Fasilitas Umum (Fasum) di Kota Semarang

Semarang sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah tentu memiliki keunggulan dibandingkan kota yang lain dalam provinsi ini, utamanya adalah fasilitas umum yang disingkat Fasum.

Apa saja fasilitas umum yang ada di Kota Lumpia ini? Mungkin hampir sama dengan kota-kota besar lainnya. Ada taman-taman yang cantik untuk bermain, tersedia Wifi gratis diberbagai sudut kota, angkutan masal seperti bus rapit transit (BRT) atau bus umum, feeder, lapangan olahraga, lapangan, bandar udara, pelabuhan, dan beberapa fasilitas lainnya.

Kalau bandar udara (bandara) mungkin berbayar, tetapi kalau kita ke anjungan maka gratis kecuali membayar uang parkir bandara.

Termasuk BRT ya membayar tapi murah Rp 3.500,- bisa keliling kota, tetapi kalau ingin cepat-cepat ke suatu tujuan tentu menyesuaikan keadaan atau situasi.

Fasilitas Umum Kota Semarang, Taman Indonesia Kaya, di dekat Simpang Lima, 2019

A. Taman Bermain Free WiFi

Setidaknya hampir setiap lokasi di kecamatan terdapat taman-taman kota yang dilengkapi dengan fasilitas bermain anak dan free Wifi. Ada dimana saja taman-taman ini.

1. Taman Indonesia Kaya

Taman Indonesia Kaya juga dikenal dengan nama Taman KB, terletak di depan SMA Negeri 1 Semarang

2. Taman Sampangan (eks. Pasar Sampangan)

Bekas pasar Sampangan yang terletak diperempatan ini disulap menjadi taman untuk bermain, dan disini tersedia Wifi gratis.

3. Taman Gajahmungkur

Taman ini berada di depan kantor Kecamatan Gajahmungkur (seberang jalan) atau berada sebelum Puri Gedeh (Rumah Dinas Gubernur Jawa Tengah).

Taman ini cukup luas terdiri dari 2 (dua) bagian, utara dan selatan. Untuk bagian utara hanya taman sedangkan yang bagian selatan terdapat lapangan yang biasanya untuk senam atau kegiatan lainnya.

Wifi gratis tersedia disini

4. Taman Tugu Muda

Taman ini tidak lain adalah Tugu Muda sendiri, yang dikelilingi oleh taman yang ditata rapi dengan pedestarian yang cukup untuk menjangkau tugunya.

Di kawasan ini juga tersedia Wifi gratis, namun hanya saja karena taman merupakan kawasan ramai lalu lintas kendaraan semua jenis kecuali truk, diharapkan pengunjung waspada dan berhati-hati.

5. Taman Srigunting (Kota Lama)

6. Taman Pandanaran (eks. POM Bensin)

7. Taman Diponegoro (depan Rumdin Pangdam IV) Tegalsari

8. Taman Wilis (belakang RS Elisabeth) Tegalsari

9. Taman Singosari, Pleburan

10. Taman Tabanas (Gombel)

11. Taman Pleret (Banjir Kanal Barat)

B. Lapangan Pancasila Simpang Lima (Taman)

Meskipun bukan titik Nol kilometer, Simpang Lima merupakan jantungnya Kota Semarang. Tempat ini setiap hari Minggu merupakan bagian dari Car Free Day.

C. Jembatan Air Mancur Menari

Air mancur menari ini berada di sisi jembatan Banjir Kanal Barat. Pertunjukan air mancur menari setiap malam Minggu dan malam Sabtu, sekitar pukul 19.00 hingga pukul 20.00.

D. Bus Rapit Transit (BRT) dan Feeder

1. Trans Semarang

Angkutan masal bus ini merupakan fasilitas umum yang ada di Kota Semarang, berbayar. Rute BRT beberapa jalur (koridor).

BRT Semarang, juga melalui obyek-obyek vital seperti Bandar Udara Internasional Ahmad Yani, Stasiun Tawang, Simpang Lima, Tugu Muda, Kota Lama dan terminal.

2. Trans Jateng

Angkutan masal bus ini merupakan fasilitas umum yang ada di Kota Semarang, berbayar murah, dengan rute hingga terminal Bawen.

3. Feeder

Angkutan ini lebih kecil dan lebih ramping sehingga lebih lincah, dan angkutan ini bisa dikatakan angkutan penghubung tetapi yang kami tau bayar sendiri, dan murah.

Satu tiket bisa untuk pulang pergi selama tiket tidak hilang.

E. New Bandar Udara Internasional Ahmad Yani

Lokasinya berada di kawasan Puri Anjasmoro wilayah Semarang Barat

F. Pelabuhan Laut Tanjung Mas

G. Bus City Tour Si Kenang

Moda transportasi wisata ini disediakan gratis oleh Pemkot Semarang, merupakan bus tingkat yang beroperasi keliling kota antar tempat wisata di Semarang

H. Moda Interkoneksi Pusat Belanja

Moda transportasi ini disediakan secara gratis oleh Pemkot Semarang. Ini hampir sama dengan Feeder tetapi ini Gratis!

I. Embung Taman Bermain

J. Stasiun Kereta Api

Stasiun kereta api ada 2 (dua) tempat, yaitu Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang. Kereta api bisnis dan ekonomi kebanyakan berangkat dari Poncol sedangkan kereta eksekutif berangkat dari Tawang.

K. Terminal Bus

Terminal Penggaron, Terminal Mangkang, dan Terminal Terboyo.

Sekian, sambil kami lengkapi informasinya.

oleh Indarsih Weanind
editor Eswede Wea

2 thoughts on “Fasilitas Umum (Fasum) di Kota Semarang


  1. Ass. Wrwb. Mo tny cara bayar pendftran calon mahasiswa baru jalur mandiri via ebanking gmna ya mhn petunjuk mksih


    1. Maaf kami membalaskan pertanyaan ini.
      Untuk SM-UNNES itu menggunakan bank BNI, karena modelnya H2H (host2host) maka dari bank lain tidak akan nyambung, sebaiknya menghubungi taman yang punya rekening BNI.

      Tetapi untuk perguruan tinggi lain yang menggunakan Bank Mandiri, pilihlah menu pembayaran, biaya kuliah/pendaftaran, dan bayarlah sesuai nominal pada PIN yang diberikan saat mendaftar.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca