Hikmah

Mutiara hikmah, itu yang Forturga Kissparry maksudkan untuk kolom ini. Sesuatu yang mengandung manfaat yang bisa diambil hikmahnya, akan mewarnai laman blog ini. Di samping mengandung hikmah, juga menginspirasi buat kita semua.

Arti hikmah dari Kamus Besar Bahasa Indonesia online (kbbi.web.id) adalah dijelaskan sebagai berikut:

hikmah/hik·mah/ n 1 kebijaksanaan (dari Allah): kita memohon — dari Allah Swt.; 2 sakti; kesaktian: — kata-kata; 3 arti atau makna yang dalam; manfaat: wejangan yang penuh –.

Dalam Al-Qur’an, firman Allah SWT dalam suat Al-Baqarah ayat 269 yang artinya:

”Allah menganugrahkan AL- HIKMAH  kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barangsiapa yang dianugrahi AL-HIKMAH itu, ia benar-benar telah dianugrahi KARUNIA yang BANYAK. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran.”
(QS Al Baqarah : 269)

Sedangkan Imam al-Jurjani rahimahullah dalam kitabnya, memberikan makna AL-HIKMAH secara bahasa artinya : ilmu yang disertai amal (perbuatan), atau perkataan yang logis dan bersih dari kesia-siaan.
AL-HIKMAH juga bermakna : kumpulan keutamaan dan kemuliaan yang mampu membuat pemiliknya menempatkan sesuatu pada tempatnya (proporsional/ADIL)
AL-HIKMAH juga merupakan ungkapan dari perbuatan seseorang yang dilakukan pada waktu yang tepat dan dengan cara yang tepat pula.

HIKMAH bisa didapat dari siapa saja dan dalam peristiwa apa saja.

“Ambillah hikmah yang kamu dengan dari siapa saja, sebab hikmah itu kadang-kadang diucapkan oleh seseorang yang bukan ahli hikmah. Bukankah ada lemparan yang mengenai sasaran tanpa disengaja?”  (HR. Al-Askari dari Anas ra dalam kitab Kashful Khafa’ Jilid II, h.62)

HIKMAH itu adalah Setiap perkataan yang benar yang menyebabkan perbuatan yang benar.

HIKMAH ialah: ilmu yang bermanfaat dan amal shaleh, kebenaran dalam perbuatan dan perkataan, mengetahui kebenaran dan mengamalkanya.

Oleh karena hikmah juga merupakan judul menu ini, sehingga isi materi dari laman blog menu ini sudah semestinya apabila berisi tentang wejangan atau makna yang dalam pada setiap artikelnya, bisa berupa kata-kata mutiara, bisa artikel penggugah jiwa dan kesadaran diri.

Salam.

Iklan

Semangat Silaturahmi & Persaudaraan

Iklan
%d blogger menyukai ini: