Hari Bumi Di Beberapa Tempat di Indonesia

Setiap 22 April seluruh belahan dunia menyelenggarakan peringatan Hari Bumi. Tahun ini (2018) merupakan Hari Bumi yang ke 49, peringatan Hari Bumi pertama pada 22 April 1970. Sebenarnya masyarakat Indonesia sudah melangsungkan kegiatan semacam ini jauh hari sebelumnya, dengan cara Sedekah Bumi, akan tetapi namanya bermacam-macam sesuai dengan tradisi dan budaya.

Sedekah Bumi dengan Hari Bumi berbeda konsep namun tujuannya sama, yakni bumi sebagai tempat penghidupan harus dirawat agar senantiasa memberikan banyak manfaat bagi lingkungannya. Bumi harus dipelihara, tidak di eksploitasi semaunya. Apabila sedekah bumi dan semacamnya dilaksanakan sebagai wujud syukur atas anugerah yang diberikan Tuhan, sedang hari bumi cakupannya lebih luas mulai dari pengelolaan sampah sampai pembuatan gedung bertingkat.

Kegiatan hari bumi banyak sekali ragamnya, yang paling menonjol adalah kegiatan menanam pohon.

Google Doodle hari ini juga ikut memperingati Hari Bumi, dengan menampilkan animasi, dan pengantar yang berkaitan dengan hal tersebut.

Hari Bumi 2018 Google Doodle

Ajakan dan himbauan Google cukup sederhana, akan tetapi mungkin sebagian orang sulit untuk melaksanakannya, apa itu?

Menempatkan sampah pada tempatnya, orang sering bilang ‘BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA’ tetapi yang dibaca hanya BUANGLAH SAMPAH sehingga membuang sampah sembarangan. Bagaimana kalau di ganti dengan kata SIMPANLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA sehingga kalau membaca hanya sampai SIMPANLAH SAMPAH, maka menyimpan sampah tentu pada wadah sampah yang sesuai peruntukannya ada meletakkan sampah pada tempat sampah.

Matikan kran bila tidak sedang menggunakan air, atau hematlah penggunaan air bersih. Memang beberapa tempat kelebihan air, bukan air bersih tapi air bah karena banjir, namun perlu diingat bahwa suatu saat musim kemarau yang terjadi kelangkaan air.

Mengurangi polusi udara diantaranya dengan mengendarai sepeda untuk perjalanan yang memungkinkan, misal pergi ke pasar. Saat ini yang terjadi sebaliknya, 500 meter saja mengendarai sepeda motor yang mestinya bisa dengan jalan kaki atau bersepeda.

Pada waktu dulu masih kita jumpai segerombolan orang bersepeda setiap pagi, tetapi sekarang sulit dijumpai kecuali di car free day, itupun sepeda diangkut dengan mobil ke tempat dilaksanakannya car free day. Alasan yang dikemukakan cukup sederhana yaitu lebih cepat.

Dimana saja diselenggarakan Hari Bumi di Indonesia

Berikut ini beberapa tempat yang melaksanakan peringatan Hari Bumi 2018.

  • Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) akan memusatkan kegiatan Hari Bumi di Sumatera Utara yang akan di hadiri Presiden RI (Joko Widodo) dan Menteri Lingkungan Hidup (Siti Nurbaya) – trubus.id
  • Menristekdikti akan mengadakan kegiatan penanaman pohon di Universitas Negeri Semarang (UNNES)
  • KBK Fisika Bumi UNM akan mengadakan kegiatan yang bertajuk “2018 Pohon untuk Menyelamatkan Bumi Kita” – unm.ac.id
  •  Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai kampus yang berkomitmen dalam Smart Eco-Campus akan menggelar Pekan Hari Bumi. – its.ac.id
  • Pemprov DKI mendukung kampanye Earth Hour 2018 dengan melakukan aksi pemadaman lampu serentak dimulai pada pukul 20.30 hingga 21.30 WIB. – republika.co.id

Dan masih banyak lagi.

Semoga dengan peringatan Hari Bumi tahun ini, kehidupan di bumi semakin damai dan sejuk.

Selamat Hari Bumi 2018

Kissparry

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s