Agrowisata Sibolangit, Taman Wisata Alam Kebun Raya di Deli Serdang Sumut

Bagi Anda yang sedang melancong ke Sumatera Utara, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit di Kabupaten Deli Serdang, taman ini dahulu cabang dari Kebun Raya Bogor.

TWA Sibolangit kini memiliki fasilitas pendukung seperti jalan setapak mengelilingi kawasan, pondok rehat/shelter, penginapan/guest house, dan pusat informasi tentang koleksi flora serta fauna di Kantor Resort Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sibolangit atau Sub Seksi KSDA Deli Serdang. Dikutip dari Indonesia.go.id.

Bagi Anda yang ingin mempelajari dan meneliti vegetasi yang ada di TWA ini, seluruh koleksi pohon maupun tumbuhan telah diberi nama dalam bentuk pelat atau ditempelkan di pohon-pohon tersebut.

Taman Wisata Alam Sibolangit (kredit. Indonesia.go.id)

Saya yang berada di Tebo Provinsi Jambi dan berbatasan dengan Sumatera Barat, belum menyempatkan datang ke tempat ini, tetapi kalau melewati sudah, karena kami pernah juga tinggal di Aceh.

Bagi Anda yang sedang melancong ke Sumatera Utara, tak elok rasanya jika tidak mengunjungi Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit di Kabupaten Deli Serdang.

Sembari menikmati hawa segar Sibolangit, para wisatawan bisa mendapatkan pelbagai nilai edukasi seperti pendidikan konservasi lingkungan, konservasi satwa liar, pengamatan burung Rangkong, maupun forest healing.

Sebelum menjadi TWA, lokasi agrowisata ini dinamakan Taman Hutan Raya Sibolangit. Konservasi alam ini dibuat pada 1914 atas pemikiran Dr JC Koningsberger yang merupakan Direktur Kebon Raya Bogor, Jawa Barat.

Pada waktu itu di Sibolangit didirikan Kebun Raya (Botanical Garden) Sibolangit oleh JA Lorzing, sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor. Selanjutnya pada 10 Maret 1938 melalui surat keputusan ZB nomor 37/PK, Kebun Raya Sibolangit diubah statusnya menjadi cagar alam.

Sebagai upaya pencegahan penyebaran Coronavirus disease 2019 (Covid-19), sejak 26 Maret 2020 secara bertahap kegiatan wisata alam di kawasan taman nasional (TN), taman wisata alam (TWA), dan suaka margasatwa (SM) ditutup, termasuk di dalamnya kawasan TWA Sibolangit.

Setelah dievaluasi oleh pemerintah daerah maupun Satgas Penanganan Covid-19 Sumatra Utara, maka dengan menerapkan protokol kesehatan, kawasan TWA Sibolangit dibuka kembali pada Rabu (14/10/2020).

TWA Sibolangit direaktivasi untuk kegiatan kunjungan wisata alam bagi masyarakat umum. Pembukaan kegiatan wisata alam dengan adaptasi kebiasaan baru (AKB) ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Camat Sibolangit Febri Gurusinga menerangkan, sebagian besar wilayah Kecamatan Sibolangit adalah kawasan hutan sehingga keberadaan TWA Sibolangit sangat berperan penting terhadap keberlangsungan kehidupan manusia di sekitar kawasan hutan.

Untuk itu, diharapkan seluruh pengunjung maupun petugas mematuhi protokol kesehatan di wilayah wisata alam. “TWA Sibolangit memiliki potensi untuk kegiatan hash (menjelajah/olahraga dalam hutan) sehingga dalam beberapa waktu ke depan diharapkan akan banyak wisatawan maupun komunitas hasher mengunjungi TWA,” jelas Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Deli Serdang Khoirum Rijal.

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, pada Selasa (6/10/2020), memaparkan bahwa jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung di Sumatra Utara melalui empat pintu masuk pada Agustus 2020 mencapai 28 kunjungan, mengalami penurunan 80,56 persen dibanding yang datang pada Juli 2020 yang mencapai 144 kunjungan. Masih mengutip dari Indonesia.go.id.

Demikian juga bila dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2019, jumlah wisman pada Agustus 2020 mengalami penurunan 99,89 persen, dari 26.609 kunjungan pada Agustus 2019 menjadi 28 kunjungan.

Kondisi yang sama juga terjadi pada wisatawan lokal. Saat AKB diterapkan Juni-Juli sempat ada kenaikan kunjungan wisatawan rata-rata 1.000 orang per hari di beberapa lokasi wisata favorit di Sumut. Namun begitu Agustus mulai terjadi kenaikan kasus Covid-19, terjadi penurunan kembali.

Oleh karena itu, Balai Besar KSDA Deli Serdang, Pemkab Deli Serdang, dan TWA Sibolangit menggandeng Komunitas Pecinta Alam, Mitra Polisi Hutan, Kader Konservasi Alam dan Kelompok Sadar Wisata Sibolangit, untuk menarik masyarakat kembali menyambangi agrowisata di Sibolangit. Perjalanan ke TWA Sibolangit kurang lebih dua jam bisa ditempuh melalui jalan darat dari Medan, ibu kota Sumut.  

Kegiatan pariwisata alam adalah kategori risiko rendah sehingga memungkinkan direaktivasi pada masa AKB terutama pada wilayah-wilayah yang berdasarkan zona berada pada zona tidak terdampak (hijau) dan zona risiko rendah (kuning).

Berdasarkan data zona risiko Covid-19 yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanggulangan Covid-19 tanggal 22 Juni 2020 terdapat 21 TN, 75 TWA dan 56 SM yang berada pada wilayah zona risiko tidak ada kasus/tidak terdampak (zona hijau) dan zona risiko rendah (zona) kuning, termasuk di dalamnya adalah TWA Sibolangit.

Semenjak itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada September 2020 menerbitkan kebijakan Reaktivasi Kunjungan Wisata Alam di kawasan Taman Wisata Alam Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, yang pada intinya menekankan kewajiban untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Para pengunjung diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku selama berada di dalam kawasan yaitu menggunakan masker, cuci tangan pada tempat yang sudah disediakan, menggunakan hand sanitizer, melakukan cek suhu tubuh, menjaga jarak kurang lebih 1,5 meter, pembatasan jumlah pengunjung, dan tetap menjaga kebersihan,” tukas Kepala Balai Besar KSDA Sumatra Utara Hotmauli Sianturi.

TWA Sibolangit Deli Serdang Sumatera Utara (kredit. Kompas)

Adapun untuk menekan penyebaran Covid-19, pemesanan tiket masuk TWA Sibolangit dilakukan dengan cara booking online lewat tautan  http://bit.ly/bookingTWASibolangit atau menghubungi Kepala Resort TWA Sibolangit Samuel Siahaan. Pemesanan ini tentu untuk lebih diperuntukkan pengunjung dengan rombongan.

Selemat berbahagia.

Sumber : Indonesia.go.id
Diunggal oleh Suwarno Wardana
Editor Eswedewea

One thought on “Agrowisata Sibolangit, Taman Wisata Alam Kebun Raya di Deli Serdang Sumut

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca