Sejarah Transmigrasi

SEJARAH TRANSMIGRASI

Sebagai pelaksanaan Politik Balas Budi, bulan November 1905 Pemerintah Hindia Belanda memberangkatkan 155 KK dari Purworejo Jawa Tengah menuju Gedong Tataan, Pesawaran Lampung. Kegiatan itu dinamakan kolonisasi, yang berlangsung hingga masa penjajahan Jepang.

Setelah Indonesia merdeka, pada 12 Desember 1950 diberangkatkan lagi 23 KK asal Jawa Tengah ke Lampung. Program pemindahan penduduk setelah masa kemerdekaan itu dinamakan Transmigrasi. Untuk mengenang peristiwa tersebut, maka setiap tanggal 12 Desember diperingati sebagai Hari Bakti Transmigrasi (HBT).

Dalam rangkaian HBT tersebut, biasanya juga dilakukan tabur bunga di makam para calon transmigran dari Boyolali Jawa Tengah yang mengalami kecelakaan di Sukra, Indramayu.

Peristiwanya, pada saat itu, 11 Maret 1974, rombongan transmigran menggunakan 6 (enam) buah bus dari Kabupaten Boyolali akan menuju UPT Rumbia Provinsi Sumatra Selatan. Bus yang mengangkut 70 orang tersebut mengalami musibah di Jembatan Kali Sewo, Sukra. Sebanyak 63 orang meninggal dunia, dan hanya 3 anak kecil masih hidup. Mereka yakni Djailani, Suyanto, dan Sanidu.

Untuk mengenang perjuangan dan jasa para transmigran pertama yang datang pada tanggal 12 Desember 1950 tersebut, atas rekomendasi PATRI, didirikan Museum Nasional Transmigrasi di Gedong Tataan Lampung. Demikian pula di Indramayu, untuk mengenang musibah di Indramayu pada 11 Maret 1974 tersebut, di Sukra dibangun Makam Pioner Transmigrasi.

Hari Bhakti Transmigrasi

Setiap tanggal 12 Desember diperingati Hari Bhakti Transmigrasi (HBT), hingga 2016 HBT sudah memasuki usianya yang ke 66 (12 Desember 1950 – 12 Desember 2016).

(Sumber: Sambutan Ketum DPP PATRI pada Pembukaan MUSDA III DPD PATRI SUMUT, 22/10/2016)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Semangat Persaudaraan

%d blogger menyukai ini: