Bahasa Seni Budaya

Gempita Memperingati HUT RI Ke-74 Tahun 2019 Tingkat Kampung

Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang akan jatuh 17 Agustus tahun ini diperingati dengan gegap gempita.

Seperti tahun sebelumnya, di kampung tempat tinggal saya juga meriah ikut memperingati HUT RI Ke-74 dengan berbagai kegiatan lomba tingkat RT atau Rukun Tetangga, diantaranya lomba mengisi air kedalam botol, lomba pindah ikan lele kedalam botol, pindah bendera merah putih, makan kerupuk diberi kecap, lomba pindah gelang karet dengan sedotan yang digigit.

Tahun ini acara pembukaan rangkaian kegiatan dilakukan dengan Jalan Sehat Keliling Kampung yang dilaksanakan pada Minggu 4 Agustus 2019.

Dikarenakan adanya tanggal merah libur di hari Minggu yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban maka sebagian kegiatan lomba dimajukan menjadi tanggal 28 Juli sebelum pembukaan rangkaian kegiatan dilakukan.

Jalan Sehat Keliling Kampung

Benar, ditempat kami kegiatannya memang jalan sehat meskipun santai, hal itu dikarenakan kondisi lokasi lingkungan yang naik turun gunung.


Baca Juga : Dapat Sinar Matahari Pagi Pukul 08.00, karena Tinggal di Lembah

Baca Juga : Ketep Pass, Menikmati Keindahan Alam Pegunungan, Sawangan MagelangBaca Juga :


Hari itu (4/9) hampir seluruh RT disekitar tempat tinggal kami melaksanakan kegiatan Tujuhbelasan yang diantaranya jalan santai, sehingga memang sangat meriah dan gegap gempita, dengan kondisi ini kemudian panitia mengalihkan rute yang berbeda dari rencana semula, meskipun juga masih bersimpangan di rute yang dilalui.

Hadiah atau door prize jalan sehat kali ini masih menggunakan pola sebelumnya yaitu setiap Kepala Keluarga minimal mengeluarkan satu bungkus hadiah dibungkus dengan kertas koran, jadi yang mengeluarkan lebih dari satu diperbolehkan, dengan nilai minimal Rp 10.000,-.

Seperti tahun lalu, kissparry.com juga ikut berpartisipasi memberikan hadiah/door prize. Dari 12 amplop yang disediakan hanya keluar 5 amplop sehingga sisanya dijadikan door prize lagi untuk diundi dengan dibubuhi pertanyaan dibalik kupon.

Pertanyaan yang sederhana, misalkan kapan Indonesia merdeka? saat ditanyakan kepada nenek-nenek menjawabnya juga ternyata bingung, entah grogi atau memang lupa tidak ingat, akhirnya menjawabnya dibantu oleh panitia.

Saat anak-anak seusia TK dapat pertanyaan lainnya misalkan “siapa nama lengkap Ketua RT04 yang sekarang”, mereka pun juga kurang lancar menjawabnya, hanya pak Anto, tahu nama panggilannya, oleh karena itu akhirnya panitia juga membantu menjawab.

Lomba-Lomba Meriah

Lomba dalam memperingati HUT RI Ke-74 tahun ini ada perbedaan jenisnya, yang sama dengan tahun lalu yaitu lomba makan kerupuk dan memindahkan bendera merah putih, meskipun modelnya dimodifikasi makan kerupuk diberi kecap dan memindahkan bendera tidak dari satu tempat ke tempat lainnya tetapi dari satu tempat ke tempat lain, sehingga berebut.

Lomba Memindah Ikan Lele ke Botol

Lomba Memindah Gelang Karet dengan Sedotan Digigit

Pertandingan Sepakbola Bersarung

Selain lomba juga diadakan pertandingan yang cukup seru, yaitu pertandingan sepakbola dengan memakai sarung, dengan tim ditentukan oleh panitia dan tidak memilih sendiri anggota timnya.

Satu tim terdiri atas 3 orang anggota, dan semua merupakan pemain tanpa penjaga gawang.

Lebar lapangan sesuai dengan kondisi lapangan yang ada, sedangkan lebar gawang 75 cm dan tinggi 60 cm. Tidak ada ukuran pasti sebagai patokan, hanya menyesuaikan lebar lapangan.

Masih dilanjutkan

oleh Eswede Weanind
editor Kissparry

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.