SMK Swadaya Semarang menjadi Tempat Studi Banding secara Virtual dari Jurusan BDP Berbagai Daerah

Berhasil membuat dan mengembangkan sebuah website e-commerce serta telah menjalin hubungan kerjasama dengan pelaku dunia usaha dan industri, memanglah sebuah prestasi yang berhak di sandang oleh SMK Swadaya Semarang.

SMK Swadaya Semarang menjadi salah satu sekolah di Indonesia pertama yang dapat melaksanakan kegiatan digital marketing serta didampingi oleh pakar dari dunia usaha dan industri secara langsung yaitu PT Energi Bangsa Solusindo, membuat SMK tersebut berhasil mencapai predikat sebagai sekolah percontohan bagi jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) di Indonesia dengan mengoptimalkan unit usaha sekolah.

Suasana saat SMK Swadaya menjadi tuan rumah studi banding virtual jurusan Bisnis Online se-Indonesia

“Kami bukan menjual produk dari perusahaan melainkan produk dari unit usaha sekolah itu sendiri, itulah yang tidak dimiliki oleh sekolah lain” kata Retno Werdiningrum, SH selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan (20/11).

Karena berhasil menjadi pelopor dalam kegiatan digital marketingnya, SMK Swadaya juga mendapat kehormatan menjadi narasumber dalam webinar yang diselenggarakan oleh Pusat Belajar Digital Marketing (SMKN 6 Surakarta).

Para narasumber terdiri dari Arif Witjaksono selaku Kepala Sekolah, Totok Yulianto, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Sarana dan Prasarana, Retno Werdiningrum, SH selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kehumasan, Fadlul Bashory selaku ketua jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran, dan Yanuar Aris Budiarto selaku CEO dari PT Energi Bangsa Solusindo.

Selama 3 jam, mereka diminta untuk mempresentasikan pencapaian prestasi yang diraih oleh SMK Swadaya beserta kegiatan digital marketing yang dilakukannya seperti apa.

Dihadapan peserta yang dihadiri guru dari berbagai daerah, SMK Swadaya diundang oleh MGMP Jateng (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran menjadi narasumber dalam hal pengimplementasian kurikulum di bidang digital marketing.

Bersama PT Energi Bangsa Solusindo sendiri, SMK Swadaya Semarang berhasil mengembangkan marketplace guna memaksimal program jurusan digital marketing yang diusung sekolah berupa pembuatan website e-commerce.

“Pada webinar kali ini kami berusaha memberikan output yang nantinya kegiatan yang dilakukan oleh SMK Swadaya Semarang ini dapat istilahnya menjadi pilot project terutama bagi SMK lain yang memiliki jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran” tutur Retno Werdiningrum. (Ozan/EB)

Sumber dan artikel ini sudah terbit di energebangsa.id, dengan judul Jurusan BDP Se-Nasional Lakukan Studi Banding di SMK Swadaya Semarang Secara Virtual.

olah Alifiansyah
editor Eswedewea

One thought on “SMK Swadaya Semarang menjadi Tempat Studi Banding secara Virtual dari Jurusan BDP Berbagai Daerah

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca