Berita Utama

Rela Antri untuk Mendapat Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Umum

Jika kita akan menggunakan pelayanan publik tentu akan dihadapkan dengan prosedur yang ada dan yang jelas akan antri.

Ada beberapa Pelayanan Publik yang memang benar-benar harus berdiri mengantri, tetapi ada yang sudah menggunakan nomor antrian, baik secara on line maupun off line.

RSUD Dr. Mohammad Hoesin Palembang

RSUD Dr. Mohammad Hoesain Palembang sudah menerapkan antrian secara on line dan off line.

Pengalaman KissParry Palembang ketika akan berobat pada Klinik Rawat Jalan pada RSUD ini harus meluangkan waktu mengambil nomor antrian. Beberapa hari yang lalu mendapat informasi dari kawan, bahwa keponakannya ketika akan berobat berangkat dari rumahnya pukul 04.00 waktu setempat.

Benar juga pada Kamis 4 Juli KissParry pun juga mencoba tiba di RSUD pukul 04.30, ternyata didepan pintu sudah berjajar calon pasien poliklinik lumayan banyak.

KissParry penasaran bertanya dengan pasien yang menunggu mengambil nomor antrian, “sekarang hari kamis jadi tidak terlalu rame, tapi jika hari senin jam segini sudah penuh yang menunggu ambil antrian”.

Tidak dapat dipungkiri RSUD Dr. Mohammad Hoesin Palembang merupakan RSU rujukan nasional. Ada pasien dari Propinsi Bengkulu, Lampung yang KissParry jumpai di klinik.

Menyikapi banyaknya calon pasien yang mengantri petugas rumah sakit memberi kesempatan dan membantu mengambil nomor antrian lebih awal yakni pada pukul 05.30 Wib.

RS Roemani Muhammadiyah Semarang

Berbeda kabar dari Kissparry Semarang, disalah satu rumah sakit swasta di Semarang itu telah menerapkan aplikasi full online sejak pertengahan Mei 2019 ini, meskipun offline juga dilayani. Rumah Sakit itu adalah Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang yang terletak di Jl Wonodri Kota Semarang.

Begitu pasien mendaftar daring (online) melalui website atau aplikasi RS tersebut dengan cara menentukan dokter, dan hari juga jam praktiknya, secara daring pula menunggu beberapa menit akan mendapatkan kabar.

Pengalaman yang pernah didapatkan “Dokter yang diinginkan sedang cuti”, dua kali dapat informasi cuti, Rabu dan Jumat, pendaftaran sebelumnya terlalu pagi masih tutup.

Kemudian mencari jadwal yang lain dengan dokter yang lain, dan memperoleh nomor antrian.

Bisa dibayangkan sudah jauh-jauh datang ternyata dokternya cuti, maka dengan layanan daring ini akan memudahkan pasien dan tidak perlu ngatre panjang.

Ketika antrean sudah penuh, maka juga akan dikabari, maaf antrian telah penuh silakan ganti hari… seperti itu, karena pasian BPJS dibatasi, dan apabila penuh seperti ini maka jika kondisi pasien termasuk perlu mendapatkan pelayanan medis, maka di RS Roemani caranya datang langsung untuk mengantri offline dengan cara bertanya kepada dokternya apakah masih bisa melayani pasien fulan, dan pengalaman temannya Kissparry Semarang bisa seperti itu.

Saat berkunjung ke rumah sakit, kita tinggal memperkirakan waktu tunggu dan mulainya jam praktik, dengan catatan dokter tidak datang terlambat. Kadang dokter datang terlambat karena memang kemungkinan ada urusan yang lebih penting, misalnya ada pasien gawat darurat atau sedang melakukan operasi bedah.

Poliklinik Pasien BPJS

Kategori ini (pasien BPJS) harus lebih sabar, sampai dengan antri nomor resep obat dan antri di apotik.

Untuk mengatasi antrian yang terakhir kita bisa memanfaatkan waktu diantara antrian itu untuk kegiatan yang lain, misalnya jalan-jalan, sholat, makan, dan lainnya, bahkan kemarin antrian sambil mengantri bisa potong rambut, makan dan shalat.

Jadi, kalau sudah menerapkan daring (online) maka sebaiknya memanfaatkan fasilitas tersebut.

Sekian semoga bermanfaat.

oleh LikKasjo
editor Kissparry Wea

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.