RASA SENASIB

RASA SENASIB adalah Nilai Kepatrian ke-1

Kita barangkali ada yang masih ingat kalimat: “Ora sanak orang kadang, yen mati melu kelangan”. Arti sederhananya, walaupun bukan atau tidak ada hubungan persaudaraan, tetapi kalau mereka mati (bisa diartikan mengalami kesusahan, penderitaan, sakit, dll) kita ikut merasakan sakitnya atau merasa kehilangan.

Perasaan itu akan timbul dengan sendirinya ketika sekelompok orang tinggal dalam suatu keadaan yang sama. Jika kita lama tinggal bersama teman di asrama, pesantren, penjara, dan permukiman transmigrasi (kimtrans), maka akan mendorong munculnya perasaan senasib. Terlebih di Kimtrans. Karena di kimtrans warga tinggal bertahun2, dalam kondisi yang sama, dan bahkan saling membangun persaudaraan melalui perkawinan.

Jika tinggal di asrama dan penjara yang tidak sampai berlanjut beranak-pinak saja melahirkan sikap rasa senasib, apalagi selama bertahun-tahun tinggal di Kimtrans (Pemukiman Transmigran).

Dampak dari rasa senasib adalah kian pedulinya hati, kian lembutnya perasaan, dan kian tajamnya kepekaan. Karena itu, normalnya sesama transmigran dan anak keturunannya tidak akan tega dan tidak akan membiarkan jika ada anggotanya yang mengalami musibah. Dalam bahasa keren, disebut solidaritas sosial.

Hasil sikap senasib sepenanggungan ini bisa melahirkan energi dahsyat. Ini terbukti. Ketika PATRI dideklarasikan tahun 2004, dari berbagai provinsi datang suka rela. Padahal awalnya tidak saling kenal. Energi positif itu terus mengalir hingga sekarang. Diantaranya berbentuk lahirnya Pokja Lahan, Pokja Pendidikan, paguyuban seni, dan berbagai aktivitas lainnya di daerah-daerah.

Jika rasa senasib sepenanggungan ini belum terbersit dalam hati kita, kita patut segera mawas diri. Ada apa dengan kita?…


Baca juga Nilai Kepatrian lainnya:

Terima kasih

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Semangat Persaudaraan

%d blogger menyukai ini: