Ragam

AADT (Ada Apa Dengan Telur), Bisa Meledak

Sore itu, 19 November 2019, suhu udara di Fremont California US sedang malas bersahabat, hanya berkutat di angka 10 derajat celcius. Terpaan angin menggiringku untuk masuk ke dalam kamar 250 tepatnya di Homewood Suites By Hilton.

Selama di Negeri Paman Sam (USA) ini saya menginap di penginapan tersebut, ya Homewood Suites By Hilton, mau tidak mau tentu menyesuaikan kondisi lingkungan yang ada, dan kopi yang selalu setia menghangatkan tubuh menemani dinginnya udara di Fremont. Warga setempat mungkin sudah terbiasa dengan kondisi disini.

Kali ini saya utak atik handphone sebatas berselanjar dan bermedia sosial agar hidup lebih berwarna.

Jari ini tertuju pada suatu browser yang dipandu oleh perut memancing saya untuk segera mencari makanan dengan membayangkan enaknya makan nasi padang bersama anak dan istri tercinta, tetapi mereka di Indonesia.

Memandang kulkas sesaat dan spontan teringat ada nasi briani lengkap dengan lauknya di dalam kulkas. Otak harus terus bekerja neh….. biar makanan menjadi panas atau hangat, cukup di panaskan didalam microwave maka sudah beres, pikirku.

Sesaat sambil menyiapkan nasi briani untuk dipanaskan, kira-kira cukup 5 menit kedepan nasi sudah siap disantap, saya pun sambil menyiapkan minum susu satu gelas.

Menunggu microwave memanaskan nasi, yang biasanya microwave akan berbunyi dengan suara khusus sebagai tanda pemanasan sudah selesai, kuambil remote TV siapa tau ada acara TV atau berita yang lagi ngehits, pikirku.

Dwuuaaarrrrrrrrrrrrrrrr …………, suara ini bikin kaget..

Suara ledakanpun terjadi, sepontan saya sadar kalau saya di negeri orang. Ada apa pikirku, jangan sampai saya tidak bisa pulang ke Indonesia.

Spontan kaget kok microwave nya buram…. Ternyata tadi bunyi ledakan berasal dari dalam microwave.

Heran sih… bagian apa yang meledak sampai bisa berantakan begini, kondisi panas pula didalam microwave.

Okay lah pikirku, tak perlu panik lagi cukup dibersihkan nanti kalau sudah dingin sambil mengamati bagian mana penyebab ledakan itu.

Selidik punya selidik ternyata telur nya hancur berantakan. Padahal tadi cuma telur rebus dan setengah saja alias bukan telur utuh.

Dalam hatiku ini aneh, telur sudah direbus dan itupun bukan bulat utuh. Ya sudah lah dibersihkan saja apalagi waktu sudah jam 9 malam sudah mulai ngantuk, harus makan dan segera tidur pikirku.

Bukan jiwa petualang kalau semuanya bisa berlalu begitu aja. Hasrat tetap masih penasaran “Ada Apa Dengan Telur ?“.

Sambil menunggu ngantuk, jari ini lari ke browser untuk mengetahui penyebab ledakan tersebut.

Merujuk pada informasi dari web liputan6.com berikut adalah penjelasan kenapa telur bisa meledak.

Penyebab Meledaknya Telur

Jika kita memasukkan kentang ke dalam microwave tanpa menusuk kulitnya terlebih dahulu, tekanan uap bisa terbentuk di bawah kulitnya dan menyebabkan kentang meledak.

Menurut para peneliti, itu adalah mekanisme sederhana untuk menghasilkan sebuah ledakan, mirip dengan granat yang meledak dan menghancurkan cangkang luar senjata tersebut.

Namun telur rebus tak memiliki kulit dengan kekuatan seperti kentang. Para peneliti pun mengemukakan penjelasan mereka soal bagaimana telur rebus yang dipanaskan bisa meledak.

Mereka menemukan bahwa kuning telur memanas lebih cepat dibanding air yang ada di  sekitarnya. Kantong-kantong mikroskopis di dalamnya pun terjebak di dalam protein dan menjadi sangat panas.

Dalam tekanan udara normal, kantong-kantong itu memiliki ruang untuk berkembang dan berubah menjadi uap. Tapi dalam telur, mereka terjebak dalam protein dan memaksa kantong air itu tetap cair meski suhu sangat tinggi.

Namun saat kita “mengganggu” salah satu kantong air itu — dengan menggigit atau menusuknya — maka molekul air lain mengisi kekosongan itu. Mereka akan menyebar, mengganggu jaringan di sekitarnya, dan membiarkan kantong lain berubah fase secara bersamaan dalam waktu cepat.

Bom gelembung koletif yang dihasilkan merobek telur menjadi pecahan kecil, menyerupai ledakan yang dihasilkan akibat tekanan.

“Bagi seseorang, telur itu terlihat meledak,” ujar para peneliti dalam artikel itu.

“(Namun), mungkin lebih tepat menggambarkan fenomena tersebut sebagai air panas yang mendidih dengan cepat,” imbuh mereka.

Inilah pengalaman telur meledak didalam microwave yang bikin kaget dan deg-degan.

Semoga bermanfaat

Salam

by Kissparry Udin di California
diunggah Kissparry
editor Eswede Wea

Kategori:Ragam

Tagged as: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.