Tahu Kemul ala Desa Tawangsari Teras Kabupaten Boyolali

Ketika saya bakdan (lebaran) berhari raya Idul Fitri di desaku dahulu, ada hidangan Tahu Kemul, sehingga kami sebut Tahu Kemul Ala Teras Boyolali.

Tahu Kemul mungkin kita bisa dapati dimana-mana, tetapi Tahu Kemul yang satu ini berasal dari Dukuh Ngemplak Desa Tawangsari Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali, oleh karena kami sebut Tahu Kemul Ala Desa Tawangsari Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali, dan penyebutan ini hanya memudahkan saja, karena menurut informasi pembuatnya tahu ini dipasarkan di Rest Area Tol Salatiga – Solo, terutama saat mudik lebaran tahun ini.

Tahu Kemul Ala Teras Boyolali

Mungkin warung penjual di rest area jalan tol itu kurang pasokan sehingga menerima dari beberapa pedagang yang lain disekitarnya.

Siapa pembuat tahu kemul ini, ia adalah budhe saya di Dukuh Ngemplak Desa Tawangsari, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali.

“Mbah (saya membahasakan anak memanggil) ini harga di rest area jalan tol berapa”, saya mencoba bertanya. Dia menjawab “Emboh aku ora ngerti…, pokoke deweke (warung) butuh pira aku setor wae, sebab deweke yo gawe tapi ora conggah”.

Modelnya setor ke warung di rest area tol tersebut, kemudian saat setor berikutnya menghitung setoran terkini, kalau habis semua akan dibayar sejumlah barang dagangannya kalau ada sisa akan dikembalikan. Kalau bahasa ekonomi “konsinyasi”.

“Alhamdulillah, entek terus”, katanya. Saya sehari bisa setor beberapa kali, dan pas mudik lebaran ini ramai banget.

Apa itu Tahu Kemul?

Kita tahu kan makanan Tahu? Wah kalau belum tahu, ya saya kasih tahu dulu, apa itu TAHU.

TAHU itu terbuat dari sari kacang kedelai hijau yang dipadatkan melalui proses penggilingan, kacang kedelai cair itu lalu masak dan airnya disaring menggunakan kain kasa atau kain lembut, kemudian airnya hasil saringan didinginkan pada wadah cetakan, maka kemudian menggumpal menjadi TAHU, dipotong-potong.

Sisa dari kacang kedelai cair itu menjadi ampas tahu, biasanya dibuat makanan jenis lainnya.

Sedangkan TAHU KEMUL itu bahannya dari TAHU PUTIH kotak dipotong menjadi dua bagian segi tiga, dimasukkan kedalam bumbu, sementara untuk KEMULnya atau selimut dari TAHU adalah adonan tepung terigu ditambah bumbu-bumbu rempah dan garam, gula pasir secukupnya.

TAHU dimasukkan adonan TEPUNG kemudian digoreng, maka jadilah TAHU KEMUL.

Sekian

Salam Kissparry

oleh Eswede Weanind
editor Kissparry

3 thoughts on “Tahu Kemul ala Desa Tawangsari Teras Kabupaten Boyolali


    1. bubur lemu, sambel tumpang (Sunggingan) dekat Soto Mbok Giyem, marning, jadah bakar, tahu kemul, mentho (lentho) itu makanan yang biasanya jujugan saat pulkam

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca