GEMI, NASTITI, NGATI-ATI

Gemi, Nastiti, lan Ngati-ati adalah Nilai Kepatrian ke-3

Bagi kita yang waktu kecilnya ikut Pramuka, mungkin masih ada yang ingat Tri Satya dan Dasa Darma. Dalam salah satu Dasa Darma ada kalimat: “Hemat, Cermat, dan Bersahaja”. Kalimat ini cukup mirip untuk menggambarkan buah dari sifat Gemi, Nastiti, dan Ngati-ati.

Pada umumnya transmigran dan anaknya bisa berhasil karena Allah memberinya sifat “Gemi, nastiti, dan ngati-ati” itu. Mari kita kupas satu persatu.

Gemi artinya hemat. Suatu sikap selalu bersyukur atas rizki yang diterimanya. Contohnya, ketika panen tiba (panen padi, jagung, palawija, dll). Seberapapun hasil panen itu, tidak akan dihabiskan untuk dimakan. Sebagian panenan, misal jagung yang tongkolnya bagus, disimpan di “pogo” untuk persiapan bibit tanam berikutnya. Tongkol dan biji yang tidak seragam dipisah untuk dimakan sehari-hari. Tongkol lainnya dipipil dan dijual. Uangnya dikirimkan ke kota, untuk anaknya yang sedang “ngenger” sambil sekolah.

Adapun Nastiti artinya cermat. Kata nastiti hampir sama dengan gemati. Kalau gemati cermat dalam menjaga dan memelihara agar barangnya lebih awet, maka nastiti cermat dalam menghitung penghasilan, agar tidak sampai thekor. Syukur-syukur bisa menabung.

Terakhir, Ngati-ati artinya berhati-hati. Mengingat bahwa di kimtrans semuanya serba baru. Rumah, tetangga, kebiasaan, tempat, dan suasana baru, maka mereka berusaha berhati-hati dalam segala hal. Misalnya, dalam tutur sapa sangat dijaga, agar tidak menyinggung perasaan. Tidak asal bicara kalau tidak tahu dan tidak diminta.

Semoga ketiga kata bernilai itu masih dan tetap diamalkan anak keturunannya. Sehingga dimanapun kita berada insya Allah kehadiran kita menyebabkan lingkungan kita terasa nyaman dan tenteram (ayem tentrem). Apakah Rumah PATRI kita sudah begitu?…

Baca Juga:
Nilai Kepatrian ke-

  1. RASA SENASIB
  2. G E M A T I …
  3. GEMI, NASTITI, NGATI-ATI
  4. GOTONG ROYONG
  5. CUKAT, TRENGGINAS, MITAYANI
  6. SUMELEH, SAKDERMO NGLAKONI.

 

Iklan

One thought on “GEMI, NASTITI, NGATI-ATI”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Semangat Persaudaraan

%d blogger menyukai ini: