Galeri Kenangan

Peringatan Hari Kartini PKK RW.IX Tegalsari, Menyongsong Era Industri 4.0 Berbasis Ekonomi Digital

Tema Hari Kartini kali ini adalah Dengan Semangat Kartini Kita Songsong Era Industri 4.0 Berbasis Ekonomi Digital, sudah pas, sejalan dengan era sekarang.

Peringatan Hari Kartini rutin diselenggarakan oleh PKK RW.IX Keluarahan Tegalsari setiap tahun, seperti halnya disampaikan oleh Ibu Anis selaku ketua panitia pelaksana peringatan hari ini, juga disampaikan oleh Ketua PKK RW.IX Tegalsari, bahkan sudah puluhan tahun yang lalu secara rutin menyelenggarakannya.

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dan Mengheningkan Cipta

Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya mengawali acara peringatan Hari Kartini, yang kebetulan bertepatan dengan tanggal 21 April, saat ini 2019, artinya 140 tahun silam RA. Kartini lahir.

Setelah lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam perjuangan.

Koor Dawis Kenanga Diiringi Musik Tradisional Klotekan

Klotekan adalah salah satu musik tradisional zaman dahulu, dimainkan saat bulan purnama atau bulan bersinar terang, alat ini terdiri dari bahan bahan bekas, dan kentongan aneka suara. Klotekan ada yang menyebutnya Tong-tong Klek, karena ada tong-tong atau bumbung yang ditabuh.

Koor Ibu-ibu Dawis Kenanga RW.IX Kelurahan Tegalsari, diiringi musik Klotekan (Tong-tong Klek)

Empat lagu dibawakan oleh koor Dawis ini, ada lagu yang orisinil dan lagu gubahan, pertama Lagu Ibu Kita Kartini (tanpa iringan musik klotekan, karena ini lagu wajib, agar lebih khidmat), kemudian Lagu Mlaku-mlaku Nang RW Songo (gubahan dari lagu Rek Ayo Rek/ Mlaku-mlaku Nang Tunjungan), lagu ini sudah diiringi musik klotekan (tong-tong klek).

Musin tradisional Klotekan atau Tong-tong Klek mengiringi Koor Ibu Dawis pada Peringatan Hari Kartini 2019 di RW.IX Tegalsari Kota Semarang (21/4/2019)

Tim Klotekan atau Tong-tong klek ini lengkap, ada ibu dan bapak, juga tua dan muda, dengan pakaian adat Yogya/Solo tim klotean yang dipimpin Sutarno dan aransemen Ki Sardi, sangat apik mengiringi nyanyian koor tersebut.

Lagu selanjutnya adalah Tresno Kalih (gubahan) dan lagu terakhir lagu Gambang Suling. Joget lenggak-lenggok membuat suasana semakin meriah, karena para penonton banyak yang menirukan gayanya dan bernyanyi serta bertepuk tangan.

Klotekan – Tong-tongklek mengiringi Koor Dawis PKK RW.IX Tegalsari pada Peringatan Hari Kartini 21/4/2019

Laporan Panitia dan Sambutan

Ketua Panitia, ibu Anis Arman menyampaikan terima kasih kepada semua hadirin dan seluruh warga yang yang telah mendukung acara ini, bahkan Ia mengatakan sempat grogi, karena antusiasnya peserta dan dukungan dari berbagai pihak, terutama dari Kelurahan dan tamu hadirin yang berkenan rawuh.

Panitia kegiatan dari seluruh Dasa Wisma Kenanga 1 sd Kenanga 29, dan kebetulan saya ditunjuk menjadi ketua, paparnya. Yang hadir juga lengkap mulai dari PAUD sampai lansia, dan semua akan tampil di panggung.

Tamu Undangan pada Peringatan Hari Kartini 2019, duduk di tengah Lurah Tegalsari, baju batik Ketua RW.IX Tegalsari, mengapit Dosen Unika Soegijapranata yang sedang membimbing KKN (21/4/2019)

Lebih menarik lagi, kali ini dilombakan fesyen atau pakaian dari barang-barang bekas terutama berbahan plastik, dalam bentuk fesyen sho atau peragaan busana, sehingga lenggak-lenggok peraga juga akan mendapat nilai, paparnya.

Ketua RW.IX Tegalsari, Satimin, dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas sumbangsih ibu-ibu seluruh Dawis Kenanga 01 sampai dengan Kenanga 29, karena tahun ini panitianya dari Dawis.

Ia juga mengatakan terima kasih kepada seluruh warga yang telah menyukseskan Pemilu 17 April yang lalu, dengan aman dan tertib. Ia juga berharap kedepan RW.IX semakin maju dan berkembang dan terus bergerak bersama untuk memajukan wilayah agar semakin makmur dan sejahtera.

Lurah Tegalsari, Sri Martini SSos MA, memberikan sambutan pada puncak acara Hari Kartini di RW.IX Kelurahan Tegalsari Kota Semarang (21/4)

Lain halnya dengan Lurah Tegalsari yang menyambut kegiatan ini dengan kesan yang mendalam, karena peran serta seluruh komponen RW.IX dari PAUD hingga lansia, turun gunung memeriahkan dan mensukseskan acara peringatan Hari Kartini kali ini, bahkan ucapannya sampai terbata-bata karena trenyuh dari kebersamaan seluruh warga yang ada.

Kelurahan dan saya siap memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang ada, karena RW.IX merupakan RW yang memiliki alat kelengkapan kegiatan yang sangat lengkap dibandingkan dengan RW lainnya, tentunya sesuai dengan prosedur yang ada, ungkapnya.

Fesyen Show (Peragaan Busana)

Fesyen show atau peragaan busana kali ini menampilkan busana dari bahan bekas limbah terutama sampah plastik, bukan hanya lenggak-lenggok atau keluwesan saja yang dinilai oleh Juri lomba, tetapi juga kreativitas busana dan kerajinan.

Salah satu peserta Fesyen Sow pada Peringatan Hari Kartini di RW.IX Tegalsari Kota Semarang (21/4), tampil perpaduan warna yang apik berbahan barang bekas (limbah plastik) 2019

Tampil mengikuti peragaan busana diwajibkan setiap RT mengeluarkan satu model, minimal, tetapi ada yang menampilkan dua model.

Fesyen sow 2019 Hari Kartini PKK RW.IX Kelurahan Tegalsari Kecamatan Candisari Kota Semarang, salah satu penampilan peserta Nomor Undi 08 (21/4)

Menurut Juri, para peserta tampil menawan dengan kreativitas yang beragam dan semuanya baik, bagus-bagus, namun Juri harus menetapkan yang paling baik diantara yang baik dan bagus tersebut.

Keluar sebagai pemenang yaitu nomor undi 9, kemudian nomor undi 8 dan nomor undi 2.

Para Jawara Fesyen Show (menerima hadiah) pada Peringatan Hari Kartini PKK RW.IX Kelurahan Tegalsari Kecamatan Candisari Kota Semarang (21/4/2019) di Lapangan Posyandu RT04/RT05 RW.IX

Hiburan dan Pembagian Doorprize

Terkadang hiburan dan pembagian doorprize merupakan hal yang paling dinantikan, jadi, acara Fesyen Show dan hiburan-hiburan tersebut, pada acara Peringatan Hari Kartini, oleh Kelompok PKK RW.IX Kelurahan Tegalsari Kecamatan Candisari Kota Semarang (21/4/2019) ditempatkan setelah acara seremonial selesai yang ditandai dengan pembacaan doa.

Biasanya penonton atau pengunjung sudah mulai mendekat ke panggung pada saat-saat acara seperti ini.

Tari Semarang Hebat

Tarian Semarang Hebat sedang di promosikan oleh Pemkota Semarang, kali ini tarian tersebut tampil pertama pada hiburan dalam Hari Kartini, di Lapangan Posyandu RW.IX tersebut yang letaknya diantara RT04 dan RT05, dekat sinilah markas kissparry.com (Google Maps. Kissparry Semarang atau Wea Prima Semarang) berada.

Salah satu adegan pada Tari Semarang Hebat, pada acara Peringatan Hari Kartini PKK RW.IX Tegalsari (21/4)

Tari ini diperankan oleh ananda Kuril, mewakili dari kelompok Remaja, yang menurut informasinya juga akan tampil pada perhelatan promosi Tari Semarang Hebat pada acara Hari Ulang Tahun Kota Semarang mendatang.

Video tarian ini akan kami tayangkan di laman blog ini.

Gerak Lagu Anak Pos PAUD Kenanga

Dengan gaya khas anak-anak, mereka dari POS PAUD Kenanga IX yang bermarkas di Gedung POS PAUD Kenanga yang bersebelahan dan atau menjadi satu dengan Balai POSYANDU RW.IX.

Penampilan tarian oleh POS PAUD Kenanga IX Kelurahan Tegalsari Kota Semarang 2019 pada Hari kartini (21/4)

Tari Lilin

Tari Lilin dibawakan oleh ananda Cha-cha dan Khansa, disampaikan oleh pewara jika penampilan kedua anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar ini merupakan alumni Pos PAUD Kenanga RW.IX Kelurahan Tegalsari.

Persembahan Tari Lilin oleh Ananda Khansa dan Cha-cha (Tiara), alumni POS PAUD KENANGA IX pada Peringatan Hari Kartini 2019 (21/4) PKK RW.IX Kel Tegalsari Kota Semarang

Tari Yapong

Tari Yapong dibawakan oleh ananda NANDA, yang mewakili kelompok remaja.

Tari Yapong oleh Nanda pada Peringatan Hari Kartini (21/4) PKK RW.IX Kel Tegalsari Kota Semarang

Senam Lansia

Para lansia tidak mau ketinggalan dengan yang remaja atau pun anak-anak tampil pada acara Peringatan Hari Kartini tahun 2019 oleh Kelompok PKK RW.IX Kelurahan Tegalsari, yang kepanitiaannya untuk kali ini dilaksanakan oleh Dasa Wisma (Dawis) Kenanga 1 sampai dengan Dawis Kenanga 29.

Mereka tampil dengan 2 tarian senam lansia, yang dikomandani oleh Ibu Ketua PKK RT.09 RW.IX Tegalsari (Ibu Kuwat Mudjono). Tampil dengan kebaya moderen, yang biasanya dengan pakaian senam lansia itu.

Senam Lansia pada Peringatan Hari Kartini PKK RW.IX Tegalsari Kota Semarang (21/4)

Aksi Panitia

Diakhir acara panitia beraksi diatas panggung dengan foto bersama dan tampil dengan gerak dan lagu.

Panitia Peringatan Hari Kartini 2019 RW.IX Tegalsari
Panitia Peringatan Hari Kartini tahun 2019 beraksi diatas panggung (21/4)

Untuk gerak lagu sedang kami siapkan dalam bentuk Video dapat disaksikan di You Tube klik disini alamat https://youtu.be/C0-gRwJAxFY

Salam dan selamat merayakan Hari Kartini.

oleh Eswede Weanind
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.