Jalur Pendakian Gunung Tertinggi di Pulau Jawa Akhirnya Dibuka Kembali

Kabar menggembirakan datang dari pengelola gunung tertinggi di pulau Jawa (TNBTS-Gunung Semeru), bagi pecinta hiking dan wisata alam, bahwa Gunung Semeru mulai hari ini, jalur pendakian ke gunung tersebut yang beberapa waktu lalu ditutup, akhirnya dibuka untuk umum.

Pasalnya, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) bakal membuka kembali jalur pendakian Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Malang-Lumajang, Jawa Timur, seperti dilansir MalangToday.

Hal tersebut dipastikan oleh Kepala Balai Besar TNBTS, John Kenedie dalam siaran pers, Selasa (4/4).

“Berdasarkan hasil rapat koordinasi pembukaan jalur pendakian Gunung Semeru di Kantor Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II pada Senin (3/4), maka pendakian Semeru kembali dibuka mulai Rabu (5/4) besok,” ujarnya.

Menurutnya frekuensi hujan di seluruh kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru selama bulan Maret 2017 cenderung menurun atau tidak terlalu ekstrem, sehingga dinilai aman untuk membuka jalur pendakian gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut tersebut.

Ia mengatakan pembukaan jalur pendakian Gunung Semeru didahului dengan berbagai macam kesiapan pengelola untuk memastikan bahwa jalur mendaki ke Semeru tersebut layak dan kondusif untuk kegiatan pendakian.

“Sebelum membuka pendakian Gunung Semeru untuk masyarakat umum, petugas TNBTS sudah melakukan pengecekan atau survei jalur pendakian, kemudian perbaikan sarana-prasarana sepanjang jalur pendakian, rapat koordinasi dengan stakeholder, termasuk dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) berkaitan dengan rencana pembukaan jalur pendakian Semeru,” imbuhnya.

John juga berharap pendaki domestik dan mancanegara yang melakukan pendakian ke gunung tertinggi di Pulau Jawa itu ikut menjaga kelestarian ekologi kawasan TNBTS dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Sebelumnya, jalur pendakian sempat ditutup sejak 4 Januari 2017 lalu karena faktor kondisi pendakian jalur yang banyak mengalami kerusakan serta kondisi yang cenderung memburuk disertai hujan lebat. Demikian dikutip dari Antara dan MalangToday.
(Wea)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s