Suruh Temurose (Temu Rose) Seperti Apa, Dimana Menemukannya?

Baru saja saya diperkenalkan dan baru tahu, Suruh Temurose (temu rose), katanya bisa untuk terapis.

Suruh temu rose, merupakan pohon suruh yang daunnya unik, yakni atas garis ruas sebelah kanan dan sebelah kiri bertemu, oleh karena disebut temu rose.

Temu dan rose adalah bahasa Jawa yang artinya sendiri, temu yaitu ketemu sedangkan rose yaitu garis ruas daun, atau tulang daunnya saling bertemu di tengah.

Suruh temu rose (temurose) dok Kissparry

Coba diperhatikan tulang daunnya, ruas kanan dan kiri saling bertemu, temu rose.

Suruh temu rose (temurose) | Dok. Kissparry

Dikutip dari kompasiana, daun sirih terutama yang temu rose khabarnya juga dijadikan media oleh sebagian paranormal untuk menyembuhkan kliennya dari serangan energi gaib yang berupa gangguan teluh (santet), ilmu pelet (pikat) atau ilmu hitam lainnya.

Dalam sebuah prosesi pernikahan adat Jawa, ada salah satu tahap dalam prosesi itu yang kita kenal dengan ritual lempar sirih atau istilah Jawanya balangan gantal.

Tapi bukan sembarang daun sirih yang dijadikan media untuk prosesi balangan gantal itu melainkan daun-daun sirih terpilih dengan ruas (tulang) daun yang saling bertemu atau istilah Jawanya suruh temu rose.

Suruh Temurose (temu rose) | Kissparry

Dikutip dari kumparan, tanaman pertama yang dipercaya bisa menangkal santet adalah daun sirih. Karena itu, Abah Romdhoni menyarankan agar menanam pohon sirih karena punya energi untuk menolak ilmu hitam.

Setahu saya, sewaktu masih kecil, kalau badan anak panas kadang ditempeli daun sirih didahinya.

Suruh

Tradisi nginang sebenarnya merupakan kebiasaan kuno para leluhur dengan cara mengunyah daun sirih hijau yang dikombinasikan dengan buah gambir, tembakau, kapur sirih (Jawa = njet) dan pinang (Jawa = jambe).

Nginang dengan sirih hijau dan bahan pelengkap lainnya tadi menjadikan gigi dan mulut para leluhur kita itu menjadi selalu sehat, tampak utuh dan tahan lama (awet).

Manfaat lainnya lagi, yaitu

Mimisan, jika ada orang hidung mimisan atau hidung berdarah, biasanya dicarikan suruh untuk dimasukan ke dalam hidungnya, maka tidak berapa lama akan mampat, darahnya tidak mengalir lagi.

Semoga menambah pengetahuan dan wawasan.

Salam.

oleh Eswede Weanind
editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.