Inilah Alur Registrasi SBMPTN UNNES Tahun Ini, Selamat! Bagi Anda yang Lolos SBMPTN 2020

Kissparry menyampaikan selamat untuk semua saja yang dinyatakan lolos SBMPTN 2020, bagi yang tidak lolos masih ada jalur Seleksi Mandiri. Berikut ini alur registrasi calon mahasiswa jalur SBMPTN khusus yang diterima di UNNES, alur ini hampir sama dengan jalur SNMPTN.

Bagi Anda yang TIDAK lolos SBMPTN silakan klik disini untuk Seleksi Mandiri UNNES atau Klik disini untuk Laman Seleksi Mandiri perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Mengutip dari laman penerimaan.unnes.ac.id berikut ini alur registrasi calon mahasiswa baru jalur SBMPTN tahun 2020 bagi yang diterima di Universitas Negeri Semarang.

Terdapat empat hal yang mendasar dan penting, Anda tidak boleh melewatkan kegiatan ini, agar benar-benar dapat tercatat menjadi mahasiswa UNNES.

  • Mengisi Data Pokok dengan benar dan lengkap
  • Lolos KIP-Kuliah (Gratis) atau membayar biaya pendidikan dengan skema Uang Kuliah Tunggal (UKT)
    untuk tes kesehatan akan diinformasikan kemudian.
  • Registrasi Daring, dan
  • Data Anda di Verifikasi oleh petugas registrasi mahasiswa baru

Pengisian DATA POKOK dan Pembayaran Biaya Pendidikan

Calon mahasiswa wajib mengisi borang isian data diri (data pokok) serta mengunggah/ upload dokumen yang dipersyaratkan sebagai dasar penetapan besaran UKT dan seleksi penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, sesuai dengan panduan pengisian.

Dokumen yang diunggah berupa file foto kondisi rumah yang ditempati termasuk yang lain seperti kartu PBB lembar STNK motor, rekening listrik. Semua ini perlu dipersiapkan dengan selengkap-lengkapnya.

Pengisian data pokok dilakukan secara daring melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id mulai tanggal 16 s.d. 19 Agustus 2020 pukul 23.59 WIB.

Calon mahasiswa wajib mengirimkan borang A1 yang diunduh dari laman http://datapokok.unnes.ac.id, melalui jasa pengiriman dokumen ke alamat yang tertera di dokumen tersebut dengan dokumen pendukung.

Ingat dikirim secepatnya, terlebih Anda yang mengajukan KIP-Kuliah.

Calon mahasiswa (kecuali Mahasiswa Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah) membayar biaya pendidikan yang disebut Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan sama untuk setiap semester.

Besar biaya pendidikan yang harus dibayar setiap calon mahasiswa diumumkan bersamaan dengan pengumuman Mahasiswa Penerima KIP Kuliah pada tanggal 25 Agustus 2020 di laman http://datapokok.unnes.ac.id.

Seperti yang telah lalu kampus ini akan menerjunkan tim survey lapangan, jika tidak masa pandemi Covid-19 pasti ada surveiyor yang datang, saat ini mungkin dengan cara beda seperti melaui telpon.

Jadi khusus yang lolos seleksi dari jalur KIP Kuliah maka jika ada telpon masuk bukan temanmu tolong diangkat siapa tahu ia verifikator KIP Kuliah dari Unnes.

Bagi pendaftar KIP-Kuliah dengan lolosnya seleksi SBMPTN belum tentu KIP-Kuliah ikutan lolos, Anda masih harus mengikuti tahap verifikasi lapangan.

Salah satu sudut kampus UNNES 2020 saat petang tiba (gambar didekat pintu gerbang utama) – saat dalam renovasi.

Pembayaran biaya pendidikan dilakukan mulai tanggal 26 s.d. 31 Agustus 2020, melalui Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Negara Indonesia (BNI 46), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) di seluruh Indonesia.

Pembayaran dilakukan dengan menggunakan nomor Virtual Account (VA) yang diperoleh dengan cara masuk ke dalam http://datapokok.unnes.ac.id melalui menu Registrasi -> Pembayaran UKT.

Registrasi Daring dan Verifikasi Registrasi

Calon mahasiswa wajib melaksanakan dan menyelesaikan tahapan registrasi secara daring melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id, mulai tanggal 26 Agustus s.d. 1 September 2020 dan mencetak formulir registrasi yang dipersyaratkan.

Bisa melaksanakan registrasi lanjutan, dengan syarat telah menyelesaikan pembayaran UKT yang telah ditetapkan atau telah dinyatakan lolos seleksi verifikasi sebagai penerima KIP-Kuliah.

Saat registrasi daring ini yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan nama, tempat tanggal lahir sesuai dengan ijazah terakhir atau Akta Kelahiran Anda, jika ada perbedaan maka yang dijadikan patokan adalah yang tertera dalam ijazah.

Golongan darah, jangan anda kira-kira, jika belum tahu maka segera melakukannya cek golongan darah.

Dalam kegiatan Verifikasi Registrasi secara daring, calon mahasiswa wajib mengunggah hasil pindai/scan berkas dalam bentuk JPEG/JPG (maksimal 1 MB) yang meliputi:

  • Bukti setor lunas pembayaran biaya pendidikan asli; Anda yang lolos verifikasi KIP Kuliah tidak perlu menyerahkan bukti ini.
  • Kartu peserta UTBK-SBMPTN 2020;
  • Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) tahun 2020 yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah;
  • Surat keterangan kewarganegaraan bagi Warga Negara Asing (WNA).

Jika Anda sudah melakukan semua registrasi daring, jangan lupa melakukan finalisasi, dan setelah itu Anda silakan menunggu data anda di verifikasi oleh petugas registrasi mahasiswa baru jalur SBMPTN 2020.

Hasil verifikasi oleh petugas bisa langsung diterima atau belum diterima dengan sejumlah perbaikan yang dipersyaratkan.

Kholis (Akuntansi) dan Alif AW (Pend. Ekonomi Akuntansi) – dok Kissparry
Wisuda bukan saat masa Pandemi Covid-19.

Jika dinyatakan oke data Anda, maka langkah selanjutnya yaitu seperti berikut ini.

Mencetak dokumen registrasi daring melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id yang meliputi:

  • Formulir Registrasi (R1);
  • Surat Pernyataan menaati peraturan (R2) di UNNES dan Pakta Integritas Universitas Negeri Semarang (R3);
  • Bukti Registrasi;
  • Khusus bagi calon mahasiswa penerima KIP Kuliah wajib melampirkan Surat Pernyataan Peserta Penerima KIP Kuliah (R5);
  • Pengumpulan berkas R1, R2, R3, R4,  dan R5 akan diinformasikan lebih lanjut di laman BAKK (http://baakk.unnes.ac.id).

Kuliah semester gasal 2020/2021 dimulai pada tanggal 7 September 2020.

Oke selamat ya, semoga kegiatan registrasinya lancar.

oleh Eswedewea
editor LikKasjo

4 thoughts on “Inilah Alur Registrasi SBMPTN UNNES Tahun Ini, Selamat! Bagi Anda yang Lolos SBMPTN 2020


  1. Halo teman-teman, adakah kalian yang lolos SBMPTN 2020, selamat deh jika kamu diterima di PTN favorit kamu.
    O…ya.. tahun ini aku belum mendaftar kemana-mana termasuk seleksi mandiri sekalipun.


    1. Sabar menunggu, karena beberapa agenda berbarengan, tiap-tiap Jurusan/Fakultas ditangani oleh petugas tertentu, dan semoga lekas di verifikasi
      Selamat ya!

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca