Bisnis dan Wirausaha

Mengenal Alat-alat Ruang Kamar Rawat Inap Rumah Sakit dan Kegunaannya

Ruang kamar rumah sakit zaman sekarang sudah semakin moderen, seiring dengan kemajuan teknologi, lalu didalam ruang kamar inap tentu dengan alat yang canggih, disamping itu ada alat-alat yang harus ada secara standar. Alat yang ada bisa saja berbeda antar kelas ruang, karena ada pembagian kelas kamar ruang rumah sakit.

Bisa jadi sebenarnya pihak rumah sakit ingin memberikan pelayanan yang sama terhadap semua pasien, termasuk alat-alatnya, tetapi mungkin pengadaan alat tersebut juga bertahap, sehingga kelas yang lebih tinggi akan mendapatkan fasilitas yang lebih tinggi pula adalah hal yang biasa dan harus dimaklumi.

Kelas Ruang Kamar Rumah Sakit

Urutan kelas ruang kamar rumah sakit umum di Indonesia berbeda rumah sakit satu dengan lainnya, namun setidaknya yaitu meliputi

  • Kamar VVIP (Utama, A, B)
  • Kamar VIP (A, B)
  • Kamar Kelas Utama
  • Kamar Kelas I (A, B, C)
  • Kamar Kelas II (A, B, C)
  • Kamar Kelas III (A, B)
  • Kamar Kelas Sosial/IV
  • Kamar Isolasi
  • Kamar HND
  • Kamar ICU/PICU/NICU

Biasanya pasien yang akan rawat inap disodorkan ruangan yang dipilih dan ketersediaan ruang yang ada. Besaran tarif ruangan sesuai dengan kelasnya.

Beberapa rumah sakit besar, disamping kelas-kelas diatas, ada yang memiliki gedung khusus disebutnya paviliun, yang ada hanya mulai kelas VIP (VIP-1, VIP-2) sampai VVIP (1,2, Utama).

Peralatan Ruang Kamar Rumah Sakit

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman ketika di rumah sakit, peralatan di dalam ruang kamar rumah sakit tentu ada standarisasi, atau peralatan standar, meliputi

  • bed, tempat tidur untuk pasien
  • nurse call, panggil perawat
  • panel oksigen (atau tabung oksigen) dan vacum
  • meja makan permanen atau meja makan portabel
  • kursi tunggu
  • almari kecil untuk tempat sarana-prasarana pasien
  • kamar mandi

adapun tambahan fasilitas di dalam kamar rawat inap, yaitu

  • kipas angin
  • pendingin udara (AC)
  • televisi
  • wastafel (cuci tangan) dan kaca pengilon
  • lemari es
  • bed ekstra penunggu
  • sofa
  • telepon

Marilah kita bahas beberapa peralatan terutama cara pengoperasian peralatan yang ada tersebut.


Juga lihat :


Bed, Tempat Tidur Pasien

Tempat tidur pasien bervariasi, biasanya tergantung kelas, namun untuk rumah sakit baru sudah menggunakan peralatan yang lebih modern.

Rumah sakit yang sudah lama pun pasti juga ingin melayani pasien dengan standar yang sama, namun karena pengadaan peralatan itu bertahap mengakibatkan peralatan yang lebih baru dan moderen pasti akan diberikan kepada layanan kelas tertinggi.

Bed ruang rawat inap rumah sakit (moderen) kini, disertai alat remote kontrol.

Dalam sajian ini kami tidak menunjuk merek tertentu, tetapi inilah contoh merek yang ditemui langsung dan gambar orosinil, karena merek peralatan rumah sakit sangat beragam. Pada gambar diatas merupakan bed pasien merek Mak.

Bed ini sudah menggunakan sistem remote untuk menaikkan dan menurunkan sandaran kepala, juga sandaran kaki, disamping itu untuk naik turun ketinggian bed dari lantai.

Remote control bed pasien merek Mak

Remote ini digunakan untuk mengontrol tempat tidur pasien generasi baru, seperti yang disebutkan diatas.

Untuk mengatur tempat tidur tinggal menekan tombol remot kontrol yang tersedia, ada 3 baris baris atas, baris tengah, dan baris bawah.

Tombol baris paling atas untuk  naik-turunkan sandaran kepala, gambar tombol arah atas (sebelah kiri) berarti untuk menaikkan dan tombol arah bawah (sebelah kanan) digunakan untuk menurunkan, sedang baris yang paling bawah atau baris ke-3 adalah tombol untuk naik-turunkan sandaran kaki.

Untuk deretan tengah pada remot kontrol tersebut merupakan tombol untuk mengatur tinggi rendah tempat tidur dari lantai, ingin meninggikan tekan tombol sebelah kiri dan untuk menurunkan tekan tombol sebelah kanan.

Kanan dan kiri atau samping bed bagian atas masih dilengkapi dengan rel penahan (pagar)  pasien agar tidak jatuh (mengurangi resiko jatuh). Untuk membukanya dengan cara menarik ke atas gagang sambil menekan tombol merah hingga berbunyi klik, sebaliknya untuk membukanya tekan tombol merah pada pojok gagang dan turunkan penahan tersebut.

Tempat tidur ini masih dilengkapi dengan roda dan kunci roda, juga penahan bagian kepala dan bagian kaki.

Masih terdapat Bed Pasien model Lama

Beberapa ruangan rumah sakit mungkin masih tersedia bed pasien model lawas, karena eman-eman kalau belum rusak dibuang percuma, jadi bed lawas yang masih layak akan tetap digunakan.

Panel Oksigen

Panel Oksigen merupakan alat tambahan yang biasanya sudah tersedia dan menempel di dinding bagian kepala dari bed, tempat tidur pasien. Apabila tidak tersedia panel tersebut, jika ada pasien membutuhkan tambahan oksigen, biasanya didatangkan khusus memakai tabung oksigen yang mobile.

Panel oksigen dan vakum di salah satu rumah sakit di Semarang

Untuk memakai panel oksigen yang sudah terpasang ataupun yang tabung oksigen diperlukan selang oksigen.
Dari panel oksigen atau tabung oksigen diperlukan botol khusus oksigen yang diisi air atau cairan untuk menentukan kelembaban udara yang dihirup melalui selang tersebut.
Disamping itu botol khusus tersebut juga untuk mengatur keluarnya oksigen.

Penulis pernah menanyakan kepada dokter, kapan pasien perlu dibantu alat pernafasan atau tambahan oksigen, jawabnya yakni bila pasien sesak nafas atau kalau melalui alat ukur, bila kandungan oksigen di dalam darah kurang dari angka 95.

Call Nurse (Alat Panggil Perawat)

Bila panel oksigen sifatnya optional maka alat panggil perawat biasanya selalu tersedia untuk tiap-tiap pasien rawat inap. Apabila dahulu hanya berupa tombol panggil, saat ini sudah alat panggil bisa untuk percakapan, sehingga perawat tidak mondar mandir.

Alat panggil perawat atau sebaliknya alat panggil penunggu pasien

Fungsi alat ini bisa bolak balik, mengingat terdapat speaker pada alat tersebut disamping juga mic, sehingga suara perawat ketika menjawab atau membalas tanda dari pasien dapat terdengar dengan jelas.

Pasien dan atau penunggu pasien dapat memanfaatkan alat panggil tersebut tanpa harus mondar-mandir atau berjalan ke tempat ruang jaga perawat

Akan kami tambahkan fasilitas ruangan untuk ruang HND atau ruang pengawasan khusus, juga ICU, mungkin alat ini akan terpasang diruang pasien.

Monitorbed Pasien

Alat ini untuk memonitor kondisi pasien dengan keadaan khusus, yang biasanya dipasang di HND atau ICU.

Monitorbed Pasien, alat memonitor kondisi pasien dengan keadaan khusus

Alat ini biasanya akan dipasang diruang tertentu, atau saat kondisi pasien membutuhkan pemantauan terus menerus.

Cuci Tangan

Antiseptik untuk mencuci tangan, yang biasa disebut handrub, cairan ini tidak boleh terminum baik sengaja atau tanpa sengaja.

Cairan ini biasa tersedia dimasing-masing bed pasien, tetapi untuk kelas tertentu mungkin hanya tersedia diluar ruangan. Untuk mengeluarkan cairan didalamnya silakan tekan tuas bagian atas, dan tadahkan pada salah satu telapak tangan yang lainnya.

Bagaimana cara mencuci tangan dengan cairan ini.

Langkah 1. Tuang cairan handrub pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.

Langkah 2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian

Langkah 3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih

Langkah 4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci

Langkah 5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian

Langkah 6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan

Ada dua cara cuci tangan yaitu :

  1. HANDWASH – dengan air mengalir waktunya : 40 – 60 detik (8 gerakan berulang dalam setiap langkah mencuci tangan) dilakukan pada saat tangan tampak kotor dan setelah 5 kali handrub
  2. HANDRUB – dengan gel berbasis alkohol waktunya 20 – 30 detik (4 gerakan berulang dalam setiap langkah mencuci tangan) dilakukan pada saat tangan tidak kotor

Penunggu pasien dirumah sakit dan pasien sendiri, biasanya diajari cara mencuci tangan ini. Bila tidak diajari latihan sendiri saja.

Bed Ekstra atau Sofa untuk Penunggu

Atau setidaknya kursi untuk penunggu, dan bila kelas yang lebih tinggi akan tersedia sofa hingga ekstra bed.

Salam, semoga bermanfaat.

by EswedeWea
Editor Kissparry

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.