Lanjut ke konten

Inilah Fungsi Ginjal bagi Kehidupan

Halo sahabat Kissparry, Hari Ginjal Sedunia atau World Kidney Day tahun ini akan diperingati pada tanggal 11 Maret 2021 (hari ini), dengan tema “Living Well With Kidney Disease” atau Hidup Berkualitas dengan Penyakit Ginjal.

Ginjal merupakan organ tubuh yang memiliki banyak fungsi penting dan boleh dikatakan organ yang bekerja sepanjang waktu terutama dalam menyaring sampah dalam tubuh. Memang, organ-organ tubuh yang lain juga penting karena memang merupakan satu kesatuan.

Sayangnya, fungsi organ ini akan diketahui hanya dengan cara melalui pengecekan laboratorium atau laborat, sehingga penekanan kata penting disini sebenarnya berawal.

Ilustrasi Ginjal (pic. Kompasiana)

Kebanyakan ginjalnya sakit ketahuan setelah akut, ya.. tentu melalui pemeriksaan laboratorium yaitu hasil lab yang menunjukkan ginjal bermasalah.

Coba kita bandingkan sekilas dengan organ yang lain, misalnya pusing berhubungan dengan kepala, nafas terasa sesak hubungan dengan paru-paru atau jantung, lapar hubungan dengan perut kosong, penglihatan agak kabur hubungan dengan mata, sedang ginjal biasanya hanya pegal-pegal yang sering dianggap kecapean saja.

Gambaran anatomi ginjal seperti di bawah ini, letaknya dibagian bawah tubuh, terdiri dari ginjal kanan dan ginjal kiri.

Organ ginjal dan jantung (pic. Softilmu.com)

Fungsi Ginjal

Fungsi ginjal dalam tubuh kita bisa memerhatikan infografis yang kami kutip dari Kemenkes RI, yaitu ada 5 fungsi penting.

1 | Mengeluarkan sisa-sia produk dari tubuh

Setiap kali kita mengkonsumsi makanan, kemudian terserap melalui aliran darah, terdapat banyak sekali zat-zat yang terkandung didalamnya, dan setelah masuk mungkin sekali akan ada zat yang berlebihan, sesuai kadar kebutuhan tubuh, atau bahkan sampah yang ada dalam darah.

Ginjal akan mengeluarkan sisa-sia produk dari tubuh melalui saluran urin atau kecing, oleh sebab itu kita dianjurkan minum air putih yang banyak (sesuai anjuran).

Apabila ginjal tidak mampu menyaring dan mengeluarkan sampah tersebut, tentu berakibat tubuh penuh sampah didalam darahnya, hal ini akan dialami oleh penderita Gagal Ginjal Kronik (GGK) atau Penyakit Ginjal Kronik (PGK).

2 | Menyeimbangkan cairan tubuh

Cairan tubuh akan diseimbangkan oleh ginjal, sehingga kelebihan atau kekurangan cairan, oleh ginjal akan diberitahu melalui sinyal dari ginjal. Sinyalnya berupa rasa pegal-pegal.

Cairan atau air yang terkandung didalam darah akan dikeluarkan melalui air seni, jika tubuh dianggap kelebihan cairan.

Apabila ginjal tidak mampu mengontrol cairan dalam tubuh, maka akan terjadi kelebihan cairan dan timbul efek tubuh kelihatan bengkak.

3 | Memproduksi sel darah merah

Ginjal juga akan memproduksi sel darah merah

4 | Mengatur tekanan darah

Fungsi yang lain dari ginjal yaitu mengatur tekanan darah. Apakah orang yang memiliki atau dinyatakan tekanan darah tinggi (tensi tinggi) terkait dengan fungsi ginjalnya? Belum tentu, karena ada beberapa faktor yang menyebabkan tekanan darah tinggi, tidak kita bahas disini.

5 | Mengaktifkan Vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi

Ginjal sangat berperan dalam mengaktifkan Vitamin D yang berfungsi untuk kesehatan tulang dan gigi.

Dalam sehari ginjal akan menyaring darah sejumlah 120 – 150 liter.

Baca juga |

Penyakit Ginjal Kronik (PGK) dan Gagal Ginjal Kronik (GGK)

Disini kita hanya akan membahas jika sudah GGK terhadap hal fungsi ginjal tersebut, apa yang harus diperhatikan oleh mereka yang sudah mengalami GGK.

1 | Hemodialisis (HD) – Cuci Darah

Cuci darah merupakan salah satu cara proses menggantikan fungsi ginjal, ini tentunya langkah terakhir ketika sudah dinyatakan Gagal Ginjal. Keputusan tindakan dilakukan oleh dokter spesialis ginjal (penyakit dalam).

2 | Terapi Obat dan Suplemen

Terapi obat atau pengobatan biasanya masih dilakukan sesuai dengan kondisi masing-masing ginjal.

3 | Menjaga Asupan Air (Sayur, dan Buah)

Untuk kondisi normal, ada anjuran seseorang minum air putih hingga 8 liter perhari, namun saat ginjal mengalami masalah dalam hal fungsi kontrol cairan, maka yang terjadi p

oleh Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: