Agenda

TPQ Nur Hidayah Adakan Gebyar Maulid Nabi Muhammad dan Tasyakuran Kelulusan Ujian Bersama TPQ 2018

Berbagai cara untuk membuat suatu kegiatan agar menarik sekaligus mengesankan sehingga terkenang sepanjang masa, inilah kegiatan yang dikemas dalam dua acara sekaligus yaitu peringatan maulid Nabi Muhammad dan Tasyakuran Kelulusan 2018 yang diadakan TPQ Nur Hidayah yang bermarkas di Mushola Nur Hidayah, Genuksari Atas pagi hari ini (9/12).

Sebelum acara dimulai, diadakan foto bersama meskipun ada peserta yang belum hadir, bila foto setelah acara diperkirakan juga peserta berkurang.

Foto bersama bersama pada acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Tasyakuran Kelulusan Ujian Bersama TPQ di TPQ Mushola Nur Hidayah, Genuksari Atas

Dan untuk menyambut kehadiran para tamu disuguhkan rebana Nur Hidayah Junior yang disi oleh anak anak TPQ Nur Hidayah, memang baru berlatih, tapi harus berani tampil. Ketika mengiringi penjajian umum peringatan Maulid Nabi Muhammad di Mushola yang sama, sempat ada suara sumbang, langsung diambil alih pemain yang senior.

Rebana Nur Hidayah Junior (TPQ Nur Hidayah) mengiringi acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Tasyakuran Kelulusan Ujian Bersama TPQ tahun 2018 (1440 M) di mushola / TPQ Nur Hidayah

Acara diawali dengan pembacaan kalam Illahi oleh dua santri, dilanjutkan koor anak TPQ, sambutan, penampilan anak anak TPQ, sekilas kisah Nabi Muhammad.

Tilawah AlQuran

Mengapa acara ini diselenggarakan, menurut ketua panitia ustadzah Isroiyah menyampaikan bahwa acara ini dilaksanakan untuk menampilkan bakat anak-anak didik untuk berani tampil, setidaknya dihadapan teman sendiri dan orang-orang tuanya.

Hampir setiap tahun kami mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad khusus untuk TPQ Nur Hidayah dan bukan hanya hari ini, katanya. Yang berbeda adalah karena hari ini sekaligus tasyakuran kelulusan maka seluruh orang tua wali santri diundang untuk hadir dalam acara tersebut.

Wakabid I Bidang Pengajaran dan Kurikulum ustadazah Indarsih mewakili Kepala TPQ Nur Hidayah, Suwardi yang berhalangan hadir, manyampaikan apresiasi luar biasa atas terselenggaranya kegiatan ini karena semua anak bakal tampil tanpa kecuali, ini butuh koordinasi, dan pasti anak-anak senang dan tersanjung.

Dikarenakan yang ditampilkan merupakan hasil pembelajaran sehari-hari sehingga anak-anak tidak merasa dapat tekanan, ya… karena kebiasaan sehari-hari, seperti praktik kaifiyah wudhu, praktik shalat, hafalan surat pendek, sholawatan dan lain-lain, ungkapnya.

Santri TPQ Nur Hodayah foto bersama pada  acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Tasyakuran Kelulusan Ujian Bersama TPQ tahun 2018 (1440 M) di mushola / TPQ Nur Hidayah

Kepada teman-teman kita yang lulus ujian bersama TPQ yang diselenggarakan Badko TPQ Kota Semarang, juga selamat dan sukses, semoga ini menjadi pemicu semangat karena diantara mereka ada yang berada di peringkat 4 (Bella) dan 10 (Rindu) meskipun di tingkat Badko Kecamatan Candisari, semoga kesuksesan kalian diikuti oleh peserta ujian berikutnya.

TPQ kita per 17 Desember 2017 sudah resmi terdaftar sebagai anggota Badko TPQ Kecamatan Candisari Kota Semarang, meskipun begitu kita masih meneruskan tradisi kita dengan penyesuaian kurikulum karena tuntutan, bahkan pengurus saat ini telah mengusulkan izin operasional, semoga dalam waktu tidak terlalu lama izin TPQ kita sudah ada.

Kami harap hari ini ada pemilihan ketua wali santri yang baru, semenjak ketua wali santri berpulang belum ada penggantinya. Ketua wali santri diperlukan untuk jembatan komunikasi dengan pengurus, meskipun orang tua dan atau wali santri tetap bisa menyampaikan sesuatu hal yang perlu langsung kepada pengurus, tutupnya.

Imam Surono yang bertindak mewakili orang tua dan wali santri mengungkapkan perasaan senang atas terselenggaranya acara ini, anak saya adalah salah satu dari enam orang yang mengikuti ujian bersama TPQ yang dinyatakan lulus, dari TPQ Nur Hidayah Alhamdulillah lulus ujian semua, tentunya ini merupakan hal yang membahagiakan buat kita dan ibu bapak orang tua tidak perlu ragu kalau TPQ Nur Hidayah sebagai sarana mendidik putra-putrinya belajar disini, ungkapnya.

Saya kira ada yang berbeda dengan TPQ lainnya karena di Nur Hidayah yang sudah di tingkat mahir dasar atau lulus Iqro 6 akan memperoleh hadiah 1 Al-Quran (baru) dan 1 buku ajar TPQ kurikulum Badko TPQ Jawa Tengah yang menjadi pegangan guru, siapa yang ngasih, insya Allah ada shodaqoh yang datang.

Apresiasi penghargaan kepada yang lulus ujian bersama TPQ dengan hadiah Al-Qur’an terjemah perkata juga terobosan baru pengurus, kemudian yang berprestasi lebih ditambah lagi hadiahnya.

Sehingga disamping mengaji Alquran masih dapat tambahan ilmu pengetahuan agama yang setara Madrasah Diniyah, tetapi tetap fokus BTAQ dahulu. Sebagai ketua takmir Mushola Nur Hidayah saya berterimakasih dan tetap mendorong agar TPQ Nur Hidayah tetap eksis, dan harapan Ketua RW IX beberapa waktu yang lalu agar TPQ ini mampu menjadi contoh bagi yang disekitarnya, adalah harapan sekaligus tantangan, tidak semuanya, setidaknya sebagian, insya Allah, pungkasnya.

Membawakan lagu 10 Malaikat Allah pada  acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Tasyakuran Kelulusan Ujian Bersama TPQ tahun 2018 (1440 M) di mushola / TPQ Nur Hidayah

Dengan bersemangat tanpa pelantang salah satu grup tampil pada acara kali ini, dengan lantang 3 santri ini menyanyikan lagu 10 Malaikat Allah.

Semua anak tampil dengan membuat grup yang tentunya acara meriah sekali. Ada yang menggunakan pelantang suara namun ada yang tidak mau menggunakan, dengan begitu acara juga khidmat.

Membawakan hafalan surat-surat pendek (Al-Qur’an) pada acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Tasyakuran Kelulusan Ujian Bersama TPQ tahun 2018 (1440 M) di mushola / TPQ Nur Hidayah

Diantara penampil kali ini adalah santri peserta ujian bersama TPQ yang membawakan hafalan surat surat pendek. Bella sisi paling kiri adalah peringkat ke 4 lulusan tingkat Badko TPQ Kecamatan Candisari dan Rindu ketiga dari kanan menduduki peringkat 10.

Ini contoh penampil yang menggunakan pelantang, dan sebagian besar mereka tanpa pelantang suara, kalau begitu suaranya lantang lantang.

Terpilih Ketua Dewan Wali Santri ialah ibu Anis yang biasa dipanggil bunda.

Informasi yang lebih lengkap ada di blog tpqnurhidayahtgls.

Kissparry Weanind

Editor Kissparry

Iklan

2 replies »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.