Tentang Mesir Kuno | Piramida

Mesir Kuno tulisan dari Prof Hardi Suyitno, yang berasal dari medsos (fb) kami kutip disini, karena menarik untuk menambah pengetahuan kita tentang Mesir Kuno dan Piramida-nya.

MESIR KUNO
Oleh Hardi Suyitno

Perintah Raja atau Firaun Djoser kepada arsiteknya Imhotep, desain piramida itu dengan tujuan sebagai makam Raja Djoser. Piramida Mesir pertama itu dibuat pada abad ke-27 atau sekitar 2630 SM di Nekropolis Saqqara, barat laut Kota Memphis.

Mesir memiliki lebih dari 100 piramida kuno, tetapi yang paling terkenal adalah piramida yang dibangun pada masa pemerintahan firaun Djoser, piramida Mesir yang dibangun di bawah pemerintahan firaun Snefru, Piramida Besar yang dibangun di Giza pada masa pemerintahan firaun Khufu, dan dua penerusnya firaun Khafre dan Menkaure.

Firaun kemudian secara bertahap berhenti membangun piramida selama Kerajaan Baru (1550-1070 SM) dan kemudian memilih untuk dimakamkan di Lembah Para Raja.

Selama beberapa dekade terakhir, para arkeolog telah menemukan bukti baru yang memberikan petunjuk tentang siapa pembangun piramida itu dan bagaimana mereka hidup.

Sebelumnya, para ahli Mesir berteori bahwa pembangun piramida sebagian besar terdiri dari pekerja pertanian musiman.

Namun dari catatan tertulis termasuk papirus yang ditemukan tahun 2013 di Wadi al-Jarf di pantai Laut Merah Mesir menunjukkan kelompok besar pekerja, diterjemahkan sebagai ‘geng’ membantu membawa material ke Giza.

Papirus itu menceritakan 200 orang yang dipimpin oleh seorang bernama Merer mengangkut batu kapur dengan perahu di sepanjang Sungai Nil dari Tura ke Piramida Besar, di mana batu tersebut digunakan untuk membangun selubung luar piramid.

Catatan sejarah itu masih perlu diteliti lebih lanjut.

Piramid juga menunjukkan bahwa Mesir kuno memberi sumbangan yang besar terhadap perkembangan matematika.

Hardi Suyitno (dari berbagai sumber)
diunggah/editor oleh Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca