Apa Itu Kartel? Kartel Diduga Tingginya Harga Minyak Goreng di Indonesia Saat Ini

Saat ini sedang hangat diberitakan di media terutama TV tentang adanya kartel dalam naiknya harga minyak goreng di tanah air.

Terus terang, saya sedang menyimak berita di Redaksi CNN Indonesia TV Trans 7 tentang dugaan kartel minyak goreng di Indonesia, sementara saya tidak faham istilah yang dipakai, yaitu kartel.

Oleh sebab itu saya mencari tahu di Google Pencarian dengan kata kunci, Apa itu kartel.

Apa Itu Kartel

Berikut ini pengertian dari kartel, yang ternyata di larang di Indonesia, berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 5/1999 terkait larangan praktik monopoli dan juga persaingan usaha yang tidak sehat.

Kartel adalah suatu hubungan adanya kerjasama antara beberapa kelompok produsen atau perusahaan dalam hal melakukan produksi barang serta memasarkannya yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai dan kompetisi. Berdasarkan hukum anti monopoli, kartel dilarang di hampir semua negara. Dikutip dari Wikipedia.

Kartel adalah sekelompok produsen pasar independen yang bekerja sama satu sama lain untuk meningkatkan keuntungan dan mendominasi pasar. Kartel biasanya merupakan asosiasi dalam bidang bisnis yang sama, dan merupakan aliansi para pesaing. Dikutip dari artikel Tokopedia.

Kartel adalah kerjasama sejumlah perusahaan yang bersaing untuk. mengkoordinasi kegiatannya sehingga dapat mengendalikan jumlah produksi dan harga suatu barang dan atau jasa untuk memperoleh keuntungan diatas tingkat keuntungan yang wajar. Dikutip dari KPPU.

Kartel akan memaksa konsumen membayar lebih mahal suatu produk, baik itu barang mewah maupun barang-barang yang biasa diperlukan masyarakat seperti obat-obatan dan vitamin.

Kartel akan merugikan perekonomian, karena para pelaku usaha anggota kartel akan setuju untuk melakukan kegiatan yang berdampak pada pengendalian harga, seperti pembatasan jumlah produksi, yang akan menyebabkan inefisiensi alokasi. Kartel juga dapat menyebabkan
inefisiensi dalam produksi ketika mereka melindungi pabrik yang tidak efisien, sehingga menaikkan biaya rata-rata produksi suatu barang atau jasa dalam suatu industri.

Suatu kartel terjadi apabila suatu kelompok perusahaan dalam suatu industri tertentu yang seharusnya bersaing satu sama lain, tetapi mereka setuju untuk melakukan koordinasi kegiatannya dengan mengatur harga, produksi, pembagian wilayah (termasuk yang terbentuk karena faktor geografis dan infrastruktur), kolusi tender dan kegiatan-kegiatan anti persaingan lainya, sehingga mereka dapat menaikkan harga dan memperoleh keuntungan di atas harga yang kompetitif.

Apa Itu KPPU

KPPU adalah kependekan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Komisi Pengawas Persaingan Usaha atau KPPU adalah lembaga independen yang dibentuk untuk mengawasi pelaksanaan UU No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat dan dan UU No.20/2008. KPPU dibentuk dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Menurut berita yang beredar di media, KPPU bakal menelusuri terkait harga minyak goreng yang tinggi, karena diduga ada kartel.

Nasi goreng crispy atau cengkaruk

Baca juga : ANEKA PENGANAN DARI UMBI KETELA POHON ‘POHONG’ SINGKONG, MULAI GETUK HINGGA SENTILING DAN SAWUT

Suruh Ngurangi Gorengan

Dengan harga minyak goreng yang tinggi, secara tidak langsung masyarakat diminta mengurangi konsumsi gorengan.

Padahal yang namanya penganan yang di goreng dengan minyak goreng, bagi masyarakat Indonesia sendiri sudah mendarah daging, ibaratnya “sithik-sithik di goreng“.

Saya tidak bermaksud menyoal harga minyak goreng yang tinggi, tetapi tulisan ini karena ingin tahu apa itu kartel.

Sebagai masyarakat biasa, kuncinya mudah saja, kalau kuat beli ya beli kalau nggak ya tidak usah membeli minyak goreng. Atau, pemakaian minyak goreng dikurangi.

Baca juga : NASI KERING DI GORENG NAMANYA CENGKARUK, NASI GORENG CRISPY

Salam

oleh Eswede Weanind
editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.