Gedung Kesenian Bandung Didisain oleh Zaha Hadid

Zaha Hadid (Google doodle)

Terkait proyek itu, Zaha Hadid mengutus timnya bertemu langsung dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar. Perlu waktu satu tahun untuk meyakinkannya bersedia terlibat dalam proyek ini. Ridwan Kamil secara khusus menemuinya saat berkunjung ke Inggris pada 2015. Arsitek berdarah Irak itu memang bermukim di Inggris.

Glasgow Riverside Museum of Transport

Arsitek Zaha Hadid adalah arsitek perempuan pertama di dunia yang menerima penghargaan Pritzker Architecture Prize pada 2004. Ia juga menjadi arsitek perempuan pertama di dunia yang menerima RIBA Gold Medal. Beberapa karyanya mendapat apresiasi internasional, seperti Heydar Aliyev Cultural Centre di Azerbaijan memenangkan Museum Design of The Year 2014.

Zaha Hadid Arsitek Wanita Inovatif asal Irak

Dengan sederet prestasinya, tarif Zaha Hadid tentu tidak murah. Itu tidak menghalangi Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung menggunakan jasanya. Gedung kesenian yang dirancang itu rencananya akan dibangun di Cikutra, Kota Bandung.

Ridwan Kamil membeberkan, biaya desain akan dibayar oleh investor. Desain yang dihasilkan akan dihibahkan kepada Pemprov Jabar untuk kemudian diwujudkan. Investor itu dipilih melalui proses tender. Dengan begitu tidak akan ada uang pemerintah yang digunakan untuk membayar arsitek.

Monumental sepanjang masa

Ridwan Kamil sempat mengusulkan beberapa desain yang bisa menjadi inspirasi. Misalnya batik Mega Mendung juga kurungan ayam khas Indonesia yang terbuat dari anyaman bambu.

Secara khusus, Deddy Mizwar meminta agar desain bangunan itu dibuat fenomenal dan unik. “Monumental sepanjang masa,” ujar Deddy.

Guangzhou Opera Huse

Dame Zaha Muhammad Hadid (65) meninggal dunia pada 31 Maret 2016 di Miami, Florida, Amerika Serikat karena kena serangan jantung. Ketika itu desain gedung kesenian itu belum rampung. Namun Ridwan Kamil optimistis gedung kesenian yang diimpikan itu akan terealisasi. Konsep yang sudah dirancang Zaha Hadid untuk Bandung akan diselesaikan oleh timnya yang tak kalah profesionalnya.***

Sumber: pikiran-rakyat.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s