Pendidikan

Tata Cara (Baru) Mendaftar Seleksi Mandiri (SM) UNNES 2019, Tes 21 Juli

Ada perbedaan tata cara pendaftaran calon mahasiswa UNNES melalui jalur Seleksi Mandiri (SM-UNNES) tahun 2019 dengan tahun sebelumnya.

Perbedaan yang ada pada tata cara pendaftaran SM-UNNES 2019 dengan SM sebelumnya terletak pada pembuatan akun terlebih dahulu, sedangkan sebelumnya tidak. Kemudian yang lainnya yaitu menggunakan 2 (dua) jalur tes/ujian yaitu berbasis cetak (UBC) dan berbasis komputer/daring (UBK). Ingat username dan password tidak untuk membayar biaya seleksi, sedangkan biaya seleksi menggunakan Personal Identification Number (PIN) yang didapat saat mendaftar.

Pada laman inilah Anda bisa memperoleh informasi-informasi penting seputar penerimaan mahasiswa baru UNNES tahun 2019, sedangkan untuk mendaftarnya silakan lihat ilustrasi gambar dibawah ini. Untuk tampilan laman mungkin dapat berbeda.

Ilsutrasi tampilan laman http://daftar.unnes.ac.id

Untuk keperluan pendaftaran SM-UNNES Program Sarjana dan Diploma silakan menggunakan formulir S1/D3.


Langsung Daftar buka linknya http://daftar.unnes.ac.id dan seterusnya sampai pengumuman penerimaan Anda menggunakan laman tersebut.

Cara Membayar Biaya Seleksi Pendaftaran Melalui ATM BNI Silakan klik

Sehingga tidak perlu bingung seandainya kantor kas bank tutup, kalau nggak punya ATM BNI bisa tanya atau pinjam temannya yang punya.


Pesiapan Sebelum Mendaftar Online

Ada yang perlu kita persiapkan sebelum mendaftar online untuk Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) tahun 2019, apa saja itu.

  • Pas foto terbaru yang bagus sesuai ketentuan, jangan kasih pas di foto, ini berbentuk file JPG yang siap diunggah besar file tidak lebih dari 100 KB. Ingat foto tersebut akan muncul saat mencetak kartu tes atau kartu peserta saudara, jadi jangan asal asalan.
  • Siapkan KTP atau KK, yang dibutuhkan disini adalah NIK atau Nomor Induk Kependudukan.
  • Siapkan alamat email yang masih aktif.
  • Data data penghasilan orang tua, dan data lain yang diminta, seperti rekening listrik, PBB, dan lainnya. Jelasnya, kesiapan pilihan Anda akan Uang Kuliah Tunggal (UKT) setiap semesternya dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sekali ketika Anda menjadi mahasiswa UNNES nanti.
  • Data dan sertifikat hasil UTBK jika punya, Nomor tes UTBK dan sertifikat UTBK akan diminta diunggah saat Anda mendaftar. Jika tidak punya, cukup dilompati saja.
  • Tidak kalah pentingnya adalah program studi atau jurusan yang akan Anda pilih, benar-benar mantap untuk pilihan tersebut, karena pilihan prodi/jurusan tidak dapat diubah atau dibatalkan. Bahkan saat sudah diterima maka Anda tidak diperbolehkan pindah prodi/jurusan.
  • Gunakan jalur internet yang lancar dan tidak tersendat-sendat, pembayaran dengan sistem SPC (Student Payment Center) seperti kita membayar rekening listrik, tinggal sebut Nomor PIN maka sudah muncul tagihannya (tidak perlu mengetahui nomor rekening bank tujuan transfer), dan jika jalur internet tidak lancar, bisa jadi kemungkinan data pembayaran tidak terkirim sempurna ke bank BNI dan BTN.

Prosedur dan Cara Mendaftar SM-UNNES

Ringkasan prosedur atau tata cara mendaftar SM-UNNES yaitu seperti tertera berikut ini.

  1. Membuat akun pendaftaran (username dan password) inilah yang saya sebut dengan cara baru, dengan cara membuka formulir S1/D3 untuk program S1/D3 atau formulir lain yang akan digunakan untuk jalur yang berbeda.
    • Jika Anda membuat AKUN disetujui dan selesai, langkah berikutnya
    • Login dengan NISN atau KTP yang Anda masukkan, beserta password yang anda masukkan ke sistem pendaftaran
  2. Melanjutkan mengisi formulir pendaftaran, hingga memperoleh PIN pendaftaran (perhatikan gambar dibawah ini)
  3. Selain skema Bidikmisi, membayar biaya seleksi di bank BNI 46 melalui seluruh channel pembayaran yang ada, yaitu teller, internet banking, ATM
  4. Login kembali dengan username dan password untuk mendapatkan Nomor Peserta Ujian, dan sebelum Anda mendapatkan nomor peserta maka Anda belum terdaftar sebagai peserta SM-UNNES.
  5. Mencetak Nomor Peserta Ujian SM-UNNES, sebaiknya mencetak nomor peserta dilakukan segera mungkin setelah membayar, karena jurusan/prodi sudah tidak dapat diubah.

Inilah Prosedurnya

  1. Membuka laman http://daftar.unnes.ac.id kemudian membuat Akun (username dan password)
  2. Mengisi formulir, dan mengunggah yang diperlukan
  3. Menentukan skema SM-UNNES 2019 yaitu
    • memilih SM-UNNES Reguler atau SM-UNNES Kelas Internasional.
    • Bagi peserta SM-UNNES Reguler dapat mengajukan permohonan pembiayaan Bidikmisi, kecuali peserta SM-UNNES Kelas Internasional.
  4. Memilih kelompok program studi:
    • Kelompok Sain dan Teknologi (Saintek) atau
    • Kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum).
      kelompok ini menentukan prodi/jurusan pilihan.
  5. Memilih jenis ujian:
    • ujian berbasis komputer (UBK) – komputer disediakan panitia – kuota komputer terbatas, atau
    • ujian berbasis cetak (UBC), membulati dengan pensil min 2-B.
  6. Memasukkan nomor peserta UTBK dan mengunggah sertifikat hasil UTBK bagi calon peserta yang pernah mengikuti tes UTBK.
  7. Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh Personal Identification Number (PIN) sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-UNNES 2019.
    Isilah formulir dengan benar, usahakan seluruh isian terisi.
  8. Dengan menggunakan PIN pendaftaran, calon peserta melakukan pembayaran biaya seleksi dengan besaran sesuai dengan pilihan prodi yang diambil.
    • Pembayaran mulai tanggal 20 Mei s.d. 17 Juli 2019, dapat dilakukan melalui Bank Negara Indonesia (BNI 46) diseluruh Indonesia dengan kode pembayaran adalah PIN pendaftaran, pembayaran juga bisa melalui channel internet banking, dan/atau melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
      Klik disini Cara membayar biaya seleksi/pendidikan dengan ATM BNI
  9. Bagi calon peserta yang mendaftar melalui pembiayaan Bidikmisi harus memperoleh KAP dan PIN pendaftaran seleksi mandiri dari laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id untuk dapat dibebaskan dari pembayaran biaya seleksi. KAP dan PIN Bidikmisi dimasukkan ke dalam formulir pendaftaran. Apabila gagal memasukkan KAP Bidikmisi maka tagihan akan muncul, sebaliknya jika berhasil makat tidak akan muncul tagihan, dan Anda langsung bisa mencetak Kartu Tanda Peserta SM-UNNES 2019.
  10. Setelah melakukan pembayaran biaya seleksi, login menggunakan username dan password pendaftar melalui laman http://daftar.unnes.ac.id untuk mengisi form:
    • Kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). UKT dibayar setiap semester sedangkan SPI dibayar sekali selama kuliah.
    • Khusus pendaftar SM UNNES Kelas Internasional mengisi kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan kategori tertinggi dan Uang Pangkal (UP) Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI)
    • Mengunggah file pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (kalau bisa terbaru jangan berseragam sekolah), berformat JPG dengan ukuran maksimum yang dipersyaratkan (100 KB) pada formulir yang telah tersedia. Ingat pasfoto bukan pas difoto.
    • Mencetak Kartu Tanda Peserta secara mandiri (cetak sendiri) selambat-lambatnya tanggal 18 Juli 2019. Kartu Tanda Peserta dicetak di kertas A4 (berwarna): (1) untuk peserta;  dan (2) diserahkan ke pengawas pada saat ujian. Kami sarankan mencetaknya segera saja, karena prodi pilihan tidak dapat ubah.

Membayar Biaya Seleksi di Bank BNI 46 dan BTN Seluruh Indonesia

Biaya Seleksi tahun 2019 sebesar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah), dan biaya tambahan Uji Keterampilan untuk yang memilih prodi Seni dan Olahraga sebesar Rp 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah).

Membayar biaya pendaftaran sebesar biaya yang muncul tertera pada formulir pendaftaran, di Bank BNI dengan channel yang ada yaitu teller, internet banking, Anjungan Tunai Mandiri (ATM), dengan kunci pembayaran adalah PIN yang didapatkan.

Pembayaran juga dapat dilakukan di Bank BTN di Seluruh Indonesia.

Apabila catatan PIN hilang silakan menghubungi sekretariat SM-UNNES 2019.

Cara membayar dengan sistim SPC (student payment center), sehingga kita tidak perlu menyebutkan nomor rekening tujuan, hampir sama ketika kita membayar rekening listrik. Cara ini juga dikenal dengan H2H (host to host).


bisa bayar lewat ATM atau channel pembayaran lainnya (BNI)

Cara membayar melalui ATM silakan klik disini

Cara Membayar melalui ATM BNI untuk Pendaftaran Mahasiswa – Biaya Pendidikan (UKT)


Mencetak Kartu Peserta Sendiri

Pendaftar secara mandiri (melakukannya sendiri) mencetak Kartu Peserta yang dibawa saat tes atau ujian SM-UNNES. Dapat mencetak Kartu Peserta apabila telah melakukan pembayaran atau status bayar sudah lunas, dan mengunggah foto juga mengisi seluruh data-data yang diperlukan termasuk penghasilan orang tua, pengeluaran keluarga, hutang atau piutang.

Kebanyakan yang gagal cetak karena tidak mengisi kondisi sosial ekonomi keluarganya dengan benar, misal pengeluaran bulanan NOL.

Dengan mencetak kartu peserta dilakukan oleh pendaftar sendiri ini, memudahkan pendaftar tidak perlu datang ke kampus berkali-kali, cukup saat melaksanakan tes atau ujian.

Perhatian: Cetak Kartu Peserta sebagai bukti Anda telah terdaftar SM-UNNES jangan ditunda setelah dinyatakan lunas (setelah membayar)

21 Juli Pelaksanaan Ujian

Ujian seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2019 di lokasi tempat yang telah ditentukan seperti tercantun pada Kartu Peserta, baik UBK atau UBC.

Uji Keterampilan untuk pemilih Prodi Seni dan Olahraga pada tanggal 22 Juli 2019. Seni di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) komplek kampus barat Gedung B (sebelah barat Masjid Ulul Albab) sedangkan Olahraga di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) komplek kampus timur Gedung/Lapangan F.

Gerbang utama (barat) UNNES diwaktu malam (dok Eswedewea 20190323)

Persiapan Uji Keterampilan SM-UNNES

Uji Keterampilan ada dua macam yaitu pemilih prodi-prodi (jurusan) Seni dan Olahraga, yang masing-masing memiliki karakteristik berbeda khususnya pada prodi Seni, sedangkan prodi Olahraga melakukan uji keterampilan yang sama.

Uji Keterampilan Olahraga yang perlu dipersiapkan oleh peserta antara lain perlengkapan olahraga seperti kaos olahraga dan sepatu olahraga. Untuk olahraga tidak ada tes renang jadi tidak perlu pakaian renang, tesnya meliputi keterampilan jasmani dan ketangkasan jasmani. Misal lari, lompat, sit up, push up, dan lainnya, jadi perlu menyiapkan fisik yang prima.

Uji Keterampilan Seni ada tiga jenis Seni Rupa (Desain Komunikasi Visual, Gambar,….), Seni Tari, dan Seni Musik.

Seni Rupa (DKV, Lukis, Gambar) dengan Materi Ujian Pengetahuan seni rupa, keterampilan menggambar, dan tes warna. Perlengkapan Alas gambar, pensil lunak, cat air/pastel/crayon, kuas, dan palet.

Uji Keterampilan Seni Tari tentang kemampuan dasar tari, rasa, dengan alat Kaset iringan tari, kain sampur, training pack.

Uji Keterampilan Seni Musik tentang kemampuan dasar (rasa, nada, irama), dan penghayatan, dengan peralatan yang disiapkan sendiri alat yang dimiliki kecuali drum, organ disiapkan oleh panitia.

Jika Anda mengikuti lebih dari satu jenis tes keterampilan, misalkan seni rupa dan seni musik, atau olahraga dan seni tari, silakan mengikuti keduanya dengan mengambil waktu yang berbeda, dan oleh karenanya anda dituntut hadir lebih awal disalah satunya, atau ikuti yang seni dulu baru yang olahraga.

Sekian informasi kali ini semoga bermanfaat, apabila mungkin ada perubahan kebijakan pada SM-UNNES maka sebaiknya mengikuti informasi yang ada dilaman resmi UNNES.

Ada menu baru Cetak Kartu Peserta tanpa login

oleh Eswedewea
editor Suwarno Wardana

Iklan

45 replies »

    • Terima kasih….

      Untuk UNNES sudah beberapa tahun mendaftar mahasiswa secara online,
      tetapi untuk tahun ini ada yang baru yaitu membuat akun, dan model tes juga menambah dengan model UBK (ujian berbasis komputer). Hanya saja ujiannya masih di lokasi UNNES untuk UBKnya…

      Suka

  1. saya sudah mengisi semua data dan sudah membayar, tapi kok belum bisa cetak kartu ? (tampil : anda belum mengisi lengkap data pokok orangtua penghasilan pengeluatran dan UKT) pada hal dicek berkali-kali sudah terisi dan tersimpan, mohon bantuannya ?

    Suka

  2. untuk login S1 saya masih bingung. di menu login hanya untuk S2/S3/profesi sedangkan S1/D3 tidak ada. mohon bantuannya. thanks

    Suka

    • Programnya (sistem) deteksi menggunakan tahun lahir (ada batasan tahun lahir), Anda lahir tahun berapa dan lulusan tahun berapa, bila ternyata masih sesuai dengan syarat dan ketentuan bisa di fasilitasi untuk buka tahun lahir tersebut.
      Tetapi kalau umur Anda pantas masuk program Pascasarjana sistem mendeteksi langsung — coba hubungi Helpdesk SM untuk diberi fasilitas tambahan umur (tahun lahir) —

      Atau coba sampaikan disini Anda lulus tahun berapa dari SMA mana kemudian tahun lahir berapa …….

      Suka

    • Seperti termuat dalam pengumuman SM-UNNES yang telah terbit, materi seleksi/tes adalah wawasan kebangsaan dan wawasan konservasi meliputi sumber daya alam, budaya, nilai karakter, Pancasila, UUD 45, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan anti korupsi) itu semua adalah tes materi kelompok pertama, sedangkan kelompok kedua yaitu Bahasa Inggris.

      Suka

    • Bila SNM ke SBM kemarin tidak bisa, tetapi yang SBM ke SM kami kurang faham, dicoba saja tidak apa-apa sebab selama belum melakukan pembayaran belum termasuk peserta (sepertinya sih SM tidak deteksi SBM)

      Suka

    • kemungkinan sistem tidak konek atau tidak nyambung antara kedua server (perangkat)
      biasanya agar peserta menghubungi pengelola Bidikmisi pusat,
      dan bila seperti itu terus hingga menjelang akhir pendaftaran maka kami sarankan melalui reguler saja, dan apakah Bidikmisi bisa disusulkan? Biasanya sih bisa sepanjang masih ada kuota dan yang penting PIN dan KAP jangan sampai hilang.

      Suka

  3. Saya sudah terdaftar bidikmisi di jalur mandiri dan sudah memperoleh kap dan pin, tetapi ketika kap dan pin dimasukkan ke klaim kap bidikmisi, di sana tertulis kap dan pin anda tidak dapat didownload. Itu gimana y kak?

    Suka

  4. Saya sudah terdaftar bidikmisi di jalur mandiri dan sudah memperoleh kap dan pin, tetapi ketika kap dan pin dimasukkan ke klaim kap bidikmisi, di sana tertulis kap dan pin anda tidak dapat didownload. Itu gimana y kak?

    Suka

    • kemungkinan sistem tidak konek atau tidak nyambung antara kedua server (perangkat), dan
      biasanya ada pesan agar peserta menghubungi pengelola Bidikmisi pusat,
      dan bila seperti itu terus hingga menjelang akhir pendaftaran maka kami sarankan mendaftar melalui reguler saja.
      Apakah Bidikmisi bisa disusulkan? Biasanya sih bisa sepanjang masih ada kuota, juga yang penting PIN dan KAP jangan sampai hilang.

      Suka

    • Apabila aplikasi tidak bisa, cara yang lain bertanya pada sekretariat atau disini Anda kasih nama lengkap (biar dibaca sekretariat untuk dikasih jawabnya)

      Suka

  5. saya sudah mengisi semua data dan sudah membayar di pendaftaran di BNI tapi kok belum bisa cetak kartu ? (tampil : anda belum mengisi lengkap data pokok orangtua penghasilan pengeluatran dan UKT) pada hal dicek berkali-kali sudah terisi dan tersimpan, mohon solusi ? a.n RINA NUR HAYATI

    Suka

    • Data pokok mengenai ekonomi keluarga harus diisi lengkap, diisikan data yang wajar, misalkan sebulan pengeluaran 400000 itu sepertinya zaman sekarang kurang realistis, apalagi diisi 100000 apalagi 0 NOL

      Suka

    • Ada kesalahan diunggahan foto diri menyebabkan kartu tidak bisa diunduh sempurna, oleh sebab itu silakan diunggah lagi fotonya, dan untuk memastikan file foto bisa dibaca sistem silakan di edit foto dengan editor standar — coba terakhir kali diedit dengan paint atau picture manager —
      Anda tercatat memiliki 2 PIN, yang 1 telah lunas yang satunya belum, untuk yang status lunas isian pilihan UKT dan SPI belum diisi, unggahan foto bermasalah — silakan dilengkapi dan foto diunggah kembali.

      Suka

      • Mohon pilihan kategori UKT dan kategori SPI juga di klik, meskipun final kategori UKT dan kategori SPI nantinya akan ditentukan oleh panitia penilai saat pengumuman penerimaan.
        —- INI BALASAN UNTUK SEMUA keluhan isian data pokok penghasilan yang menghambat pencetakan —-

        Suka

    • Silakan dicoba lagi, mungkin disebabkan saluran datanya —
      Bersiap-siap dengan pendaftar bukan jalur Bidikmisi jika ternyata sampai akhir pendaftaran saluran terganggu — atau PIN tinggal dibayar saja — Download data Bidikmisi itu digunakan untuk mengubah status BELUM BAYAR menjadi LUNAS

      Suka

  6. Untuk saran menggunakan jalur reguler apabila jalur Bidikmisi tidak dapat diakses saja, sepanjang Bidikmisi dapat diakses silakan lewat Bidikmisinya
    Sedangkan usulan Bidikmisi susulan dapat dilakukan bila nanti telah diterima pada SM, hal itu dapat dilakukan selama masih ada kuota Bidikmisi.

    Suka

    • Disusulkan Bidikmisinya dalam pengertian jika diterima sebagai calon mahasiswa SM jalur reguler kemudian mendaftar Bidikmisi, berarti awal-awal sebagai mahasiswa non Bidikmisi, usulan tetap diterima tetapi disetujui atau tidak itu tergantung dari kuota dan penilaian oleh TIM. Termasuk yang lolos Bidikmisi saat seleksi SM belum tentu kemudian lolos seleksi Bidikmisinya, hal ini karena kuota pada jalur SM lebih sedikit.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.