Sate Kambing – Sate Ayam Makanan Khas Indonesia yang Terkenal

Sate, masyarakat Indonesia dapat dikatakan sudah tidak asing dengan nama makanan sate, baik itu sate ayam ataupun sate kambing.

Sate ayam yang paling sering kita dengar dan terkenal adalah Sate Madura, ini adalah sate ayam, seperti halnya Mie Ayam yang terkenal dahulu adalah Mie Ayam Jakarta. Namun, yang pasti sate saat ini disekitar kita hanya menyebutnya sate ayam, atau mie ayam saja.

Sate Ayam

Sate ayam (Kissparry Wea)

Sate ayam terbuat dari daging ayam yang dipotong-potong kecil kemudian potongan daging itu dirangkai pada lidi atau bambu yang dibuat seperti lidi, setelah itu ditaburi bumbu secukupnya (termasuk di beri kecap), selanjutnya dipanggang diatas bara api dari arang (Jawa: mowo) hingga masak.

Arang yang membara ditempatkan dalam suatu wadah untuk mendapatkan panas yang stabil, bila perlu dikipas-kipas dengan kipas yang khas yaitu kipas sate bambu.

Sambal kacang tanah (teman sate ayam)

Tambahan bumbu sate ayam adalah sambal kacang tanah, irisan cabai merah/hijau, dan irisan bawang merah (brambang).

Sate Kambing

Sate kambing hampir sama dengan sate ayam, bedanya terbuat dari irisan daging kambing. Perbedaan yang lain adalah yang untuk merangkai bukan dengan lidi tetapi bambu yang dibuat sedemikian rupa seperti lidi yang agak besar.

Sate kambing spesial

Cara memanggang sate kambing sama seperti sate ayam, tetapi kipas yang digunakan biasanya kipas elektronik bukan kipas yang terbuat dari bambu, meskipun mungkin juga kipas keduanya dipakai.

Sate kambing di Semarang yang terkenal adalah Sate Kambing (muda) Widodo di Sampangan Gajahmungkur dekat Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) atau Universitas Negeri Semarang (UNNES) kampus Pegandan.

Sambal kecap pedas, temannya makan sate kambing (untuk sate ayam juga oke)

Adapun sate yang sedang kami santap ini, pesanan yang diantar, bukan dari khusus penjual sate, tetapi salah satu dari warung / cafe yang ada Kampus UNNES Sekaran Gunungpati. Hal rasa, juga enak banget ‘nyamleng‘ bikin goyang lidah.

Baca Juga : Sarapan Soto Segeer Mbok Giyem Ungaran Semarang, Asli Boyolali Solo, juga Nikmat

Bumbu sate kambing, disamping sudah ditaburkan pada satenya masih ditambah dengan sambal kecap pedas, irisan tomat dan slada sebagai teman makan sate kambing.

Slada dan tomat teman sate kambing

Bumbu sate kambing lebih sederhana dari bumbu sate ayam, jika sate kambing bumbunya lada, kecap, bawang merah mentah, cabai iris-iris, mungkin plus jeruk nipis.

Untuk sate ayam bumbunya tidak pakai lada, seperti bumbu sate kambing, tetapi khasnya yaitu sambal kacang tanah (kacang tanah, gula, garam dibikin sambal).

Apalagi model sate ayam (Madura), bumbunya sudah standar dengan sambal kacang tanah.

Mencicipi Sate Ayam plus Sate Kambing

Sate ayam menjadi pilihan saya, ditambah 1 tusuk sate kambing, dan bumbu yang ditaburkan kecap cabai ditambah bawang merah (brambang).

Pilihan seperti ini tidak standar sate ayam, karena yang biasanya itu sate ayam dengan sambal kacang tanah dan tanpa tomat.

Memang sate walupun kesannya tidak mewah, eh sekarang mewah juga lho, tetapi masakan satu ini digemari oleh seluruh kalangan.

Sate ayam dan Sate kambing ini sepertinya hampir sama bentuknya, ini karena semata-mata pesanan, jika Anda membeli ditempat tukang sate akan mendapatkan sate ayam lebih kecil irisannya dibanding sate kambing.

Jadi kalau bikin sate ayam sendiri, potonglah yang besar-besar seperti sate kambing, biar tambah mantab digigitnya.

Ternyata, waktu hampir bersamaan, Kissparry Sekayu bikin sate sendiri, tampak gambar dibawah ini. Sepertinya memang suka bikin sate sendiri.

Bumbunya juga bikin sendiri loh!

Semoga bermanfaat, jangan lupa like ya!

Salam

Oleh Eswedewea
Editor Eswedewea

One thought on “Sate Kambing – Sate Ayam Makanan Khas Indonesia yang Terkenal

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca