Mahasiswa Generasi Tumpuan Harapan, Kabar dari Kalbar

Kabar dari DPD (Dewan Pengurus Daerah) PATRI Kalbar (Provinsi Kalimantan Barat ini penayangannya beriringan dengan penerimaan mahasiswa baru tahun ini.

Kabar PATRI KALBAR:

Tugu Khatulistiwa, ikon Kota Pontianak, yang harus di kunjungi saat di Pontianak Kalimantan Barat

GENERASI TUMPUAN HARAPAN

Saya merasa terharu membaca kabar dari DPD PATRI KALBAR. Ada 116 mahasiswa baru yang ikut latihan Kaderisasi di Fisip Untan Pontianak. Sebagian besar anak Transmigran. Acara dilanjutkan prosesi penerimaan calon penghuni asrama Mahasiswa Anak Transmigran Kalbar.

Segera saya mengusulkan kepada Ketua PATRI KALBAR, agar mahasiswa baru itu diberikan materi tentang Kepatrian dan Ketransmigrasian. Ini sangat penting. Karena mereka adalah generasi terdidik calon penerus organisasi. Sehingga perlu mengetahui jati diri sebagai anak Transmigran, penguat fondasi keluarga besar PATRI dimasa depan.

Di provinsi lain, yang ada di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua saya yakin banyak anak Transmigran yang jadi mahasiswa baru tahun ini. Saya berharap ada pengurus DPD PATRI yang mendata dan merangkul anak-anak harapan masa depan bangsa itu.

Misalnya, dari DPD memberi pembekalan tentang PATRI dan Transmigrasi. Selain itu pengurus atau kader PATRI yang berasal dari TNI memberikan materi Bela Negara. Dari POLRI tentang AGHT Kamtibmas, yang dari legislatif tentang wawasan politik, yang jurnalis tentang teknik penulisan, dan lainnya. Dengan cara ini hubungan psikohistoris antar generasi anak Transmigran tidak terputus.

Dimasa depan, dengan kondisi IPTEK dan tata pergaulan yang kian kompleks dan bebas seperti sekarang, kita terancam kesulitan mencari kader calon pemimpin berintegritas, bermoral, dan berwawasan kebangsaan.

Harapan terbesar hanya kepada anak-anak bangsa yang berasal dari pinggiran itu. Siapa lagi kalau bukan anak Transmigran? Anak-anak kita juga.

Mari mulai.


Kontributor : @hasprabu KoDe, 16.09.18
Diunggah : LikKasjo
Editor : Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca