saya tanya kepada teman saya, “lha putrane ndaftar berapa kali, satu gelombang atau dua gelombang?”, teman saya menjawab, “anak saya mendaftar kedua gelombang. Untuk gelombang I tes di UNNES hari ini Minggu pagi, sedangkan gelombang kedua nanti tesnya di UNDIP”, kata teman saya.

“Ya, betul itu, untuk jaga-jaga kalau nilai gelombang I kurang memuaskan bisa dipakai nilai gelombang II, karena nilai itulah yang akan dipakai daftar SBMPTN”, jawab saya, yang saya teruskan kepadanya melalui telepon genggam, perkataan dari suami saya yang sehari-hari kerja di UNNES. Jawaban saya mantap betul (mantul) dengan didampingi suami yang sedang berada didepan komputer yang tadinya sudah istirahat tiduran.

“Ternyata, suami saya harus buka laptop-nya karena ada pertanyaan dari temannya yang sedang mengerjakan pekerjaan di kantor, wah… malam Minggu ternyata juga ada yang lembur”.

Ruangan siap untuk melaksanakan UTBK 2019, foto diambil di Pusat UTBK 356

Pengumuman Kapan, Nilai Dipakai Daftar SBMPTN?

Nilai hasil UTBK akan disampaikan kepada peserta setelah minimal 10 hari kerja, kata suami saya yang saya teruskan kepada teman saya. Sehingga kalau tes tanggal 14 April berarti nilai tes akan diterima melalui ponsel atau (mungkin) login lagi dilaman UTBK melihat nilainya pada tanggal 25 April 2019. Ikuti saja informasinya dilaman.

Nilai-nilai itulah nantinya yang akan digunakan untuk mendaftar SBMPTN, sehingga saat SBMPTN tidak ada tes lagi.

LTMPT

Ternyata penyelenggara UTBK sekarang dikenal dengan nama LTMPT yaitu singkatan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Lembaga inilah yang mengatur semuanya mengenai tes UTBK ini.

Penyelenggara pelaksana UTBK adalah lembaga mitra LTMPT yaitu perguruan tinggi yang biasanya tergabung dalam SBMPTN, meskipun tidak semuanya menjadi Pusat UTBK. Seperti UIN Walisongo anggota SBMPTN tetapi Pusat UTBK-nya berada di UNNES.

Jadwal Tes Sudah Tertera pada Kartu Pendaftaran

Sekian dulu ya…., besok saya lanjutkan jadwal-jadwal UTBK-nya yang Sabtu atau Minggu itu. Tetapi sahabat Kissparry tidak perlu risau yang anaknya atau bahkan Anda sendiri mengikuti UTBK, karena waktu dan tempat sudah tertera pada Kartu Peserta UTBK.

Salam, dan semoga bermanfaat

oleh Indarsih Weanind
editor Kissparry

Iklan

Kategori:Berita Utama, Universitas

Tagged as: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.