Festival

Pembinaan Kafilah FASI Kota Semarang Menghadapi FASI Provinsi, Berlangsung Hari Ini

Badan Koordinasi (Badko) TPQ Kota Semarang, menggelar acara pembinaan kafilah bagi peserta lomba FASI tingkat Provinsi Jawa Tengah hari ini bertempat di SDN Wonotingal 1 Semarang

Sekitar 58 santri TPQ Kota Semarang yang akan mengikuti lomba Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) Tingkat Provinsi Jawa Tengah mendapatkan pembinaan, bertempat di SDN Wonotingal Kec. Candisari Kota Semarang, dengan masing-masing pendamping dari asal TPQ yang tersebar di Kota Semarang, dan sebagian peserta beserta dengan orang tua mereka.

Pembinaan Kafilah FASI Kota Semarang menghadapi FASI Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2019 oleh Ustadzah Siti Fadilah, S.Ag, M.Si. di aula SDN Wonotingal Candisari Kota Semarang

Pembinaan kafilah FASI Kota Semarang 2019 berlangsung dalam tiga sesi, pertama motivasi dan pembinaan mental secara umum melalui ceramah, kedua pembinaan langsung terkait dengan bidang-bidang lomba dengan tatap muka perorang/kelompok, dan pembinaan motivasi dan kerjasama tim melalui outbound.

Motivasi dan pembinaan mental peserta FASI Kota Semarang dalam menghadapi FASI Tingkat Provinsi Jawa Tengah oleh ustadzah Siti Fadilah, S.Ag., M.Si., yang mengikuti bukan hanya peserta FASI tetapi juga para pendamping/orang tua juga mengikuti kuliah umum tersebut.

Dalam paparannya kepada para peserta dan pendamping, beliau menyampaikan diantaranya sebagai peserta harus mengikuti lomba dengan sekuat kemampuannya dan hasilnya diserahkan kepada Allah SWT, disamping itu peserta dan pendamping jangan menyalahkan juri lomba ketika telah mengambil keputusan.

Apabila lombanya berjenjang maka peserta harus mau di koreksi oleh pendamping, tetapi bila tidak berjenjang maka pembimbing cukup memberi apresiasi, evaluasi dan koreksi dilakukan waktu dan tempat yang berbeda.

Koordinasi pembimbing Kafilah FASI Kota Semarang 2019

Ditempat terpisah, para pembimbing bidang lomba mengadakan koordinasi umum berkenaan dengan pembinaan yang akan dilaksanakan. Koordinasi langsung dipimpin oleh Sekretaris Badko TPQ Kota Semarang, Dr. Bahrul Fawaid bersama dengan Ketua Kafilah FASI Kota Semarang, H. Moch. Dimyati, S.Ag.

Dalam koordinasi ditekankan, pembina agar dapat menggali seluruh potensi peserta FASI yang dapat dikembangkan dari masing-masing bidang lomba, sehingga mencapai hasil yang maksimal, dengan harapan membawa pulang banyak kemenangan.

Pembinaan terkait masing-masing bidang lomba dilaksanakan setelah pembinaan motivasi yang berlangsung dalam aula SDN Wonotingal, bertempat didalam bilik kelas yang tersedia sesuai dengan bidang lomba yang akan diikuti pada FASI Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Lomba-lomba yang bakal diikuti oleh kafilah Badko Kota Semarang pada ajang FASI Tingkat Provinsi Jawa Tengah meliputi semua sub bidang lomba yang diadakah pada FASI 2019 kali ini, yang akan berlangsung di Kota Surakarta, antara lain Tahfidz Juz ‘Amma TQA dan selengkapnya sebagai berikut.

No.Jenjang LombaKATEGORI
TKQTPQTQAPAPI
1Tartil al Quran
2Tilawah al Quran
3Adzan dan Iqomah
4Tahfdiz Juz ‘Amma
5Nasyid Islamy, 3 orangGG
6Peragaan Sholat
7Cerdas Cermat al Quran, 3 orangGG
8Mewarnai Gambar
9Menggambar
10Kaligrafi
11Ceramah Bahasa Indonesia
12Ceramah Bahasa Arab
13Ceramah Bahasa Inggris
14Pengucapan Pancasila
15Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945
16Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, 7 orangGG
17Kisah Islami

Sejumlah cabang seperti tersebut diatas untuk masing-masing bidang ditangani oleh pembina yang sesuai dengan kompetensinya, yang ditunjuk oleh panitia.

Beberapa peserta berhalangan hadir mengikuti pembinaan kali ini dikarenakan berbagai sebab diantaranya karena ada kegiatan di sekolah, kegiatan persiapan Ujian Bersama TPQ, seperti dituturkan Ketua Panitia atau Ketua Kafilah FASI Kota Semarang, H. Moch. Dimyati, S.Ag. yang juga Ketua Badko TPQ Kecamatan Candisari.

Pembinaan sesi ketiga yaitu kegiatan outbound yang berlangsung ditempat yang sama yaitu halaman SDN Wonotingal Candisari Kota Semarang.

Outbound peserta FASI Kota Semarang 2019 menghadapi FASI Provinsi Jawa Tengah

Kegiatan berlangsung sangat menarik, membuat anak-anak senang, disamping itu juga ada motivasi untuk para orang tua yang bertempat di Aula SDN Wonotingal tersebut.

Ada 4 games utama yang dimainkan dalam outbound kali ini, yaitu kereta balon, voli balon, penjinak bom, dan permainan moda transportasi darat. Disamping itu masih ada game-game yang lain sebagai pelengkapnya, termasuk bikin yel-yel.

Kereta Balon pada Outbound pembinaan Kafilah FASI Kota Semarang 2019 menuju FASI Jawa Tengah

Diakhir acara peserta outbound diberikan hadiah yang dapat dibagi bersama-sama berupa makanan ringan, dan dilanjutkan sesi foto bareng sebagai kenang-kenangan dalam rangkaian pembinaan kafilah FASI Badko TPQ Kota Semarang dalam rangka menghadapi FASI tingkat provinsi.

Foto Bareng Kafilah FASI Kota Semarang 2019 seusai outbound

FASI Tingkat Provinsi Jawa Tengah akan diselenggarakan di Kota Surakarta bulan November mendatang.

Wassalam

oleh Eswede Weanind
editor Suwarno Wardana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.