Rekreasi Ringan "Lumban ning Kedung" Airnya Jernih di Rantau Pandan Kab. Bungo Provinsi Jambi

Rekreasi murah meriah gratis, lumban (Jawa: berenang bebas) di kali (Jawa: sungai, jambi menyebut batang), membuat ketagihan, di salah satu sungai Kec. Rantau Pandan Kab. Bungo, Sungai (Melayu Jambi: Batang) Bungo, sungainya sangat jernih, ditepi jalan besar.

Batang Bungo, jarak sekitar 50 km dari tempat tinggal saya tidak menyurutkan niat untuk pergi ke tempat ini, sungai yang jernih alami ditepi jalan besar, hampir setiap liburan datang kemari.

Waktu tempuh ketempat ini sekitar satu jam, adalah waktu yang pendek, karena sudah terbiasa, guna mendapatkan suasana segar alami, wow….

Rasanya memang berbeda apabila dibandingkan dengan kolam renang di hotel yang dinikmati orang-orang perkotaan, atau di stadion kolam renang.

Disamping disini airnya jenih alami, kesegaran, dan rasanya terasa lain, inilah yang membuat saya ketagihan untuk sering berkunjung ketempat ini.

Batang (Sungai) Bungo

Saat suasana musim hujan seperti ini, airnya masih terlihat jernih, tetapi entah jika disekitar tempat ini juga turun hujan.

Mungkin bebatuan yang ada dalam sungai ini menjadikan sungai tetap bersih dan jernih, disamping itu tidak ada pabrik yang membuang limbah di sungai ini.

Kesempatan ini saya gunakan untuk berenang mandi bebas (Jawa: Lumban) untuk menyegarkan badan. Benar-benar menikmati suasana pedesaan.

Batang Bungo (Sungai Bungo), batang bahasa melayu Jambi merupakan sebutan untuk sungai, kalau di Jawa sungai disebut kali, contoh Kali Pepe.

Kedalaman air kami pilih yang tidak terlalu dalam, paling dalam hanya sekitar 35 cm. Disini bisa bermain air dengan bebas, tidak banyak orang mandi disini, tetapi disaluran lainnya mungkin ada.

Saat mandi bebas berenang ditempat terbuka seperti ini, kita harus waspada terutama jika air sungai mulai agak keruh, atau diperkirakan hujan didaerah hulu. Sehingga kita harus mempelajari karakteristik sungai tersebut.

Seperti saat kita bermain air di sungai obyek wisata Baturraden, ketika didaerah hulu sungai turun hujan, ada kabar dari pengelola bahwa pengunjung harap segera naik dari sungai karena hulu sungai turun hujan, (mungkin pengelola obyek wisata bekerja sama dengan warga hulu sungai).

Yang Penting Happy

Tempat ini tidak satu-satunya di negeri ini, mungkin ditempat Anda juga ada, hanya saja lokasi tempat ini tidak harus pergi kedalam hutan tetapi di tepi jalan raya yang sangat mudah dijangkau.

Kami sengaja mengenakan kostum I Love Batam, untuk mengenang pertemuan forum ini di Batam akhir Desember 2019 yang baru berlalu.

Yang penting happy (bahagia) dan pikiran jadi lega, murah meriah, suasana santai dan nyaman.

Apakah ditempat kamu ada seperti ini?

Kejernihan dan kebersihan air sungai itu tergantung kita semuanya dalam menjaga kelestarian alam, jangan membuang barang-barang yang dapat mengotori sungai.

Wow…

Salam Kissparry Jambi

Suwarno Wardana
editor Eswedewea

One thought on “Rekreasi Ringan "Lumban ning Kedung" Airnya Jernih di Rantau Pandan Kab. Bungo Provinsi Jambi

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca