Bahasa Seni Budaya

Fesyen (Kresek) Show Warnai Hari Kartini di RW.IX Tegalsari Kota Semarang

Ini bukan fesyen biasa, busana yang digunakan untuk peragaan busana atau fesyen show terbuat sampah plastik atau barang bekas. Kantong plastik orang Jawa menyebutnya tas kresek.

Sembilan kontingen mewakili Kelompok PKK RT di wilayah RW.09 Kelurahan Tegalsari Kecamatan Candisari Kota Semarang, ambil bagian pada fesyen show atau peragaan busana pada Peringatan Hari Kartini Kelompok PKK RW.IX Kelurahan Tegalsari. Kreativitas busana dari plastik bekas ikut memengaruhi Fesyen Show kali ini.

Fesyen show 2019 Hari Kartini PKK RW.IX Kelurahan Tegalsari Kecamatan Candisari Kota Semarang, salah satu penampilan peserta Nomor Undi 08 (21/4)

Peserta dengan nomor dada 08 menjadi cover penampil di blog ini, Ia tercatan membubuhkan nilai yang cukup tinggi hingga menempati peringkat kedua atau Juara II pada Fesyen Show kali ini.

Fesyen dari Plastik Bekas

Fesyen atau busana yang dikenakan pada Fesyen Show atau Peragaan Busana di salah satu acara peringatan Hari Kartini 2019 kali ini terbuat dari plastik bekas atau tas kresek, boleh berbagai model plastik atau turunan dari plastik, atau kategori sampah lainnya.

Contoh nomor dada 08 ini, fesyen yang digunakan terbuat dari plastik bekas ditata rapi beraneka warna, sedangkan mahkota yang dikenakan juga dari bahan plastik atau sejenisnya. Yang paling unik pada mahkota ini adalah wakul (bakul) plastik sebagai topinya dengan lapisan dalam karet agak tebal.

Bunga-bunga dirangkai dari tas kresek yang sudah terpakai sebelumnya, tetapi yang masih bersih, tentunya. Tas kresek bekas bungkus ikan basah atau cemilan gorengan, mungkin dihindari untuk digunakan.

Pernak pernik di mahkota dari bekas bungkus kopi atau jajanan anak-anak diambil yang alumunium foil, gemerlapan.

Penampilan Peserta

Penampilan peserta lainnya pada Fesyen Show Peringatan Hari Kartini Kelompok PKK RW.09 Tegalsari Kota Semarang, yang lainnya seperti dibawah ini.

Peserta Nomor Dada 01

Nomor peserta dengan urut 01 atau nomor dada 01, memanfaatkan bekas bungkus mie instan disambung-sambung dengan menjahitnya.

Fesyen Kresek Show Nomor 01 (belakang 02)pada Peringatan Hari Kartini Tahun 2019 RW.IX Tegalsari Kota Semarang

Mereka membuat pakaian long dress atau pakaian tidur juga pakaian santai.

Peserta Nomor Dada 02

Nomor data 02 seperti Putri Duyung dan satunya lagi seperti Cinderela, membuat dua model yang berbeda.

Fesyen Kresek Show Nomor 02 (tampil dengan dua disain) pada Peringatan Hari Kartini Tahun 2019 RW.IX Tegalsari Kota Semarang
Peragaan busana bahan bekas plastik kresek dan barang bekas lainnya (2019)

Peserta Nomor Dada 03

Fesyen Kresek Show Nomor 03 pada Peringatan Hari Kartini Tahun 2019 RW.IX Tegalsari Kota Semarang

Peserta Nomor Dada 04

Fesyen Kresek Show Nomor 04 pada Peringatan Hari Kartini Tahun 2019 RW.IX Tegalsari Kota Semarang

Peserta Nomor Dada 05

Fesyen Kresek Show Nomor 05 pada Peringatan Hari Kartini Tahun 2019 RW.IX Tegalsari Kota Semarang

Peserta Nomor Dada 06

Fesyen Kresek Show Nomor 06 pada Peringatan Hari Kartini Tahun 2019 RW.IX Tegalsari Kota Semarang

Peserta Nomor Dada 07

Nomor peserta 07 membuat penampilan yang berbeda dengan yang lain, fesyen terbuat dari bungkus Kopi Kapal Api.

Fesyen Kresek Show Nomor 07 pada Peringatan Hari Kartini Tahun 2019 RW.IX Tegalsari Kota Semarang

Peserta Nomor Dada 08

Peserta dengan nomor dada 08 sedikit unik, satu-satunya peserta tampil dengan mahkota, dengan wakul atau bakul sebagai salah satu bahan untuk membuat mahkota tersebut.

Bungkus makanan ringan juga ikut menghiasi mahkota yang dikenakan, dan bunga-bunga dirangkai dari tas kresek bekas. Kissparry tahu karena sebagian bahan diambilkan dari bekas tas kresek yang ada dirumah Kissparry Semarang. Bersoleknya pun juga di rumah Kissparry.

Fesyen Kresek Show Nomor 08 pada Peringatan Hari Kartini Tahun 2019 RW.IX Tegalsari Kota Semarang (21/4)

Peserta ini satu RT dengan Kissparry tinggal, bahkan setelah gambar di kirim ke Batam, ada usulan untuk menambah sayap, tetapi waktunya sudah tidak tersedia untuk menambah kreasi. Jadi seolah burung akan terbang tinggi.

Fesyen Kresek Show Nomor Dada 08, komentator menjelaskan detil bahan yang digunakan
Ceria dan paling heboh (2019)

Pemeran yang meragakan fesyen ini juga sangat pas dan terlihat paling ceria dan paling heboh, karena selepas tampil bahkan sebelum tampil sudah banyak yang mengajak foto bersama. Kissparry juga sempat mencuri mengambil gambarnya saat Ia berpose dengan para pengunjung.

Fesyen Kresek Show, peserta dengan Nomor Dada 08 (2019)

Peserta Nomor Dada 09

Perpaduan warna sangat serasi untuk peserta nomor dada 09, kunci utama fesyen ini memanfaatkan karung bawang untuk menambah fesyen ini terlihat elegan dan berkelas.

Fesyen Kresek Show Nomor 09 pada Peringatan Hari Kartini Tahun 2019 RW.IX Tegalsari Kota Semarang

Jalannya juga tampak anggun, sesuai dengan kostum yang Ia kenakan. Bahan yang dipakai untuk kreasi fesyen juga sangat beragam dan lengkap.

Salah satu peserta Fesyen Sow pada Peringatan Hari Kartini di RW.IX Tegalsari Kota Semarang (21/4), tampil perpaduan warna yang apik berbahan barang bekas (limbah plastik) 2019

Juri Lomba

Juri berjumlah tiga orang berasal dari kalangan tokoh masyarakat di Kelurahan Tegalsari, diantaranya Ketua Kelompok Penggerak PKK Kelurahan Tegalsari. Juri sengaja mengambil dari luar RW.IX Tegalsari agar dalam penilaian benar-benar obyektif.

Tamu sebagai Dewan Juri Fesyen (Kresek) Show 2019

Adapun yang dinilai pada Fesyek Kresek Show Hari Kartini tahun 2019, meliputi Penampilan atau keluwesan peragawatinya, Kreativitas Busana atau pernak pernik barang bekas utamanya dari plastik bekas, dan kerajinan atau penataan bahan.

Para Jawara

Dewan Juri menetapkan para jawara lomba Fesyen (Kresek) Show dalam rangka Peringatan Hari Kartini Tahun 2019 tingkat RW.IX Kel. Tegalsari Kec. Candisari Kota Semarang.

Ketua Dewan Juri mengatakan, bahwa fesyen yang dikenakan para peraga bagus-bagus, meskipun dari bahan barang bekas terutama plastik bekas, baik berupa tas kresek ataupun bekas bungkus makanan dan minuman, berbahan alumunium foil, akan tetapi dari yang baik tersebut harus dinilai untuk menetapkan yang paling baik.

Dalam menilai juri menyampaikan bahwa mereka hanya tahu nomor dada atau nomor peserta dan tidak tahu berasal dari RT mana, sesuai formulir yang disampaikan padanya, hanya berisi nomor peserta.

Akhirnya dewan juri yang berjumlah 3 orang tersebut menetapkan sang jawara Fesyen (Kresek) Show Hari Kartini 2019 di RW.IX Kelurahan Tegalsari. Juara 1 mereka mengenakan nomor dada 09, Juara 2 mereka mengenakan nomor dada 08, dan Juara ke-3 mereka mengenakan nomor dada 02.

Para Jawara Fesyen Show (menerima hadiah) pada Peringatan Hari Kartini PKK RW.IX Kelurahan Tegalsari Kecamatan Candisari Kota Semarang (21/4/2019) di Lapangan Posyandu RT04/RT05 RW.IX

Juri juga berkeyakinan bahwa penilaian obyektif dan semoga sesuai dengan ketentuan panitia terkait keluwesan, kreativitas busana, dan kerajinan. Bahkan peserta nomor dada 08 yang menyabet juara ke-2 disebutnya kecil-kecil cabe rawit dengan multi talenta.

Foto Bareng Tanpa Konfirmasi

Sesaat setelah turun dari panggung, peserta nomor 08 banyak yang minta foto bersama.

Peserta nomor dada 08 foto bareng, sesaat setelah tampil dan turun dari panggung (21/4), Kissparry ambil gambar tanpa konfirmasi, tetapi ada 2 orang yang tahu kalau Kissparry mengambil gambarnya.

Selamat Merayakan Hari Kartini 21 April 2019, tahun ke 140.

Salam, semoga bermanfaat

oleh Indarsih Weanind
editor Kissparry dan Eswedewea

Iklan

1 reply »

  1. Para disainer dan konseptornya dari fesyen ini bila ingin berkomentar silakan, guna menambahkan penjelasan dari fesyen yang dilombakan. Boleh japri ke nomor penulis.
    Suwun.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.