Manfaat Silaturahmi secara Ilmiah

Kenapa kita harus sering berkumpul ? Terutama yang sudah berusia 40 sampai 60 thn keatas, karena banyak manfaatnya. Manfaat itu akan di kupas disini. Terlebih di zaman sekarang, untuk berkumpul tidak harus bergerombol di suatu tempat, namun bisa dilakukan di rumah masing-masing. Apa sebabnya, media sekarang sudah sangat memungkinkan untuk itu.

Seperti halnya saat kami mengadakan rapat atau pertemuan keluarga lanjutan, kami hanya lewat media sosial WhatsApp (WA), namun bisa menghasilkan suatu kesepakatan. Bahkan kita bisa juga menggunakan panggilan video.

SIlaturahmi ke Sekayu dari Pematang (Sumsel) dan Boyolali (Jateng)

Anda harus berbahagia, memiliki banyak teman dan sahabat. Pasalnya, beberapa penelitian terbaru menemukan bukti bahwa menikmati kehidupan sosial yang aktif dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dikutip dari kompas.com.

Para ilmuwan percaya bahwa menghabiskan sebahagian waktu dengan teman atau sahabat akan membuat hidup lebih sehat secara mental dan fisik.

Berikut adalah lima (5) alasan ilmiah yang menunjukkan pengaruh kehadiran seorang teman pada tingkat kesehatan seseorang :

1) Mengurangi risiko demensia.

Demensia adalah suatu kondisi di mana kemampuan otak seseorang mengalami kemunduran. Kondisi ini dapat ditandai dengan keadaan seseorang sering lupa akan sesuatu, keliru, adanya perubahan kepribadian, dan emosi yang naik-turun atau labil. Dimensia lebih dekat dengan alzheimer (pikun).

Memiliki kehidupan sosial yang sangat aktif dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer yang cukup besar sekitar 70 persen, menurut temuan baru yang diterbitkan dalam Journal of International Neuropsikologi Society.

2) Membuat Anda tetap fit.

Penelitian terbaru dari para peneliti Australia yang diterbitkan dalam International Journal of Behavioral Nutrition dan Aktivitas Fisik menemukan bahwa teman atau memiliki pengaruh langsung pada tingkat aktivitas fisik dan kebiasaan makan.

3) Mempertajam Otak Anda.

Untuk menjalin komunikasi yang baik dengan teman-teman melalui instant messaging atau media jejaring sosial akan mendorong fungsi kognitif Anda.

Ini seperti memecahkan teka-teki silang, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Michigan, USA.

4) Meningkatkan kesehatan jauh lebih baik.

Memiliki hubungan yang saling mendukung dapat menunda proses penuaan. Penelitian terbaru dari Brandeis University menemukan bahwa jaringan sosial yang kuat – terutama bila dikombinasikan dengan latihan fisik – dapat menunda penurunan kesehatan hingga sepuluh tahun.

5) Hidup lebih lama.

Hubungan yang kuat dengan teman-teman dan keluarga dapat meningkatkan peluang Anda untuk bertahan hidup hingga sekitar 50 persen, menurut Penelitian terbaru oleh para ilmuwan dari Universitas Brigham Young.

6) Berjiwa awet muda

Lebih banyak bersosialisasi dgn teman atau sahabat / keep relationship membuat kita tetap punya jiwa muda atau semangat muda terus walaupun umur terus bertambah.

Silaturahmi dari Kalikajar ke Kissparry (Semarang) (05/03) nyampenya malam hari 20.00 WIB

Semoga bermanfaat.

 

Iklan

One thought on “Manfaat Silaturahmi secara Ilmiah”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s