Pendidikan

Tata Cara (Baru) Mendaftar Seleksi Mandiri (SM) UNNES 2019, Pendaftaran Mulai 20 Mei

Ada perbedaan tata cara pendaftaran calon mahasiswa UNNES melalui jalur Seleksi Mandiri (SM-UNNES) tahun 2019 dengan tahun sebelumnya.

Perbedaan yang ada pada tata cara pendaftaran SM-UNNES 2019 dengan SM sebelumnya terletak pada pembuatan akun terlebih dahulu, sedangkan sebelumnya tidak. Kemudian yang lainnya yaitu menggunakan 2 (dua) jalur tes/ujian yaitu berbasis cetak (UBC) dan berbasis komputer/daring (UBK). Ingat username dan password tidak untuk membayar biaya seleksi, sedangkan biaya seleksi menggunakan Personal Identification Number (PIN) yang didapat saat mendaftar.

Pada laman inilah Anda bisa memperoleh informasi-informasi penting seputar penerimaan mahasiswa baru UNNES tahun 2019, sedangkan untuk mendaftarnya silakan lihat ilustrasi gambar dibawah ini. Untuk tampilan laman mungkin dapat berbeda.

Ilsutrasi tampilan laman http://daftar.unnes.ac.id

Untuk keperluan pendaftaran SM-UNNES Program Sarjana dan Diploma silakan menggunakan formulir S1/D3.

Pesiapan Sebelum Mendaftar Online

Ada yang perlu kita persiapkan sebelum mendaftar online untuk Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) tahun 2019, apa saja itu.

  • Pas foto terbaru yang bagus sesuai ketentuan, jangan kasih pas di foto, ini berbentuk file JPG yang siap diunggah besar file tidak lebih dari 100 KB. Ingat foto tersebut akan muncul saat mencetak kartu tes atau kartu peserta saudara, jadi jangan asal asalan.
  • Siapkan KTP atau KK, yang dibutuhkan disini adalah NIK atau Nomor Induk Kependudukan.
  • Siapkan alamat email yang masih aktif.
  • Data data penghasilan orang tua, dan data lain yang diminta, seperti rekening listrik, PBB, dan lainnya. Jelasnya, kesiapan pilihan Anda akan Uang Kuliah Tunggal (UKT) setiap semesternya dan Uang Pangkal (UP) sekali ketika Anda menjadi mahasiswa UNNES nanti.
  • Data dan sertifikat hasil UTBK jika punya, Nomor tes UTBK dan sertifikat UTBK akan diminta diunggah saat Anda mendaftar. Jika tidak punya, cukup dilompati saja.
  • Tidak kalah pentingnya adalah program studi atau jurusan yang akan Anda pilih, benar-benar mantap untuk pilihan tersebut, karena pilihan prodi/jurusan tidak dapat diubah atau dibatalkan. Bahkan saat sudah diterima maka Anda tidak diperbolehkan pindah prodi/jurusan.
  • Gunakan jalur internet yang lancar dan tidak tersendat-sendat, pembayaran dengan sistem SPC seperti kita membayar listrik, tinggal sebut Nomor PIN maka sudah muncul tagihannya, dan jika jalur internet tidak lancar, bisa jadi kemungkinan data pembayaran tidak terkirim sempurna ke bank BNI.

Prosedur dan Cara Mendaftar SM-UNNES

Ringkasan prosedur atau tata cara mendaftar SM-UNNES yaitu seperti tertera berikut ini.

  1. Membuat akun pendaftaran (username dan password) inilah yang saya sebut dengan cara baru, dengan cara membuka formulir S1/D3 untuk program S1/D3 atau formulir lain yang akan digunakan untuk jalur yang berbeda.
    • Jika Anda membuat AKUN disetujui dan selesai, langkah berikutnya
    • Login dengan NISN atau KTP yang Anda masukkan, beserta password yang anda masukkan ke sistem pendaftaran
  2. Melanjutkan mengisi formulir pendaftaran, hingga memperoleh PIN pendaftaran (perhatikan gambar dibawah ini)
  3. Selain skema Bidikmisi, membayar biaya seleksi di bank BNI 46 melalui seluruh channel pembayaran yang ada, yaitu teller, internet banking, ATM
  4. Login kembali dengan username dan password untuk mendapatkan Nomor Peserta Ujian, dan sebelum Anda mendapatkan nomor peserta maka Anda belum terdaftar sebagai peserta SM-UNNES.
  5. Mencetak Nomor Peserta Ujian SM-UNNES, sebaiknya mencetak nomor peserta dilakukan segera mungkin setelah membayar, karena jurusan/prodi sudah tidak dapat diubah.

Inilah Prosedurnya

  1. Membuka laman http://daftar.unnes.ac.id kemudian membuat Akun (username dan password)
  2. Mengisi formulir, dan mengunggah yang diperlukan
  3. Menentukan skema SM-UNNES 2019 yaitu
    • memilih SM-UNNES Reguler atau SM-UNNES Kelas Internasional.
    • Bagi peserta SM-UNNES Reguler dapat mengajukan permohonan pembiayaan Bidikmisi, kecuali peserta SM-UNNES Kelas Internasional.
  4. Memilih kelompok program studi:
    • Kelompok Sain dan Teknologi (Saintek) atau
    • Kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum).
      kelompok ini menentukan prodi/jurusan pilihan.
  5. Memilih jenis ujian:
    • ujian berbasis komputer (UBK) – komputer disediakan panitia – kuota komputer terbatas, atau
    • ujian berbasis cetak (UBC), membulati dengan pensil min 2-B.
  6. Memasukkan nomor peserta UTBK dan mengunggah sertifikat hasil UTBK bagi calon peserta yang pernah mengikuti tes UTBK.
  7. Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh Personal Identification Number (PIN) sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-UNNES 2019.
    Isilah formulir dengan benar, usahakan seluruh isian terisi.
  8. Dengan menggunakan PIN pendaftaran, calon peserta melakukan pembayaran biaya seleksi dengan besaran sesuai dengan pilihan prodi yang diambil.
    • Pembayaran mulai tanggal 20 Mei s.d. 17 Juli 2019, dapat dilakukan melalui Bank Negara Indonesia (BNI 46) diseluruh Indonesia dengan kode pembayaran adalah PIN pendaftaran, pembayaran juga bisa melalui channel internet banking, dan/atau melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
      Klik disini Cara membayar biaya seleksi/pendidikan dengan ATM BNI
  9. Bagi calon peserta yang mendaftar melalui pembiayaan Bidikmisi harus memperoleh KAP dan PIN pendaftaran seleksi mandiri dari laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id untuk dapat dibebaskan dari pembayaran biaya seleksi. KAP dan PIN Bidikmisi dimasukkan ke dalam formulir pendaftaran. Apabila gagal memasukkan KAP Bidikmisi maka tagihan akan muncul, sebaliknya jika berhasil makat tidak akan muncul tagihan, dan Anda langsung bisa mencetak Kartu Tanda Peserta SM-UNNES 2019.
  10. Setelah melakukan pembayaran biaya seleksi, login menggunakan username dan password pendaftar melalui laman http://daftar.unnes.ac.id untuk mengisi form:
    • Kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Uang Pangkal (UP). UKT dibayar setiap semester sedang UP dibayar sekali selama kuliah.
    • Khusus pendaftar SM UNNES Kelas Internasional mengisi kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan kategori tertinggi dan Uang Pangkal (UP)
    • Mengunggah file pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm, berformat JPG   dengan ukuran maksimum 100 KB pada formulir yang telah tersedia. Ingat pasfoto bukan pas difoto.
    • Mencetak Kartu Tanda Peserta secara mandiri (cetak sendiri) selambat-lambatnya tanggal 18 Juli 2019. Kartu Tanda Peserta dicetak di kertas A4 (berwarna): (1) untuk peserta;  dan (2) diserahkan ke pengawas pada saat ujian. Kami sarankan mencetaknya segera saja, karena prodi pilihan tidak dapat ubah.

Membayar Biaya Seleksi di Bank BNI 46 dan BTN Seluruh Indonesia

Membayar biaya pendaftaran sebesar biaya yang muncul tertera pada formulir pendaftaran, di Bank BNI dengan channel yang ada yaitu teller, internet banking, Anjungan Tunai Mandiri (ATM), dengan kunci pembayaran adalah PIN yang didapatkan.

Pembayaran juga dapat dilakukan di Bank BTN di Seluruh Indonesia.

Apabila catatan PIN hilang silakan menghubungi sekretariat SM-UNNES 2019.

Cara membayar dengan sistim SPC (student payment center), sehingga kita tidak perlu menyebutkan nomor rekening tujuan, hampir sama ketika kita membayar sekening listrik. Cara ini juga dikenal dengan H2H (host to host).

oleh Eswedewea
editor Suwarno Wardana

Iklan

2 replies »

    • Terima kasih….

      Untuk UNNES sudah beberapa tahun mendaftar mahasiswa secara online,
      tetapi untuk tahun ini ada yang baru yaitu membuat akun, dan model tes juga menambah dengan model UBK (ujian berbasis komputer). Hanya saja ujiannya masih di lokasi UNNES untuk UBKnya…

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.