Hiburan dan Wisata

Nama Obyek Wisata di Kabupaten Sukoharjo, Rute dan Kulinernya

Kali ini kita akan mengetengahkan obyek wisata di Sukoharjo, Soloraya Jawa Tengah.

Edisi nama obyek wisata dari Kissparry kali ini akan semakin ringkas tampilannya, dengan menampilkan obyek wisata yang paling terkenal di wilayah tersebut. Namun demikian, untuk obyek wisata yang lain yang ada di sekitarnya, akan saya sebutkan namanya saja dengan sedikit penjelasan.

Sekilas Sukoharjo

Sukoharjo termasuk dalam kelompok Soloraya atau kawasan Solo. Sebelah selatan Sukoharjo berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Gunungkidul Provinsi DI Yogyakarta. Bentuk wilayah yang memanjang ke arah selatan di sebelah barat beratasan dengan sebagian wilayah Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten.

Peta wilayah Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah (Google Maps)

Sebelah utara Sukoharjo adalah sebagian wilayah Boyolali, sebagian Kabupaten Karanganyar, dan sebagian lagi Kota Surakarta. Sedangkan sebelah timur Sukoharjo adalah Kabupaten Karanganyar dan sebagian wilayah Kabupaten Wonogiri.

Ibukota Kabupaten terletak di Kecamatan Sukoharjo, berada ditengah-tengah wilayah ini, dengan jalur lalu lintas Jalan Raya Solo – Wonogiri, sedangkan jalur lalu lintas besar ada di Kartasura, untuk jurusan Yogya – Surabaya, Semarang – Surabaya jalur tengah trans Jawa. Sukoharjo tidak dilalui jalan Tols Trans Jawa.

Wilayah yang paling strategis ada disini, tepatnya di Kartasura, merupakan segitiga emasnya Sukoharjo. Kartasura lebih ramai dibandingkan kota kabupaten yang ada disini. Disamping Kartasura terletak dekat dengan Bandara Adi Soemarmo Boyolali Solo, disini juga bertemu dan berpisahnya jalur darat ke arah Yogya, Surabaya, Semarang.

Obyek wisata, ditempat ini boleh dikatakan cukup banyak juga, namun untuk kunjungan skala menengah, sedang untuk yang skala besar kami belum pernah mendengar.

Kartasura dan Surakarta

Kata Kartasura dan Surakarta merupakan sebuah kata yang berbalikan, mungkin ada yang mengenal tetapi juga mungkin ada yang kurang mengenal. Tetapi terkait dengan ini sudah tentu keduanya ada saling berhubungan dimasa lampau.

Masa itu berarti saat kerajaan dahulu keduanya sangat berkaitan satu sama lainnya. Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan kasunanan Kartasura. Sekarang menjadi wisata budaya.

Menurut kisahnya, ketika keraton kerajaan Kartasura luluh lantak akibat perang maka penguasa saat itu membangun keraton kerajaan yang baru ke wilayah sebelah timurnya dan diberi nama Surakarta, yang kelak lebih terkenal dan populer dengan sebutan Surakarta Hadiningrat.

Namun demikian keraton Kartasura yang sekarang menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Sukoharjo ini sebagian besar wilayahnya menjadi perkampungan penduduk dan tidak lagi bagian dari keluarga kerajaan Kartasura dahulu.

Untuk wisata budaya juga tidak terkenal seperti halnya dengan Keraton Surakarta.

Solo Baru

Segera kami lengkapi.

Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.