Masjid Terapung Kota Kendari (Masjid Al Alam Kendari)

Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam. Namun Masjid yang satu ini megah dan unik. Masjid di bangun di tepi pantai dengan posisi menjorok sehingga disebut sebagai mesjid terapung.

Dokumentasi Bp.  Budi Santosa (Jkt)
Dokumentasi Bp. Budi Santosa (Jkt)

Sebenarnya Masjid terapung sudah banyak, misalnya masjid di Pantai Losari di Makassar, atau masjid di tapian Laut Merah di Jeddah, Arab Saudi.

Masjid Al Alam adalah masjid yang berada di Kota Kendari, Ibu Kota Sulawesi Tenggara (Sultra). Jalanlah ke Teluk Kendari. Tepatnya di By Pass, pandanglah ke tengah teluk, akan terlihat kubah perak mengkilap, mesjid itulah yang layak disebut masjid yang benar-banar terapung.

Sebab, tempat ibadah umat Islam ini berdiri megah di tengah laut, di Tengah Teluk Kendari. Sekillingnya hanyalah air, tak ada jembatan penghubung dari daratan, kecuali jalan melingkar menuju ke masjid.

Yang menarik Masjid Al Alam adalah kubahnya, di mana kubah utama menggunakan sistem buka tutup dengan bukaan hexagonal, bahan langsung dipesan dari Jerman (Eropa). Semula akan ditambah fasilitas gedung serbaguna dan ruang manajemen masjid, namun direvisi. Kubah lainnya sebanyak empat buah dengan ukuran kecil dan berbentuk setengah lingkaran.

Wah…. berarti berapa biaya pembuatan masjid ini? Menurut informasi yang beredar di media, dana yang dibutuhkan untuk pembangunannya berkisar Rupiah (IDR) 250 Miliar. Dan masjid ini tergolong baru, belum ada setahun. Masjid terapung nan megah dengan ornamen moderen. Bila Anda berkunjung ke Kendari jangan lupa menyempatkan diri mengunjungi masjid ini.

Diolah dari berbagai sumber.

Oleh: Kissparry LK
Editor: Kissparry WA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.